Copyright © 2023 BeritaSatu
Allright Reserved

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Sabtu, 10 Desember 2022 | 07:29 WIB
Oleh : Chairul Fikri / FMB
Kaesang Pangarep (kiri) ditemani Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X usai mengikuti tradisi wilujengan jelang pernikahannya dengan Erina Gudono.

Solo, Beritasatu.com - Pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi orang pertama dari luar trah keluarga kerajaan Mangkunegara yang akan menjalankan acara resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Hal itu diungkapkan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X saat berbincang dengan Fristian Griec dalam program spesial pernikahan Kaesang-Erina Dua Jiwa Satu Cinta di BTV, Jumat (9/12/2022) petang.

"Kaesang dan Erina menjadi pasangan pertama di luar silsilah keluarga Kerajaan Mangkunegara yang bisa melaksanakan acara resepsi pernikahan di Pura Mangkunegara," ungkap KGPAA Mangkunegara X.

Ditambahkan KGPAA Mangkunegara X itu, hal yang paling mendasar kenapa akhirnya pihak keluarga kerajaan mengizinkan Kaesang untuk menggelar acara resepsi di Pura Mangkunegaran adalah lantaran keinginan besar mereka untuk terus mengenalkan dan melestarikan budaya Jawa khususnya yang berlaku di wilayah Mangkunegara (Solo).

"Mas Kaesang dan Bapak Presiden saat datang ke kami bawa pesan untuk penyelenggaraan acara tasyakuran ini sebagai upaya mengangkat kebudayaan, khususnya kebudayaan di wilayah Mangkunegara (Solo) agar bisa dikenal luas," tambah KGPAA Mangkunegara X.

KGPAA Mangkunegara X mendukung langkah Presiden Jokowi untuk terus melestarikan budaya dan adat yang ada sehingga pihaknya mengizinkan Kaesang dan Erina menggelar acara tasyakuran pernikahannya di Pura Mangkunegaran.

"Kami mendukung langkah positif beliau untuk terus melestarikan adat dan budaya kita," tandasnya.

Kaesang dan Erina Gudono sendiri akan menggelar acara tasyakuran (resepsi) pernikahannya di Pura Mangkunegaran Solo setelah sebelumnya menggelar tradisi adat munduh mantu di Loji Gandrung (kediaman Wali Kota Solo) pada Minggu (11/12/2022).

Pihak Kerajaan Mangkunegara sendiri mengizinkan Kaesang untuk menggunakan Pura Mangkunegaran bagian barat sebagai lokasi digelarnya acara tasyakuran pernikahannya itu.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com


BERITA TERKAIT



BERITA LAINNYA












BERITA TERPOPULER


#1

#2

#3

#4

#5

#6

#7

#8

#9

#10

TERKINI