Jumat, 31 Maret 2023

Soal Balon Mata-mata Tiongkok di AS, Pakar: Ini Amatir!

Surya Lesmana / LES
Minggu, 5 Februari 2023 | 14:27 WIB

Washington, Beritasatu.com – Penerbangan balon mata-mata Tiongkok di atas udara Amerika Serikat telah menandai taktik spionase yang lebih agresif, meskipun ceroboh dan amatir, dibandingkan mengandalkan satelit dan pencurian rahasia industri dan pertahanan, kata pakar keamanan.

Baik AS dan Tiongkok selama beberapa dekade menggunakan satelit pengintai untuk saling mengawasi dari udara.

Tetapi balon mata-mata baru-baru ini, yang menurut seorang pejabat Gedung Putih bukan yang pertama, telah membuat beberapa orang di Washington menggaruk-garuk kepala.

"Di satu sisi, ini lebih amatir," kata mantan penasihat keamanan nasional Gedung Putih John Bolton.

"Apakah kamera di satelit mereka tidak memiliki resolusi yang cukup tinggi sehingga mereka harus mengirim balon mata-mata?"

Keributan atas balon mata-mata itu datang ketika Tiongkok telah membangun kemampuan militernya dan menantang kehadiran militer Amerika di Pasifik.

Amerika Serikat juga yakin Beijing secara rutin berupaya menangkap informasi dan pengetahuan hak milik dari perusahaan-perusahaan Amerika.

Tiongkok mengatakan balon itu untuk tujuan meteorologi dan ilmiah sipil yang tersesat ke wilayah udara AS dan pada hari Sabtu. Beijing menuduh politisi dan media Amerika mengambil keuntungan dari situasi tersebut untuk mendiskreditkan Tiongkok.

Beijing sebelumnya menolak tuduhan spionase, dan mengatakan AS memiliki mentalitas Perang Dingin dan meningkatkan "ancaman Tiongkok".

Tetapi balon mata-mata yang ditemukan pada hari Jumat itu tampak sengaja provokatif, kata Dean Cheng, penasihat senior program Tiongkok di US Institute of Peace.

“Ini adalah cara untuk menguji bagaimana tanggapan pihak lain, bukan dalam arti militer. Tapi secara politis, apa yang Anda lakukan? Apakah Anda diam saja? Kalau memang banyak dan ini bukan pertama kalinya , lalu menimbulkan pertanyaan menarik. Apa yang terjadi dengan yang sebelumnya? Apakah kita menembak jatuh mereka?” kata Dean.

Mike Rounds, anggota Partai Republik dari Komite Angkatan Bersenjata Senat AS, mengatakan kepada Fox News bahwa akan sangat berguna untuk mendapatkan balon mata-mata itu dan melihat "apakah itu dirancang untuk benar-benar mengumpulkan data atau apakah itu dirancang untuk menguji kemampuan respons kami".

Andrew Antonio, salah satu pendiri start-up balon ketinggian tinggi Urban Sky, mengatakan arus angin yang bergantung pada balon ketinggian tinggi untuk mengarahkan perjalanan jarak jauh paling tidak menguntungkan di musim dingin, menunjukkan niat Tiongkok mungkin bukan untuk menargetkan lokasi tertentu di AS.

“Secara khusus menargetkan pangkalan militer tertentu dengan balon dari peluncuran di Tiongkok, pada bulan Januari atau Februari, di belahan bumi utara, sangat sulit dilakukan, jika bukan tidak mungkin,” kata Antonioi.

Pentagon mengatakan balon mata-mata Tiongkok lainnya diamati di atas Amerika Latin.

Direktur Biro Investigasi Federal (FBI) Christopher Wray mengatakan pada tahun 2020 bahwa ancaman jangka panjang terbesar terhadap informasi dan kekayaan intelektual AS adalah "ancaman kontra intelijen dan spionase ekonomi dari Tiongkok".

Taktik mata-mata yang lebih umum oleh Tiongkok dalam beberapa dekade terakhir, kata para ahli, adalah menggunakan mahasiswa pascasarjana dan individu lain yang memiliki hubungan dengan Tiongkok untuk mendapatkan akses ke materi sensitif dengan belajar di universitas riset, bekerja di perusahaan teknologi AS atau meretas jaringan komputer mereka.

"Masalah dengan China jauh lebih banyak di dunia akademik dan ilmiah," kata Mark Zaid, seorang pengacara Washington yang terlibat dalam berbagai kasus keamanan nasional.

"Tidak ada keraguan bahwa dinamika itu sedang berubah dan Tiongkok menjadi lebih agresif untuk alasan apapun."



Sumber: CNA/Reuters

Saksikan live streaming program-program BTV di sini


Bagikan

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

1035653
1035654
1035652
1035655
1035650
1035648
1035649
1035647
1035646
1035645
Loading..
Terpopuler Text

Foto Update Icon