Jumat, 24 Maret 2023

Mesin Algoritma Deteksi 8 Sinyal Radio dari Luar Angkasa, Ilmuwan: Bisa Saja Alien

Surya Lesmana / LES
Minggu, 5 Februari 2023 | 15:15 WIB

Toronto, Beritasatu.com – Sebuah mesin algoritma baru yang dioperasikan, telah mendeteksi delapan sinyal radio yang berasal dari lima bintang yang berjarak 30 hingga 90 tahun cahaya. Meski belum bisa dipastikan, para ilmuwan tak menutup kemungkinan sinyal tersebut datang dari alien atau mahluk luar angkasa.

“Mungkin alien berkomunikasi menggunakan technosignatures dan kami baru saja menemukan mereka untuk pertama kalinya,” demikian pernyataan ilmuwan di balik mesin algoritme tersebut, yang berasal dari University of Toronto.

Ilmuwan mengatakan bahwa mereka telah "merampingkan pencarian kehidupan di luar bumi dengan menggunakan algoritme baru untuk mengatur data dari teleskop mereka".

Dengan menggunakan mesin, algoritme menghilangkan interferensi buatan manusia untuk memungkinkan para ilmuwan berfokus pada sinyal nyata dari luar angkasa dan kemudian menemukan pola dalam informasi tersebut yang dapat menunjukkan bahwa sinyal tersebut berasal dari sinyal yang dihasilkan secara teknologi.

“Kita perlu membedakan sinyal radio yang menarik di luar angkasa dari sinyal radio dari Bumi,” Peter Ma, seorang mahasiswa sarjana Toronto penulis utama makalah baru, yang muncul di Nature Astronomy .

Tentu saja, meski sinyalnya muncul seperti yang diharapkan para ilmuwan dari sinyal luar angkasa, mereka mengatakan mereka belum yakin alien ada di belakangnya. Tetapi mereka berharap untuk melihat sinyal yang sama lagi untuk meningkatkan kemungkinan bahwa ini memiliki makna tambahan.

Para ilmuwan tidak menyerah dan berharap untuk memfokuskan algoritme baru pada teleskop radio yang lebih besar.

“Dengan bantuan kecerdasan buatan,” Cherry Ng, rekan peneliti di Institut Astronomi dan Astrofisika Toronto, Toronto, mengatakan dalam rilis berita, “Saya optimis bahwa kita akan dapat mengukur dengan lebih baik kemungkinan kehadiran makhluk luar angkasa. sinyal dari peradaban lain.”



Sumber: Popular Mechanics

Saksikan live streaming program-program BTV di sini


Bagikan

BERITA TERKAIT

BERITA TERKINI

1034430
1034429
1034426
1034428
1034427
1034423
1034422
1034421
1034418
1034419
Loading..
Terpopuler Text

Foto Update Icon