Logo BeritaSatu

Ungkap Sabu 1,278 Ton, Tim Dewa Ruci 2021 Diberi Penghargaan oleh Kapolri

Rabu, 25 Januari 2023 | 15:22 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / WIR

Jakarta, Beritasatu.com - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan berupa pin emas dan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB) kepada tim Dewa Ruci. Tim ini beranggotakan Bareskrim Polri, Polda Aceh, Baintelkam Polri, hingga Ditjen Bea dan Cukai.

Diketahui, penghargaan itu terkait Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri yang menggelar operasi laut dengan sandi 'Dewa Ruci 2021' untuk menargetkan sindikat narkoba jaringan internasional, khususnya jaringan Timur Tengah-Malaysia-Indonesia. Selama operasi itu, tim mendapatkan total sitaan sabu sebanyak 1,278 ton.

Advertisement

"Di depan kita saat ini berdiri perwakilan dari 154 personel yang terdiri dari 120 personel Polri, 49 personel Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, 60 personel Polda Aceh, 11 personel Baintelkam Polri dan 34 personel dari Ditjen Bea dan Cukai, yang mengawaki operasi operasi tersebut, yang berasal dari berbagai tingkat kepangkatan dan PNS serta personel Bea dan Cukai," kata Kabareskrim Polri Komjen Agus Andrianto di Gedung Bareskrim Polri, Rabu (25/1/2023).

"Dengan peran masing-masing telah berhasil menunjukkan prestasi, kerja keras dan kinerja yang maksimal, sehingga di beri penghargaan oleh pimpinan tertinggi Polri dalam hal ini Bapak Kapolri dalam bentuk pemberian pin emas Kapolri dan kenaikan pangkat luar biasa (KPLB)," sambungnya.

Dikatakan Agus, operasi telah berlangsung sejak 19 Februari 2021 hingga 29 April 2021. Operasi yang telah berlangsung tiga bulan itu disebut operasi di laut terbesar.

"Barang bukti yang berhasil disita pada operasi tersebut adalah narkotika jenis sabu sebanyak 1,278 ton dan menahan 6 orang tersangka WNI dan 1 tersangka WNA Malaysia," ucapnya.

Lebih lanjut Agus mengungkapkan, modus operandi yang dipakai yaitu menyelundupkan narkoba melalui jalur laut dengan kapal besar. Kemudian narkoba itu dikemas dengan menggunakan kotak plastik.

"Modus operandi yang digunakan oleh sindikat yaitu membawa narkoba melalui jalur laut dengan menggunakan kapal besar (mother ship) dari Timur Tengah untuk kemudian dipindahkan di tengah laut (ship to ship) ke kapal nelayan lokal untuk dibawa ke daratan kawasan Indonesia. narkotika tersebut dikemas dengan menggunakan kotak plastik atau Tupperware," imbuhnya.

"Saya sebagai Kabareskrim Polri mengetahui persis bagaimana perjuangan yang telah dilakukan oleh tim karena selalu dilaporkan oleh Dirtipidnarkoba terkait progres pelaksanaan operasi. Bagaimana tim lapangan meninggalkan keluarga tercinta selama berbulan-bulan, pernah menghadapi badai dan mati mesin di tengah laut dengan logistik yang telah minim atau menghadapi cuaca ganas di tengah laut dengan kapal seadanya," tuturnya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Soal Isu Reshuffle di Rabu Pon 1 Februari, Jokowi: Tunggu Saja

Presiden Jokowi menanggapi isu reshuffle Kabinet Indonesia Maju yang disebut bakal dilakukan pada Rabu 1 Februari 2023 yang bertepatan dengan Rabu Pon. 

NEWS | 29 Januari 2023

Gunung Semeru Masih Siaga, Warga di Zona Merah Diminta Selalu Update Informasi

Warga yang beraktivitas di zona merah diminta selalu update informasi kondisi Gunung Semeru yang teramati mengalami peningkatan. 

NEWS | 29 Januari 2023

Penghulu Dilibatkan Tekan Angka Stunting di Kabupaten Sigi

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sigi, Sulawesi Tengah, melibatkan peran penghulu  dalam upaya menekan angka stunting.

NEWS | 29 Januari 2023

Jokowi Yakin Peran Penting ASEAN dalam Menghadapi Krisis Global

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyatakan, ASEAN masih penting dan relevan bagi masyarakat dan dunia terutama dalam menghadapi krisis global. 

NEWS | 29 Januari 2023

Cuaca Hari Ini 29 Januari 2023 di Jabodetabek: Bogor, Depok, dan Bekasi Hujan sejak Pagi hingga Malam

Cuaca hari ini di Bogor, Depok, dan Bekasi, akan dilanda hujan dengan intensitas ringan sepanjang hari sejak pagi hingga malam.

NEWS | 29 Januari 2023

Meresahkan Dosen, AI ChatGPT Lulus Ujian di Universitas AS

Kecerdasan buatan (artificial intelligence) ChatGPT ternyata mampu lulus ujian sarjana di universitas terkenal di AS.

NEWS | 29 Januari 2023

2 Hari Hilang, 6 Pendaki Gunung Lemongan Akhirnya Ditemukan

Usai dua hari menghilang lantaran tersesat, enam mahasiswa pendaki Gunung Lemongan di Jawa Timur akhirnya bisa ditemukan pada Sabtu siang (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Hadiri Harlah Ke-50 PPP, Erick Thohir Disambut Meriah

Kedatangan Erick Thohir di peringatan harlah ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Cilegon, Banten, Sabtu (28/1/2023) disambut hangat.

NEWS | 29 Januari 2023

Kebakaran Swalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

Sebuah bangunan swalayan di Jalan Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ludes dilahap api, Sabtu malam (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Top 5 News: Penipuan Undangan Digital hingga Mahasiswa UI Ditabrak

Penipuan undangan pernikahan digital di Whatsapp bisa menguras rekening korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sky Walk Benteng Fort de Kock, Wisata Terbaru di Bukittinggi

Sky Walk Benteng Fort de Kock, Wisata Terbaru di Bukittinggi

LIFESTYLE | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE