Logo BeritaSatu

Lantik Perwira TNI-Polri, SBY Tekankan Semboyan “Million Friends Zero Enemy”

Selasa, 2 Juli 2013 | 12:32 WIB
Oleh : Ezra Sihite / B1

Jakarta - Dalam acara pelantikan 735 perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polri di Surabaya hari ini, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali mengingatkan kepada para perwira pertahanan dan keamanan tentang kebijakan luar negeri saat ini.

Presiden SBY menjelaskan, era saat ini adalah politik luar negeri ke segala arah dan Indonesia sendiri tidak memposisikan satu negara manapun sebagai musuh.

“Tidak ada negara yang kita anggap sebagai musuh, sebaliknya tidak ada satu negarapun di dunia yang memusuhi negara kita. Lingkungan strategis baru yang khas itu juga memberikan peluang yang sangat besar bagi kita berperan di duni internasional,” kata Presiden SBY di markas Komando Akademi Angkatan Laut, Surabaya, Jawa Timur, seperti yang dirilis Sekretariat Kabinet, Selasa (2/7).

Namun, menurutnya, prinsip "million friends zero enemy" harus sejalan dengan kemandirian, kedaulatan, kesetaraan serta prinsip saling menguntungkan antara negara yang satu dengan lainnya.

Dia melanjutkan, Indonesia saat ini memiliki citra yang baik di mata dunia internasional tidak lagi memberikan kesan terpuruk, konflik dan tidak stabil.

Kesan baik yang dimiliki Indonesia ditambahkannya antara lain, sebagai negara demokrasi ketiga terbesar di dunia, sebagai jembatan antara Islam dan Barat, sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara, sebagai negara yang sukses melakukan transformasi, dan sebagai negara yang menjunjung kebebasan dan pluralisme.

Meskipun demikian hingga saat ini masih ada isu keamanan yang menjadi tantangan mulai dari terorisme, gerakan seperatis bersenjata, sengketa perbatasan, kejahatan lintas negara hingga penggunaan senjata massal.

Oleh karena itu, TNI sebagai alat pertahanan negara terus dibutuhkan untuk mengantisipasi tantangan terhadap perubahan arsitektur keamanan di Asia Timur dan Asia Tenggara yang mana Indonesia layak diperhitungkan sebagai salah satu potensi kekuatan di dalamnya.

Selain menyinggung soal politik luar negeri, SBY juga mengatakan bahwa seiring pertumbuhan ekonomi, Indonesia juga meningkatkan porsi anggaran untuk pertahanan negara.

Salah satunya adalah untuk memodernisasi alat utama sistem persenjataan (alutsista) sebagai salah satu komponen utama sistem pertahanan.

“Oleh karena itu, pada kurun waktu lima tahun ini kita melaksanakan pembangunan kekuatan dan modernisasi alutsista secara sangat signifikan,” kata presiden lagi.

Pelantikan Perwira TNI-Polri 2013 hari ini diikuti oleh 735 perwira yang terdiri atas 285 perwira Polri, 238 perwira TNI-AD, 105 perwira TNI AL, 108 perwira TNI AU, dan sisasanya 285 perwira remaja Polri.

Lihat Juga Video Diwarnai Kejadian Baliho Ambruk

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Rakernas I PKN: Pasek Ingatkan Kader Jangan Turun Gunung

Ketum PKN Gede Pasek Suardika menyemangati ribuan kader untuk bekerja lebih keras agar lolos verifikasi faktual menuju Pemilu 2024.

NEWS | 7 Oktober 2022

Cuaca Ekstrem, BMKG Peringatkan Waspadai Gelombang Tinggi hingga 6 Meter di Wilayah Ini

BMKG mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi yang berpotensi terjadi di beberapa wilayah perairan pada hari ini dan besok.

NEWS | 7 Oktober 2022

3 Siswa MTsN 19 Jakarta Meninggal Tertimpa Tembok Roboh, Menag Beri Santunan

Menag Yaqut Cholil Qoumas menyatakan rasa belasungkawa atas kejadian yang menimpa MTsN 19 Jakarta menyebabkan tiga korban tewas.

NEWS | 7 Oktober 2022

Analisis BPBD DKI, Tembok MTsN 19 Tak Mampu Menahan Air

Berdasarkan hasil kaji cepat sementara oleh BPBD DKI Jakarta, robohnya tembok MTsN 19 Pondok Labu.

NEWS | 7 Oktober 2022

Awas, Cuaca Hari Ini, Jaksel dan Jaktim Diprediksi Hujan Disertai Petir

Cuaca hari ini, BMKG memprakirakan cuaca Jakarta Selatan dan Jakarta Timur alami hujan disertai petir pada Jumat (7/10/2022) siang.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kemenag Beri Santunan Korban Banjir di MTsN 19 Pondok Labu

Kementerian Agama (Kemenag) akan memberi santunan bagi korban meninggal dunia dan luka-luka akibat banjir MTsN 19, Pondok Labu, Jakarta Selatan

NEWS | 7 Oktober 2022

Tragedi Kanjuruhan, Momen Perdamaian Suporter di Indonesia

Tragedi Kanjuruhan bisa menjadi momen bagi perdamaian suporter dan menghilangkan permusuhan serta kebencian.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kunjungi Korban Musibah MTsN 19, Anies: Peristiwa Ini Pembelajaran

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengunjungi keluarga korban meninggal dunia akibat musibah MTsN 19 Jakarta yang roboh akibat banjir, Kamis malam.

NEWS | 7 Oktober 2022

Anies: Pemprov DKI Akan Perbaiki Fasilitas Gedung MTsN 19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Pemprov DKI akan memperbaiki fasilitas Gedung MTsN 19 yang rusak akibat robohnya tembok.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kamis Malam, Anies Kunjungi Korban Tembok Roboh MTsN 19

Anies mengatakan sebelumnya Wali Kota Jakarta sudah mendatangi lokasi dan bertemu dengan keluarga korban MTsN 19. 

NEWS | 7 Oktober 2022


TAG POPULER

# Jokowi tak salami kapolri


# Banjir Jakarta


# MTsN 19 Jakarta


# Tersangka Tragedi Kanjuruhan


# Mamat Alkatiri


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Minyak Naik karena Pemotongan Produksi OPEC+

Harga Minyak Naik karena Pemotongan Produksi OPEC+

EKONOMI | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings