Logo BeritaSatu

Bareskrim Polri Terus Analisis Kasus Vape Mengandung Narkoba

Rabu, 25 Januari 2023 | 18:32 WIB
Oleh : Stefani Wijaya / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Krisno Halomoan Siregar mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih terus menganalisis kasus Vape mengandung narkoba di daerah lain.

Dikatakan Krisno, hingga saat ini pihaknya belum menemukan kasus tersebut di wilayah lain selain Jakarta.

Advertisement

"Sejauh ini belum (ditemukan terkait Vape mengandung narkoba). Kami akan terus menganalisa karena memang modus operandi itu kan langsung ke end user," kata Krisno kepada wartawan di Gedung Bareskrim Polri, Rabu (25/1/2023).

Dikatakan Krisno, kasus yang telah diungkap oleh Polda Metro Jaya sebelumnya yang bekerja sama dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai. Ia mengatakan bahwa bahan baku Vape mengandung narkoba memang dikirim dari luar negeri.

"Itu biangnya dikirim dari luar negeri dari Tiongkok lalu diolah menjadi cairan Vape bentuk sintetik," ucapnya.

Lebih lanjut Krisno mengatakan, modus operandi mengenai kasus Vape mengandung narkoba memang banyak bentuknya.

"Kami pernah mengungkap dulu mereka mengedarkannya itu melalui media sosial lalu dimasukan di media sosial baru pindah komunikasinya, harapannya susah dilacak," tuturnya.

Saat ditanya mengenai apakah kasus Vape mengandung narkoba telah ditemukan lagi, Krisno mengungkapkan hingga sejauh ini belum ditemukan.

"Tetapi sejauh ini setelah kasus itu tidak ada lagi," imbuhnya.

Sebelumnya, Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menggerebek home industri narkoba liquid atau cair untuk rokok elektrik atau vape di sebuah rumah di jalan Melati RT 11, RW 04, Meruya Selatan, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat, Sabtu (14/1/2023) malam.

Dalam pengungkapan hasil kerja sama Polda Metro Jaya dengan Pihak Bea Cukai Bandara Soetta tersebut, petugas berhasil mengamankan seorang tersangka berinisial MR, warga Kemanggisan, Jakarta Barat.

Selain mengamankan seorang tersangka, polisi juga mengamankan sejumlah barang bukti di antaranya bahan baku liquid mengandung methamphetamine atau sabu, alat pembuat liquid serta 385 botol liquid siap edar.

Liquid mengandung sabu tersebut dijual bebas secara online dengan harga Rp 200.000 per botol ukuran 100 miligram.

Setelah ditelusuri, bahan baku narkoba liquid tersebut masuk ke Indonesia dari Iran melalui Tiongkok dan Hong Kong, pengiriman tersebut sudah berlangsung dua kali.

Direktur Narkoba Polda Metro Jaya, Kombes Mukti Juharsa mengatakan, dari hasil pemeriksaan sementara, pelaku telah menjual liquid sabu tersebut melalui online ke sejumlah pemesan di wilayah Jabodetabek dan Bandung.

"Jadi barang ini masuk dari Iran, Tiongkok, dan Hong Kong. Jalurnya demikian. Untuk pembuatan likuid yang berasal dari sabu. Dengan barang sabu amphetamine terus ada MDMA dan alat yang lain seperti alat masak sabu. Diolah barang ini menjadi liquid. Liquid ini adalah barang yang bisa dijual bebas," ujar Mukti.

Dugaan sementara, home industry pembuatan liquid sabu ini masuk dalam jaringan internasional, polisi masih melakukan pendalaman lebih lanjut atas temuan liquid narkoba tersebut.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak 2 Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Sean Dyche Jadi Kandidat Kuat Pelatih Baru Everton

Sean Dyche Jadi Kandidat Kuat Pelatih Baru Everton

BOLA | 1 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE