Logo BeritaSatu

Ferdy Sambo Tak Menyangka Hidupnya yang Terhormat Hilang dalam Sekejap

Selasa, 24 Januari 2023 | 19:32 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Ferdy Sambo mengaku tak menyangka kehidupannya yang terhormat selaku pejabat utama Polri hilang dalam sekejap. Hal itu mengingat dirinya ikut terseret dalam kasus pembunuhan berencana yang menewaskan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Hal itu disampaikan Sambo dalam pleidoi atau pembelaannya terhadap tuntutan jaksa dalam persidangan kasus tewasnya Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Selasa (24/1/2023). Sambo dituntut jaksa dengan hukuman penjara seumur hidup dalam kasus dimaksud.

Advertisement

Mulanya Sambo mengaku telah berada di tahanan selama 165 hari untuk menghadapi proses hukum yang menjeratnya. Dia menyebutkan mendekam di tahanan berarti kehilangan kemerdekaan hidup yang sebelumnya telah dia rasakan serta jauh dari keluarga dan sahabat.

"Semua hakikat kebahagiaan dalam kehidupan manusia yang sebelumnya saya rasakan sungguh telah sirna berganti menjadi suram, sepi, dan gelap," ungkap Sambo dalam persidangan.

Mantan Kadiv Propam Polri itu mengaku kerap merenung selama di tahanan. Dia tak menyangka kehidupannya yang terhormat selaku pejabat penting Polri kini berubah menjadi begitu sulit.

"Saya terus merenungi betapa rapuhnya kehidupan saya sebagai manusia, tak pernah terbayangkan jika sebelumnya kehidupan saya yang begitu terhormat dalam sekejap terperosok dalam nestapa dan kesulitan yang tidak terperikan," tutur Sambo.

"Demikianlah penyesalan kerap tiba belakangan, tertinggal oleh amarah dan murka yang mendahului," tutur Sambo menambahkan.

Untuk diketahui, sidang tuntutan jaksa terhadap kelima terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J telah digelar sejak Senin (16/01/2023). Terdakwa Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi dituntut jaksa 8 tahun penjara dan Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup. Sementara Bharada E dituntut 12 tahun penjara.

Bharada E dan Putri Candrawathi didakwa bersama tiga orang lain, yakni Ferdy Sambo, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Raih 20 dari 36 Suara, Chandra Terpilih Jadi Ketum HMI Palembang

Chandra berhasil meraih 20 suara dari total 36 suara dan terpilih menjadi ketua umum HMI Cabang Palembang.

NEWS | 29 Januari 2023

Bus Persis Solo Dilempari Batu, Polisi Periksa Saksi dan Cek CCTV di Lokasi

Polres Tangerang telah memeriksa CCTV di lokasi kejadian saat bus Persis Solo dilempari batu oleh oknum suporter Persita Tangerang. 

NEWS | 29 Januari 2023

Dinkes Sulteng Kekurangan Stok Vaksin Booster Kedua

Jumrini mengatakan, pelaksanaan vaksin booster kedua belum sepenuhnya bisa berjalan maksimal karena stok vaksin yang ada masih kurang.

NEWS | 29 Januari 2023

Pinjam Golok Orang Lain, Pemain Debus di Sukabumi Terluka

Pemain debus di Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi, Jawa Barat terluka karena melakukan atraksi debus dengan meminjam golok orang lain, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Mensos Risma Dorong Kemandirian Penyandang Disabilitas

"Penyandang disabilitas tidak bisa selamanya bergantung pada orang lain, perlahan mereka harus bisa mandiri," kata Mensos Risma.

NEWS | 29 Januari 2023

Bus Persis Solo Dilempari Batu, Terduga Pelaku Sudah Ditangkap Polisi

Polres Tangerang Selatan menangkap terduga pelaku yang melempari bus Persis Solo dengan Batu. Saat ini, polisi juga sudah mendalami alat bukti yang ada. 

NEWS | 29 Januari 2023

Jatim Targetkan Angka Stunting Turun 14 Persen di 2024

Dinkes Jatim gencar melakukan kolaborasi dengan berbagai organisasi perangkat daerah (OPD) dan elemen masyarakat untuk menekan angka stunting.

NEWS | 29 Januari 2023

Viral, Rekaman CCTV Pelempar Batu Dikeroyok Sekelompok Orang Diduga Pemain Persis Solo

Salah seorang pelaku pelemparan bus sampai dikejar dan dikeroyok oleh sekelompok orang yang diduga pemain Persis Solo.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle di Rabu Pon 1 Februari, Jokowi: Tunggu Saja

Presiden Jokowi menanggapi isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang disebut bakal dilakukan pada Rabu 1 Februari 2023 yang bertepatan dengan Rabu Pon. 

NEWS | 29 Januari 2023

Gunung Semeru Masih Siaga, Warga di Zona Merah Diminta Selalu Update Informasi

Warga yang beraktivitas di zona merah diminta selalu update informasi kondisi Gunung Semeru yang teramati mengalami peningkatan. 

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

Serahkan Diri, Sopir Audi Tersangka Penabrak Mahasiswi Cianjur Diperiksa Polisi

NEWS | 52 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE