Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Mengenal Taman Pracima yang Jadi Lokasi Resepsi Pernikahan Kaesang-Erina

Jumat, 9 Desember 2022 | 23:39 WIB
Oleh : Chairul Fikri / BW
Salah satu bangunan bergaya Jawa - Eropa di Taman Pracima Pura Mangkunegaran.

Solo, Beritasatu.com – Taman Pracima, Solo, menjadi lokasi resepsi pernikahan Kaesang-Erina.

Pura Mangkunegaran belakangan menjadi terkenal seusai dipilih Presiden Jokowi sebagai lokasi acara tasyakuran atau resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono yang akan digelar Minggu (11/12/2022).

Menilik lebih detail, lokasi yang akan menjadi tempat penyelenggaraan acara resep pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi itu adalah Taman Pracima.

Taman Pracima artinya taman di barat, karena memang berada di barat Pura Mangkunegaran. Taman ini dibuat pada masa pemerintahan Raja Mangkunegara VI ini dibangun dengan gaya arsitektur Jawa dengan sentuhan Eropa.

"Taman Pracima yang dibangun atas inspirasi kakek buyut saya (Mangkunegara VI) adalah perwujudan dari visi masa lalu yang bisa kita jadikan modal masa kini untuk membangun masa depan. Dan bangunan ini sudah ada kurang lebih 100 tahun," ungkap Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X saat berbincang dengan Fristian Griec dalam program spesial pernikahan Kaesang-Erina Dua Jiwa Satu Cinta di BTV, Jumat (9/12/2022) petang.

KGPAA Mangkunegara X mengatakan, Taman Pracima menjadi ruang untuk bertemu dengan masyarakat.

"Taman Pracima ini memiliki fungsi untuk ruang budaya. Taman ini diharapkan akan jadi pertemuan antara budaya kami di Mangkunegara dengan budaya yang ada di masyarakat agar masyarakat bisa jadi bagian dalam kehidupan berbangsa," tambah KGPAA Mangkunegara X.

Ditegaskan KGPAA Mangkunegara X, pembuatan Taman Pracima merupakan perwujudan visi Kerajaan Mangkunegara kepada masyarakat.

"Nantinya Taman Pracima sendiri akan dibuka untuk umum agar masyarakat bisa melihat lebih dekat bagaimana kami hidup sebagai bagian dari masyarakat juga, dan Taman Pracima ini juga kita harapkan akan jadi jembatan yang kuat antara kebudayaan dengan masyarakat," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI