Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Ganjar: Kawasan Industri Kendal Jadi Pusat Pertumbuhan Ekonomi

Sabtu, 10 Desember 2022 | 00:37 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / YUD
Ganjar Pranowo dan Fristian Griec saat berdialog dengan warga.

Semarang, Beritasatu.com – Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menyebutkan Kawasan Industri Kendal (KIK) menjadi pusat pertumbuhan ekonomi baru. Pasalnya, hingga saat ini telah banyak investor dari luar negeri yang tertarik berinvestasi di KIK.

Menurut Ganjar, adanya KIK ini dapat menciptakan lapangan kerja baru dan penyerapan lapangan kerja, sehingga secara otomatis akan menurunkan angka kemiskinan di Jateng. Selain itu, terkait ketersediaan tenaga kerja terampil akan bekerja sama dengan pendidikan vokasi.

“KIK ini muncul investasi yang berteknologi tinggi, maka sumber daya manusia enggak bisa biasa-biasa saja . Ini kita yang kita genjot, sehingga sekolah vokasi dikembangkan dan kita harap ada teaching industry,” ucapnya pada talkshow“Obrolan Malam BTV”, Jumat (9/12/2022).

Adanya teaching industry, kata Ganjar, maka industri dapat memesan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, kurikulum dapat mengikuti kebutuhan industri.

Sementara itu, ketika ditanya terkait upah minimum provinsi (UMP), Ganjar menuturkan, Jateng termasuk provinsi yang belum banyak memiliki industri. Dengan begitu, fokus saat ini adalah mengundang atau mendatangkan industri melalui KIK.

Untuk mendatangkan industri agar mau berinvestasi di Jateng, Ganjar menuturkan, akan memberi kemudahan untuk izin dan lainnya selama sesuai dengan prinsip-prinsip yang ditetapkan. Untuk saat ini, kata Ganjar, banyak negara tertarik berinvestasi di Jateng.

“Sejumlah investor luar negeri mulai masuk Jawa Tengah, mereka mempunyai minat. Untuk itu kita bicara meningkatkan kerja sama,” ucapnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI