Logo BeritaSatu

Lukas Enembe Ditahan, DPR Minta Plt Gubernur Papua Segera Ditentukan

Senin, 23 Januari 2023 | 22:04 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / FFS

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi II DPR meminta pemerintah segera menentukan pelaksana tugas (Plt) gubernur Papua untuk menggantikan Lukas Enembe. Diketahui, Lukas Enembe telah ditahan KPK atas kasus dugaan suap dan gratifikasi di lingkungan Pemprov Papua. Sementara, Wakil Gubernur (Wagub) Papua Klemen Tinal telah meninggal pada 2021 lalu dan hingga kini belum ada penggantinya.

Saat ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah menunjuk Sekda Papua, Ridwan Rumasukun sebagai pelaksana harian (plh) Gubernur Papua. DPR meminta pemerintah tidak terlalu lama membiarkan Pemprov Papua dipimpin oleh seorang plh gubernur.

Advertisement

Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia mengaku sudah sejak lama meminta Kemendagri agar posisi wagub Papua yang ditinggalkan Klemen segera diisi. Hal itu demi kelancaran pembangunan di Papua serta menghindari potensi terjadinya kekosongan jabatan.

Doli mengaku tak masalah dengan penunjukan Plh Gubernur Papua mengingat terjadi perkembangan mendadak, yakni ditangkapnya Lukas Enembe oleh KPK. Hanya saja, dia menekankan supaya plh yang diisi oleh Ridwan Rumasukun tidak bekerja terlalu lama.

"Enggak boleh terlalu lama, karena posisi gubernur apalagi wakil gubernur dengan sekda itu kan tidak sama," ujar Doli di Tamarin Hotel, Jakarta, Senin (23/1/2023).

"Oke lah karena memang mendadak boleh sekda sebentar. Tetapi jangan terlalu lama, harus tunduk sama pejabat yang harus diisi sebagai pelaksana tugas gubernur Papua untuk menjalankan roda pemerintahan di sana. Kemendagri harus menunjuk satu orang Plt yang pejabat dari pemerintah pusat untuk bisa menjalankan aktivitas dan roda kepemimpinan di sana," ungkap Doli menambahkan.

KPK diketahui telah menahan Lukas Enembe atas kasus dugaan suap dan gratifikasi di lingkungan Pemprov Papua. Selain Lukas, KPK juga menetapkan Direktur PT Tabi Bangun Papua Rijatono Lakka sebagai tersangka pemberi suap. Rijatono diduga menyuap Lukas dan sejumlah pejabat Pemprov Papua agar bisa memenangkan sejumlah proyek infrastruktur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Jokowi Semadi hingga Serial Killer Wowon

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersemadi, kasus serial killer Wowon Cs, dan kasus mahasiswi ditabrak mobil diduga rombongan polisi menjadi berita terpopuler.

NEWS | 27 Januari 2023

BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

BMKG mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk waspada dan siap-siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

NEWS | 27 Januari 2023

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta dana pengembangan madrasah dikelola profesional dan hati-hati.

NEWS | 27 Januari 2023

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bikin Mewek, Perpisahan Bek Persija Rezaldi Hehanusa ke Persib

Bikin Mewek, Perpisahan Bek Persija Rezaldi Hehanusa ke Persib

BOLA | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE