Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ganjar Sebut Pernikahan Kaesang Jadi Ajang Pertunjukan Budaya

Sabtu, 10 Desember 2022 | 00:04 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Ganjar Pranowo dan Fristian Griec saat berdialog.

Semarang, Beritasatu.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengatakan, momen pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan berlangsung di Pura Mangkunegaran Solo menjadi sebuah pertunjukan budaya yang indah dan kolosal kepada masyarakat.

“Besok itu sebuah pertunjukan budaya yang bagus sekali dan itu bukan sekedar pernikahan Mas Kaesang, justru pertunjukkan budaya yang sangat indah dan kolosal, maka persiapaan menarik,” kata Ganjar pada talkshow Obrolan Malam BTV, Jumat (9/12/2022).

Menurut Ganjar, pernikahan Kaesang dan Erina ini dinantikan semua orang. Sebab berbeda dengan konsep pernikahan kedua kakaknya, yakni Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu.

Sebelumnya, Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X menyatakan momen pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono yang akan menggunakan Pura Mangkunegaran Solo untuk lokasi tasyakuran (resepsi) pernikahannya bisa dijadikan media untuk memperkenalkan budaya Solo kepada masyarakat luas. Hal itu diungkapkan Mangkunegara X itu saat berbincang-bincang dengan Fristian Griec dalam program spesial pernikahan Kaesang-Erina Dua Jiwa Satu Cinta di BTV, Jumat (9/12/2022) petang.

"Momen pernikahan Mas Kaesang dan Mbak Erina menjadi momen bagus untuk memperkenalkan budaya Solo khususnya wilayah Mangkunegara dan ini jadi momen baik untuk kita menunjukan kebersamaan kita di Kota Solo. Ini hal yang positif pastinya," ungkap KGPAA Mangkunegara X.

Ditambahkannya, momen tasyakuran pernikahan Kaesang dan Erina yang akan diselenggarakan di Pura Mangkunegaran juga akan bisa dimanfaatkan masyarakat untuk dekat lagi dengan keluarga Kerajaan Mangkunegara.

"Momen pernikahan Mas Kaesang dan Mbak Erina Gudono ini akan jadi momen kita semua bisa kembali mengenal akar kebudayaan kita sebagai upaya kita melestarikan budaya kita dengan harapan ke depannya kita bisa sama-sama menjaga dan memegang nilai-nilai budaya kita sendiri. Ini sama saja mengenal diri kita sendiri," tegasnya.

KGPAA Mangkunegara X itu juga berharap nantinya masyarakat dan juga tamu yang datang dalam acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran akan mampu menjaga ketertiban dan menghormati norma-norma yang berlaku di kawasan Pura Mangkunegaran ini.

"Kita harapkan yang datang menjaga dan menghormati nilai dan norma yang berlaku disini. Kami berharap yang hadir untuk bisa menikmati momen yang ada. Karena apa yang kita jaga dan bangun ini adalah untuk masyarakat juga," tegasnya.

KGPAA Mangkunegara X juga mengingatkan keberagaman budaya yang ada di Indonesia cukup beragam dan dengan momen pernikahan Kaesang dan Erina yang akan digelar di Solo bisa menjadi media untuk tetap memperkuat keberagaman budaya untuk bisa mempertahankan nilai persatuan dan kesatuan yang dimiliki Bangsa Indonesia.

"Keberagaman yang kita miliki bisa saling menguatkan, dan harus saling menguatkan," tandasnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI