Logo BeritaSatu

Kisah Tiwung, Perajin Tas Asal Sidoarjo Yang Usahanya Bangkit Bersama Lapak Ganjar

Jumat, 9 Desember 2022 | 19:00 WIB
Oleh : Freddy Wally / FW

Sidoarjo, Beritasatu.com - Upaya Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memajukan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui program Lapak Ganjar nyatanya tidak hanya berdampak pada pelaku usaha provinsinya, tapi juga turut berhasil mengangkat dan membangkitkan UMKM asal provinsi Jawa Timur.

Di antara yang berhasil bangkit adalah Dian Art, yang produksinya dilakukan di Perumahan Bumi Suko Indah BB/04, Salam, Desa Suko, Kecamatan/Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Usaha yang bergerak dalam pembuatan kerajinan tas ini mengalami perkembangan pesat usai ikut program Lapak Ganjar. Tercatat omzet usaha ini naik hingga sekitar 40%.

Advertisement

Pemilik usaha Dian Art, Rr Tiwung Dyan Ekawati, mengaku usahanya terbantu berkat keikutsertaannya di program Lapak Ganjar. Dia tak menyangka jika dampak yang diterima amat membantu pelaku UMKM. Mulanya, dia merupakan pengikut akun Instagram @Ganjar-Pranowo yang merupakan akun pribadi gubernur. Saat itu, Lapak Ganjar tengah memasuki promosi edisi tas.

"Untuk tambahan omzet, bertambah. Jadi yang mungkin dari tas hanya sambilan, yang tadinya satu minggu, dua (laku). Ini hampir setiap hari. Semakin bertambah setelah ikut di Lapak Ganjar. Untuk omzet juga ada tambahan sekitar 30-40 persen" kata Dyan ditemui di tempat usahanya di Sidoarjo, beberapa hari lalu.

Menurut perempuan yang bertahun-tahun menjadi pengusaha ini, usahanya juga semakin dikenal usai ikut Lapak Ganjar. Untuk pangsa pasar tas ini, misalnya, semula pasarnya hanya lokal seperti Surabaya dan Jakarta. Namun saat ini, pangsa pasarnya kian berkembang seperti sampai melakukan pameran ke luar pulau di Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

"Pangsa pasarnya sampai ke luar pulau. Ada juga yang beli orang Singapura juga. Karena pameran di Batam. Dengan Singapura juga dekat. Diborong sama orang Singapura. Juga pernah dibeli dari Belanda," bebernya.

Selain itu, dia juga bisa membuka lapangan pekerjaan seiring berkembangnya usaha. Terutama, bagi mereka yang membutuhkan. Saat ini, Dyan telah mengajak tetangga hingga saudaranya untuk bersama membantunya. Total saat ini ada sekitar lima orang yang ikut bekerja.

Dia menilai, berdasarkan pengalaman yang dialaminya itu usai ikut Lapak Ganjar, usahanya berdampak pesat. Dyan pun berharap agar program Lapak Ganjar tetap berlanjut, supaya semakin banyak UMKM yang bisa merasakan manfaatnya.

"Dengan adanya program Lapak Ganjar, banyak menambah income atau ada tambahan. Sebaiknya, Lapak Ganjar memang diteruskan karena bisa membantu. Bisa menambah omzet. Jadi tolong, Lapak Ganjar ini jangan berhenti," harap Dyan.

Dyan menjelaskan sekilas tas kerajinannya, yaitu terbuat dari berbagai bahan. Seperti dari enceng gondok, serat nanas, hingga rotan. Kemudian, dia mengkreasikannya dengan mengolaborasikan dengan bahan lainnya. Misalnya, tas dari bahan enceng gondok supaya dapat memiliki nilai jual yang tinggi, dia berikan hiasan supaya bisa menambah nilai jual dan lebih estetik.

"Orang biasanya kalau beli tas rajutan kan biasa saja. Punya saya, saya kreasikan serat nanas, manik-manik, kristal supaya lebih kuat. Lebih ada keetnikannya. Tidak ada yang sama. Orang beli, bangga. Tidak ada yang nyamain," jelasnya. (ADV)



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Gugatan Uni Eropa ke WTO, Bahlil: Kita Lawan!

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia menegaskan bahwa Indonesia akan melawan terkait gugatan yang diajukan oleh sejumlah negara Uni Eropa ke WTO.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus KSP Indosurya, Bareskrim Polri Telusuri Tindak Pidana Lain

Bareskrim Polri tengah menyelidiki dugaan tindak pidana lain terkait kasus penipuan investasi dana nasabah Koperasi Simpan Pinjam atau KSP Indosurya. 

NEWS | 6 Februari 2023

Tukang Becak Bobol Rekening BCA Divonis 10 Bulan Penjara

Setu, tukang becak bobol rekening BCA divonis 10 bulan penjara. Sementara, Thoha, otak pembobolan rekening  senilai Rp 320 juta itu dihukum 3,5 tahun.

NEWS | 6 Februari 2023

Jadi Ketua Asosiasi Kedokteran ASEAN, Ketua PB IDI Akan Dorong Kerja Sama Regional

Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) Moh Adib Khumaidi akan mendorong kerja sama regional setelah ditunjuk menjadi Ketua MASEAN

NEWS | 6 Februari 2023

Korban Tewas Gempa Turki Capai Lebih dari 1.200 Orang

Jumlah korban tewas akibat gempa Turki serta Suriah yang terjadi pada Senin (6/2/2023) diperkirakan lebih dari 1.200 orang.

NEWS | 6 Februari 2023

Kasus Baru Gangguan Ginjal Akut, IDAI Instruksikan Stop Penggunaan Obat Sirop Praxion

IDAI menginstruksikan seluruh dokter anak untuk menghentikan sementara pemberian resep obat sirop Praxion menyusul kasus baru gangguan ginjal akut pada anak.

NEWS | 6 Februari 2023

Prabowo Subianto, Alasan Ferdinand Hutahaean Gabung ke Gerindra

Ferdinand Hutahaean mengaku alasannya memilih bergabung bersama Gerindra karena faktor Ketua Umum Prabowo Subianto.

NEWS | 6 Februari 2023

Kejari Periksa Berkas Perkara Sopir Audi Hitam Penabrak Mahasiswi Cianjur

Kejari Cianjur sedang memeriksa berkas perkara sopir Audi hitam, Sugeng Guruh yang menabrak mahasiswi Cianjur, Selvi Amelia Nuraini hingga tewas. 

NEWS | 6 Februari 2023

Infrastruktur JIS Dikeluhkan Penonton Konser Dewa 19, Heru: Kami Perbaiki

Pj Gubernur DKI Heru Budi Hartono berjanji memperbaiki infrastruktur di kawasan Jakarta International Stadium (JIS) setelah dikeluhan penonton konser Dewa 19.

NEWS | 6 Februari 2023

Gempa Turki, Vladimir Putin: Rusia Siap Berikan Bantuan

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Senin (6/2/2023) menawarkan bantuan Rusia kepada Turki dan Suriah setelah gempa Turki dengan magnitudo 7,8.

NEWS | 6 Februari 2023


TAG POPULER

# Pelecehan Anak


# Liga Spanyol


# Hasya Athallah


# Bripka Madih


# Pemilu 2024


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Dugaan Pencemaran Nama Baik, Nikita Mirzani Kembali Dipolisikan

Dugaan Pencemaran Nama Baik, Nikita Mirzani Kembali Dipolisikan

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE