Logo BeritaSatu

Cantiknya Batik Bercorak Tenun Toraja

Minggu, 28 April 2013 | 06:02 WIB
Oleh : Mardiana / FER

Batik terus mengalami inovasi. Yang terkini, proses membatik pun dilakukan di atas kain bermotif tenun. Dan Alleira Batik memilih motif tenun Toraja sehingga menghasilkan batik dengan corak tenun Toraja yang cantik.

Annisa Pohan tampil anggun dalam balutan busana batik. Namun yang berbeda, dia mengenakan batik dengan corak yang tak lazim. Corak garis-garis melengkung itu begitu indah dan eksotis. Sepintas, busana yang dikenakannya seperti motif yang biasa terdapat pada sebuah kain tenun.

Advertisement

Annisa pun membuka peragaan busana yang digelar Allaira Batik, Rabu (24/4) di Lamoda Café, Plaza Indonesia, Jakarta. Bersama puterinya, Aira, juga berbalut batik, mereka memamerkan keindahan kekayaan kain Indonesia itu.

"Ini koleksi Alleira Batik terbaru. Koleksi ini memadukan corak tenun Toraja yang khas dengan proses pengerjaan dan corak batik kontemporer,” jelas Zakaria Hamzah, direktur operasional Alleira Batik.

Zakaria menjelaskan, Indonesia memiliki kekayaan berupa kain tradisional yang proses pengerjaannya dilakukan dengan teknik tenun.

"Tenun juga sangat cantik dan memukau berkat ragam motif yang dihasilkan oleh persilangan benang dalam proses pembuatannya. Dan sayangnya banyak masyarakat Indonesia yang tak mengenal kekayaan ini. Motif tenun pada batik diharapkan dapat lebih mengenalkan tenun pada masyarakat dan menawarkan hal yang baru bagi pecinta batik,” ujar dia.

Lantas mengapa motif tenun Toraja yang diangkat dalam peragaan berjudul “Treasure of Toraja”? Menurut Zakaria, saat ini baru tenun Nusa Tenggara Timur dan Tenun Nusa Tenggara Barat yang lebih banyak diekspos. “Padahal, masih banyak tenun dari daerah lain, seperti tenun Toraja,” kata dia.

Tenun Toraja memang cantik. Umumnya, proses persilangan benang menghasilkan motif-motif beragam seperti kepala kerbau (tedong), rumah adapt Toraja (tongkonan), garis-garis vertical dan melengkung, burung, dan bunga. Setiap corak atau motif menyiratkan makna simbolik nasihat, pengharapan, pepatah, doa, serta hubungan manusia dengan lingkungannya.

Gradasi Warna Bold

Sesuai dengan kain tenun aslinya, Alleira pun menggunakan warna-warna tanah yang menjadi ciri khas tenun Toraja, yakni cokelat muda dan tua. Warna-warna khas Toraja itu dibuat bergradasi dengan kombinasi warna-warna bold, seperti merah, ungu, biru, kuning, dan oranye.

Corak Toraja dan permainan gradasi warna itu begitu cantik dan unik dalam busana berpotongan chic, simple, dan elegan. Di antaranya adalah gaun simple, blus padanan celana berpipa lurus, H-line skirt yang klasik, dan masih banyak lagi.

Sementara untuk pria, koleksi berupa kemeja bertangan panjang. Tak ketinggalan, Alleira juga mempersembahkan koleksi batik untuk anak. “Koleksi ini ditujukan untuk menjawab kebutuhan kaum urban yang dinamis dengan mengolaborasikan unsur tradisional dan modern,” kata Zakaria.

Zakaria menambahkan, setiap busana tersebut terbuat dari material pilihan unggulan, seperti ATBM, supersilk, dan habutay.

"Unsur modern juga ditambahkan dengan mengaplikasikan material suede dan kulit seiring dengan tekad Alleira menjadikan batik sebagai bagian dari fashion internasional,” tandas Zakaria.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Muncul ke Publik Setelah 36 Hari, Kim Jong-un Minta Korut Bersiap Perang

Pemimpin Korut (Korea Utara) Kim Jong-un muncul di hadapan publik setelah tak terlihat di depan umum, yang menimbulkan spekulasi tentang kesehatannya.

NEWS | 8 Februari 2023

Gagal Ginjal Akut Kembali Terdeteksi, IDI: Monitoring Pemakaian Obat Harus Diperketat

Ketua Umum IDI mengatakan, kesadaran atas efek samping obat sirup merupakan hal yang penting untuk di monitor guna mencegah kasus gagal ginjal akut.

NASIONAL | 8 Februari 2023

MRCCC Siloam Minimalisasi Kesenjangan Perawatan Pasien Kanker

MRCCC Siloam Semanggi meminimalisasi kesenjangan perawatan pasien kanker serta menekankan kesetaraan pasien dalam mendapatkan pelayanan medis.

NASIONAL | 7 Februari 2023

510 Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang Keracunan Makanan

Tim kesehatan Puskesmas Wagir mendapat laporan banyak mahasiswa yang mengalami diare saat berada di lokasi perkemahan.

NEWS | 7 Februari 2023

Bappenas: RI Butuh 22 Tahun untuk Jadi Negara Berpendapatan Tinggi

Menteri PPN/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa menyatakan, Indonesia membutuhkan waktu 22 tahun untuk menyandang status negara berpendapatan tinggi.

EKONOMI | 8 Februari 2023

Pelabuhan Iskenderun Turki Terbakar Pascagempa, Operasional Dihentikan

Puluhan kontainer kargo terbakar sejak Senin (6/2/2023) petang hingga Selasa (7/2/2023) di kota pelabuhan Iskenderun yang dilanda gempa dahsyat.

NEWS | 8 Februari 2023

Kasus Baru Gagal Ginjal Akut, Bareskrim Kirim Sampel ke BPOM

Bareskrim Polri mengirimkan sampel ke Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) terkait dua kasus baru gagal ginjal akut yang ditemukan di DKI Jakarta.

NASIONAL | 7 Februari 2023

Ibunya Tewas, Bayi Baru Lahir Selamat dari Puing-puing Gempa Dahsyat

Keajaiban setelah bayi baru lahir ditemukan dalam kondisi selamat dari puing-puing akibat gempa dahsyat di sebuah rumah di Suriah utara.

INTERNASIONAL | 8 Februari 2023

Keren! Qoala Plus Tumbuh Tiga Kali Lipat di Sumatera

Qoala Plus sebagai unit bisnis insurtech Qoala mencatat pertumbuhan tiga kali lipat di wilayah Sumatera.

EKONOMI | 8 Februari 2023

OJK Catat Kredit Macet 21 Fintech Lending di Atas 5 Persen

Sebanyak 21 penyelenggara fintech lending mencatat pembiayaan bermasalah atau tingkat wanprestasi 90 hari (TWP 90) di atas 5%.

EKONOMI | 7 Februari 2023


TAG POPULER

# Warunk Upnormal


# Susi Air


# Gempa Turki


# Jokowi


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

Javier Rocha Mundur, Arema FC Tunjuk Putu Gede Jadi Pelatih

BOLA | 28 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE