Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Forensik Patahkan Teori Keluarga Tewas di Kalideres Akibat Mogok Makan

Sabtu, 10 Desember 2022 | 03:50 WIB
Oleh : BW
Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Hengki Haryadi (kedua dari kiri) saat konferensi pers di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat 9 Desember 2022.

Jakarta, Beritasatu.com - Tim forensik gabungan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) dan Rumah Sakit Bhayangkara mematahkan teori yang menyebut satu keluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, akibat mogok makan.

"Pada jenazah kita temukan feses atau sisa makanan yang belum terbuang, artinya paling lama tiga hari sejak makan terakhir yang bersangkutan meninggal dunia," kata Kepala Instalasi Forensik RSCM dr. Ade Firmansyah Sugiharto di Jakarta, Jumat (9/12/2022).

Keempat orang yang meninggal dalam satu rumah tersebut yakni Rudiyanto Gunawan (71), Reni Margareta (66), anak dari Rudiyanto dan Margareta yakni Dian Febbyana (42), dan Budiyanto Gunawan (68).

Ade mengatakan jejak feses tersebut ditemukan saat autopsi terhadap jenazah Dian dan Budiyanto. Sedangkan jenazah Rudiyanto dan Margareta sudah mengalami pembusukan sehingga tidak bisa diteliti saluran pencernaannya.

Tim forensik kemudian memeriksa feses tersebut dan hasilnya mengandung karbohidrat dan serat yang diduga berasal dari sayuran.

Ade juga menambahkan empat orang tersebut meninggal karena sakit. Hal itu juga berdasarkan petunjuk dari hasil autopsi yang mengarah ke penyebab kematian empat orang tersebut

"Setelah kita lakukan pemeriksaan luar dalam, kita lakukan pemeriksaan penunjang dan akhirnya pemeriksaan histopatologi forensik, dan kami bersyukur bahwa ternyata masih ada petunjuk terkait kelainan pada organ mengarah kepada penyebab kematian," ujar Ade.

Atas dasar hasil pemeriksaan forensik tersebut dan hasil penyelidikan oleh petugas kepolisian di lapangan, penyidik Polda Metro Jaya menyatakan tidak ada unsur pidana dalam kejadian tersebut.

Pihak kepolisian selanjutnya akan menghentikan proses penyelidikan dalam kasus tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI