Logo BeritaSatu

Kasus Brigadir J, Eliezer Mohon Dibebaskan dari Tahanan

Rabu, 25 Januari 2023 | 21:51 WIB
Oleh : Muhammad Aulia / LES

Jakarta, Beritasatu.com - Tim kuasa hukum Bharada Richard Eliezer atau Bharada E memohon kepada majelis hakim agar kliennya itu dibebaskan dari tahanan. Bharada E diketahui merupakan salah satu terdakwa dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Permohonan itu disampaikan oleh kuasa hukum Bharada E, Ronny Talapessy dalam sidang pembacaan pleidoi Bharada E di kasus tewasnya Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Rabu (25/1/2023). Diketahui, jaksa menuntut agar Bharada E dihukum 12 tahun penjara dalam kasus ini.

Advertisement

Pertama-tama, Ronny menyampaikan permohonan agar majelis hakim PN Jaksel menyatakan ulah Eliezer tidak dapat dipidana karena terdapat alasan penghapus pidana. Dia juga meminta agar Bharada E dilepaskan dari semua tuntutan.

"Memerintahkan terdakwa dibebaskan dari tahanan segera putusan ini diucapkan," kata Ronny dalam persidangan.

Ronny turut memohon agar martabat, hak, serta kedudukan Bharada E bisa dipulihkan seperti semula. Lalu sejumlah barang bukti seperti KTP dan ponsel Bharada E diminta agar dikembalikan ke yang bersangkutan.

"Apabila majelis hakim berpendapat lain, mohon putusan yang seadil-adilnya," ungkap Ronny.

Untuk diketahui, sidang tuntutan jaksa terhadap kelima terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J telah digelar sejak Senin (16/01/2023). Terdakwa Ricky Rizal, Kuat Ma'ruf, dan Putri Candrawathi dituntut jaksa 8 tahun penjara dan Ferdy Sambo dituntut penjara seumur hidup. Sementara Bharada E dituntut 12 tahun penjara.

Bharada E dan Putri Candrawathi didakwa bersama tiga orang lain, yakni Ferdy Sambo, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf dengan Pasal 340 KUHP subsider Pasal 338 KUHP juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Dalam kasus ini, Bharada E disebut jaksa sebagai sosok yang menembak Brigadir J. “’Woy! Kau tembak! Kau tembak cepat! Cepat woy kau tembak!’,” ungkap JPU soal perintah Ferdy Sambo ke Bharada E.

Eliezer lalu menembak memakai Glock 17 sebanyak tiga atau empat kali ke Brigadir J yang membuatnya terjatuh dan bersimbah darah.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadapi Tantangan Era 4.0, Polri Perlu Restrukturisasi dan Reposisi

Direktur Lingkar Peduli Anak Negeri (Lingkar Puan), Andre M Pelawi mengatakan Polri perlu melakukan restrukturisasi dan reposisi di era 4.0.

NEWS | 31 Januari 2023

BNN Menutup Kemungkinan Legalisasi Ganja untuk Sarana Medis

Kepala BNN Komjen Polisi Petrus Reinhard Golose menegaskan sudah menutup kemungkinan ganja digunakan sebagai sarana medis.

NEWS | 31 Januari 2023

Indeks Persepsi Korupsi Indonesia 2022 Merosot 4 Poin Jadi 34

Corruption Perception Index atau Indeks Persepsi Korupsi Indonesia pada 2022 merosot empat poin menjadi 34 atau berada di posisi 110 dari 180 negara. 

NEWS | 31 Januari 2023

Bacakan Duplik, Ricky Rizal Kutip Surat Al-Baqarah dan An-Nahl

Ricky Rizal mengutip Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 191 dan Surat An-Nahl ayat 90 pada dupliknya saat menanggapi replik oleh jaksa penunut umum (JPU).

NEWS | 31 Januari 2023

3 Pengacara Tersangka Pencabulan Santriwati di Jember Mengundurkan Diri

Sebagian tim pengacara tersangka dugaan kasus pencabulan santriwati diduga oleh pimpinan pondok pesantren kompak mengundurkan diri.

NEWS | 31 Januari 2023

Ferdy Sambo Sudah Siap Mental Hadapi Vonis Hakim

Rasamala Aritonang, kuasa hukum Ferdy Sambo, mengatakan kliennya sudah siap mental untuk menghadapi sidang pembacaan vonis perkara pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Kasus Brigadir J, Sidang Vonis Ricky Rizal Digelar pada Hari Valentine

Majelis hakim menjadwalkan sidang vonis Ricky Rizal pada hari Valentine. Ricky salah satu terdakwa dalam kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 31 Januari 2023

Tahun Politik, Polri Diminta Moratorium Rekrutmen dan Pengangkatan Perwira

YLBH Menggugat mengusulkan agar Polri melakukan moratorium penerimaan atau rekrutmen polisi dan pengangkatan perwira di tahun politik.

NEWS | 31 Januari 2023

Kuasa Hukum Hasya Athallah Laporkan Polisi ke Ombudsman RI

Tim kuasa hukum keluarga mahasiswa UI, Hasya Athallah yang menjadi korban tewas kecelakaan lalu lintas akhirnya mendatangi Kantor Ombudsman RI.

NEWS | 31 Januari 2023

Nelayan Banten Hilang di Laut Ditemukan Selamat di Tasikmalaya

Nelayan asal Banten yang hilang di laut ditemukan selamat di Tasikmalaya setelah lima hari dinyatakan hilang di laut sejak Jumat (27/01) lalu.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Turunnya Nilai Manfaat Dana Haji, Penyebab Biaya Haji Naik

Turunnya Nilai Manfaat Dana Haji, Penyebab Biaya Haji Naik

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE