Logo BeritaSatu

Buaya Muara di Objek Wisata Akar Seribu Jepara Lepas ke Area Persawahan

Rabu, 25 Januari 2023 | 19:05 WIB
Oleh : Rachman Pratama / LES

Jepara, Beritasatu.com – Seekor buaya muara yang berada di objek wisata Akar Seribu di Desa Plajan, Kecamatan Pakis Aji, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah lepas ke area persawahan. Buaya muara tersebut pertama kali ditemukan oleh seorang petani yang hendak menggarap sawahnya, pada Rabu (25/01/2023) pagi.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jepara bersama relawan yang menerima informasi buaya lepas tersebut, langsung mendatangi lokasi dan mencoba melakukan evakuasi.

Advertisement

Proses evakuasinya cukup menegangkan, dan petugas harus ektra hati-hati saat menangkap buaya jantan tersebut. Mengingat buaya lepas itu memiliki ukuran besar dengan panjang sekitar tiga setengah meter serta bobot sekitar 400 kilogram.

Langkah yang dilakukan petugas agar buaya tersebut tidak agresif yaitu dengan cara menutup kedua mata buaya muara ini dengan selembar kain. Setelah tenang, mulut hewan jenis reptil ini kemudian diikat. Petugas juga mengikat kaki dan tubuh buaya dengan tali.

Buaya muara yang berada di objek wisata Akar Seribu tersebut lepas, karena dinding pagar kandang buaya itu ambrol. Ambrolnya dinding kendang buaya itu, karena diterjang aliran air dari bukit, setelah wilayah Pakis Aji diguyur hujan lebat dengan intensitas waktu yang cukup lama pada Selasa (24/01/2023) malam.

“Ini tadi pertama diketahui warga sekitar jam 5 pagi, saat warga pergi ke sawah. Buaya lepas karena pagar kendang buaya itu jebol setelah semalam wilayah sini diguyur hujan deras,” ungkap pengelola satwa wisata akar seribu, Jemani.

Usai seluruh tubuh terikat, buaya kemudian dievakuasi menuju lapangan di kawasan tempat wisata dengan melibatkan belasan orang. Petugas BPBD bersama relawan harus kerja keras saat evakuasi berlangsung. Selain karena memiliki tubuh besar serta bobot yang berat, medan jalan di area persawahan menuju jalan perkampungan berupa lereng yang kondisinya licin.

“Kendala saat proses evakuasi itu karena buayanya berada di sawah, dan jalan dari sawah ke jalan aspal itu kan berupa lereng jadi sulit karena licin. Untuk berat buaya itu sekitar 4 kwintal,” jelas petugas BPBD Jepara, Afif Feroni.

Lepasnya buaya muara di objek wisata akar seribu tersebut merupakan yang kedua kalinya. Buaya jantan itu merupakan titipan dari Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Provinsi Jawa Tengah sejak 2018 lalu.

Karena lepasnya buaya ini sudah kedua kalinya, maka pihak pengelola objek wisata Akar Seribu akan mengembalikan buaya tersebut ke pihak BKSD Jateng.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Wanita Tewas di Perumahan Mewah di Penjaringan, Polisi Temukan Pistol di TKP

Wanita berinisial (S) yang berusia 51 Tahun tersebut ditemukan tewas di sebuah kamar dalam kondisi luka-luka.

MEGAPOLITAN | 9 Februari 2023

DPR Dorong Pelaksanaan Ibadah Haji 2023 Dipersingkat Jadi 35 Hari

DPR mendorong pemerintah agar mempersingkat durasi pelaksanaan ibadah haji 2023 menjadi 35 hari.

NASIONAL | 9 Februari 2023

FKPT Jateng Ajak Masyarakat Hindari Politik Identitas

Ketua FKPT Jateng Syamsul Ma’arif mengajak masyarakat menghindari penggunaan politik identitas.

NASIONAL | 9 Februari 2023

Tingkatkan Kontribusi dan Beri Pelayanan Terbaik, PLN Siapkan 6 Strategi

PLN menyiapkan 6 strategi untuk membawa perusahaan melaju kencang pada 2023 ini. PLN memaparkan 6 strategi itu dalam RDP bersama Komisi VII DPR.

EKONOMI | 9 Februari 2023

Subsidi Biaya Haji Minim, DPR Usul BPKH Dibubarkan

"Kalau hanya mengandalkan 70:30 saja subsidi bagi jemaah haji kita, tidak perlu ada BPKH. Dibubarkan saja!" kata Marwan.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Polisi Temukan Puluhan Video Dewasa Milik Pelaku Pencabulan Belasan Anak di Jambi

Polisi menemukan foto dan video dewasa dari telepon genggam milik perempuan muda pelaku pencabulan belasan anak di Jambi.

NUSANTARA | 8 Februari 2023

Menkes Sebut Biaya Vaksin Berbayar Rp 100.000 Masuk Akal

Menkes Budi Gunadi mengatakan, harga vaksin berbayar bagi masyarakat kurang mampu akan ditanggung negara melalui mekanisme Penerima Bantuan Iuran (PBI).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Sosialisasi KUHP, Ahli Hukum Berikan Edukasi di Manokwari

Masyarakat Hukum Pidana dan Kriminologi Indonesia (Mahupiki), kembali melakukan sosialisasi Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

NASIONAL | 8 Februari 2023

Cari Pilot Susi Air, Aparat Gabungan Telusuri Hutan di Nduga Papua

Aparat gabungan TNI/Polri melakukan penelusuran hutan di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan guna melacak keberadaan pilot Susi Air.

NASIONAL | 8 Februari 2023

Indonesia Emas 2045, BUMN Diharapkan Jadi Pemeran Utama

BUMN diharapkan bisa menjadi pemeran utama dalam rangka mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NASIONAL | 9 Februari 2023


TAG POPULER

# Lee Da In


# 1 Abad NU


# Christine Hakim


# Susi Air


# Praxion


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Real Madrid ke Final Piala Dunia Antarklub, Ancelotti Masih Belum Puas

Real Madrid ke Final Piala Dunia Antarklub, Ancelotti Masih Belum Puas

BOLA | 5 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE