Logo BeritaSatu

Buron 5 Tahun, Orang Kepercayaan Irwandi Yusuf Ditahan KPK

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:45 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan menahan Izil Azhar, orang kepercayaan mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, Rabu (25/1/2023). Izil Azhar yang buron sejak 2018 atau lima tahun lalu atas kasus dugaan gratifikasi terkait proyek pembangunan Dermaga Bongkar pada Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Sabang tahun anggaran 2006-2011 diketahui ditangkap di sekitar Kota Banda Aceh pada Selasa (24/1/2023) kemarin.

Wakil Ketua KPK, Johanis Tanak menyatakan, Izil Azhar ditahan untuk 20 hari pertama di Rutan KPK Kavling C1. Dengan demikian, Izil Azhar bakal mendekam di sel tahanan setidaknya hingga 13 Februari 2023.

Advertisement

"Menjadi bagian dari kebutuhan proses penyidikan, tim penyidik menahan tersangka IA (Izil Azhar), untuk 20 hari pertama terhitung mulai tanggal 25 Januari 2023 sampai dengan 13 Februari 2023 di Rutan KPK pada Kavling C1 gedung ACLC," kata Johanis Tanak dalam konferensi pers di Gedung Merah Putih KPK, Rabu (25/1/2023).

Johanis Tanak memaparkan, kasus yang menjerat Izil Azhar bermula Pemprov Aceh yang ketika itu dipimpin Irwandi Yusuf sedang melaksanakan proyek pembangunan dermaga bongkar pada kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Sabang Aceh yang pembiayaannya dari APBN.

Irwandi Yusuf dalam jabatannya sebagai Gubernur Aceh ketika itu diduga menerima uang sebagai gratifikasi dengan istilah jaminan pengamanan dari pihak board of management (BOM) PT Nindya Sejati joint operation, yaitu Heru Sulaksono dan Zainuddin Hamid. Terkait gratifikasi tersebut, Irwandi Yusuf kemudian mengajak Izil Azhar sebagai orang kepercayaannya untuk menjadi perantara penerima uang dari Heru Sulaksono dan Zainuddin Hamid.

"Penyerahan uang melalui tersangka IA dilakukan secara bertahap dari tahun 2008 sampai dengan 2011 dengan nominal bervariasi mulai dari Rp10 juta sampai dengan Rp 3 miliar hingga total berjumlah Rp 32, 4 miliar," paparnya.

Izil Azhar menjadi orang kepercayaan Irwandi Yusuf karena sebelumnya pernah menjadi bagian tim sukses Pilkada Gubernur Aceh tahun 2007. Gratifikasi dengan nilai total Rp 32,4 miliar selanjutnya dipergunakan untuk dana operasional Irwandi Yusuf dan juga turut dinikmati Izil Azhar.

"Mengenai sumber uang yang diserahkan Heru Sulaksono dan Zainuddin Hamid diduga dari dana biaya konstruksi dan operasional proyek pembangunan dermaga bongkar pada kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Sabang Aceh," katanya.

Atas tindak pidana yang diduga dilakukannya, Izil Azhar disangkakan melanggar Pasal 12B Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kasus Penggelapan Dana Boeing, Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Dituntut 4 Tahun Penjara

Mantan Ketua Dewan Pembina ACT Novariyadi Imam Akbari selama 4 tahun penjara. Novariyadi terlibat dalam kasus penggelapan dana dari Boeing.

NEWS | 31 Januari 2023

Junta Myanmar Rencanakan Pemilu, Dikhawatirkan Picu Pertumpahan Darah

Dua tahun setelah kudeta menghentikan pemerintahan demokrasi Myanmar, junta militer negara sedang merencanakan pemilu.

NEWS | 31 Januari 2023

Polisi Ditemukan Tewas di Kantor Perwakilan Polres Kepulauan Seribu

Seorang pria diduga anggota Polri ditemukan tewas di kantor Perwakilan Polres Kepulauan Seribu, Cilincing, Jakarta Utara pada Selasa (31/1/2023) siang.

NEWS | 31 Januari 2023

Program Jumat Curhat Polri Diapresiasi Presiden Jokowi

Program Jumat Curhat yang dicanangkan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo ternyata mendapatkan apresiasi dari Presiden Joko Widodo.

NEWS | 31 Januari 2023

Susno Duadji Dukung Restrukturisasi di Tubuh Polri

Mantan kabareskrim Susno Duadji mendukung penuh restrukturisasi Polri, mulai dari perubahan budaya, peningkatan SDM hingga digitalisasi pelayanan.

NEWS | 31 Januari 2023

Mahasiswa UI Tewas Ditabrak Jadi Tersangka, Susno Duadji Minta Baca Ulang KUHAP

Mantan Kabareskrim Susno Duadji meminta polisi untuk membaca kembali KUHAP terkait kasus Hasya Athallah, mahasiswa UI tewas ditabrak yang malah jadi tersangka.

NEWS | 31 Januari 2023

Kamis, Teddy Minahasa Jalani Sidang Perdana di PN Jakbar

Teddy Minahasa akan menjalani sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Barat, Kamis 2 Februari 2023.

NEWS | 31 Januari 2023

Polresta Malang Tetapkan 7 Tersangka Perusakan Kantor Arema FC

Satreskrim Polresta Malang Kota menetapkan tujuh tersangka perusakan kantor Arema FC di Jalan Mayjend Panjaitan, Kota Malang, Jawa Timur, Minggu ( 29/1/2023).

NEWS | 31 Januari 2023

Bacakan Duplik, Ferdy Sambo Minta Bebas dari Tuntutan Penjara Seumur Hidup

Ferdy Sambo meminta agar tetap dibebaskan dari tuntutan penjara seumur hidup. Hal itu disampaikan oleh pengacara saat membacakan duplik atas balasan replik JPU.

NEWS | 31 Januari 2023

Kapolda Metro Instruksikan Rekonstruksi Kecelakaan Mahasiswa UI

Kapolda Metro Jaya menginstruksikan rekonstruksi kasus Hasya Athallah, mahasiswa UI tewas ditabrak pensiunan polisi yang justru jadi tersangka. 

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kisah Bocah Perempuan 11 Tahun Lolos dari Penculikan di Semarang

Kisah Bocah Perempuan 11 Tahun Lolos dari Penculikan di Semarang

NEWS | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE