Logo BeritaSatu

Indonesia-Norwegia Perkuat Kerjasama

Rabu, 3 Juli 2013 | 13:02 WIB
Oleh : Faisal Maliki Baskoro / FMB

Jakarta - Indonesia dan Norwegia sepakat untukmemperkuat hubungan bilateral sekaligus menyepakati mekanisme bilateral untuk memajukan hubungan dan kerja sama, baik pada tatanan bilateral ataupun pada tatanan regional dan global.

Menteri Luar Negeri RI, Marty Natalegawa telah melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Norwegia, Espen Barth Eide pada tanggal 3 Juli 2013 di Jakarta, demikian disampaikan Kementerian Luar Negeri dlam siaran persnya.

Mekanisme penguatan kerja sama tersebut telah dituangkan dalam MoU tentang Pembentukan Komisi Bersama untuk Kerja Sama Bilateral RI-Norwegia (MoU on the Establishment of Joint Commission for Bilateral Cooperation) yang ditandatangani kedua Menlu selepas pertemuan bilateral pada tanggal 3 Juli 2013.

Melalui mekanisme tersebut, kedua negara bertekad untuk mengintensifkan kerja sama konkret di berbagai bidang dan meningkatkan upaya bersama dalam menghadapi tantangan regional dan global.

Dalam pertemuan, kedua Menlu menegaskan kembali komitmen bersama untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dan kemitraan kedua negara, seperti yang tertuang dalam “Joint Declaration on Cooperation towards a Dynamic Partnership in the 21st Century” (ditandatangani di Jakarta pada tanggal 8 November 2010), termasuk upaya peningkatan kerja sama di bidang demokrasi, HAM, keamanan, perdagangan dan investasi, lingkungan hidup (REDD+), energi, perikanan, infrastruktur dan pendidikan.

Kedua negara juga bekerjasama dalam penanganan isu-isu regional dan global yang menjadi kepentingan bersama. Pertemuan bilateral secara khusus, telah membahas perkembangan/progress kerja sama kedua negara dalam upaya mengurangi emisi gas buang sebagaimana tertuang dalam kesepakatan Letter of Intent on Cooperation on reducing greenhouse gas emissions from deforestation and forest degradation (REDD+) yang ditandatangani Menlu RI dan Menteri Lingkungan dan Pembangunan Internasional Norwegia di sela-sela kunjungan Presiden RI ke Norwegia di Oslo pada tanggal 26 Mei 2010.

Dalam kesepakatan tersebut, Norwegia menyepakati bantuan dana (hibah) sampai dengan US$ 1 miliar kepada Indonesia. LoI tersebut memiliki nilai yang sangat strategis karena menunjukkan komitmen Norwegia untuk membantu negara-negara pemilik hutan tropis seperti Indonesia guna mengurangi emisi gas rumah kaca yang terjadi akibat kerusakan hutan (REDD+).

Di bidang demokrasi, kedua Menteri sepakat untuk meningkatkan kerja sama pengembangan demokrasi di kawasan melalui berbagai program kerja sama dalam kerangka Bali Democracy Forum (BDF) yang dilaksanakan oleh Institute for Peace and Democracy (IPD). Berkaitan dengan kerja sama di bidang HAM, kedua Menlu menyepakati untuk mendorong implementasi konkret hasil-hasil pertemuan Dialog HAM RI-Norwegia yang diselenggarakan di sela-sela kunjungan Putra Mahkota Norwegia pada bulan November tahun lalu.

Di bidang pertahanan dan keamanan, kedua Menlu telah membahas upaya untuk meningkatkan kerja sama dalam pengembangan program studi Universitas Pertahanan Indonesia (Indonesian Defence University), serta kerja sama di bidang operasi perdamaian, dan pelatihan militer.

Dalam pertemuan tersebut juga dibahas dan disepakati untuk mengintensifkan upaya-upaya peningkatan hubungan perdagangan dan investasi, mengingat masih banyaknya peluang yang perlu dimanfaatkan oleh kedua negara. Volume perdagangan kedua negara pada tahun 2012 tercatat sebesar US$ 321, 88 juta dan untuk periode Januari-Maret 2013, tercatat sebesar US$ 84,58 juta, meningkat 7,35% dibanding periode yang sama pada tahun 2012 sebesar US$ 78,79 juta.

Adapun produk utama/komoditi utama ekspor Indonesia ke Norwegia meliputi antara lain pakaian jadi, alas kaki, alat komunikasi, dan furnitur. Selain itu Menlu RI telah mengajak kalangan bisnis Norwegia untuk lebih banyak berinvestasi di Indonesia, termasuk di bidang infrastruktur dan energi, terutama energi terbarukan (hydro power). Bidang usaha investasi yang diminati Norwegia di Indonesia antara lain di bidang perikanan, migas, industri kertas, industri kimia dasar, industri logam dasar, konstruksi, alat pengangkutan, komunikasi, dan jasa.

Khusus untuk 2012, nilai investasi Norwegia sebesar US$ 7,8 juta. Sedangkan untuk periode 2010-2012, nilai realisasi investasi Norwegia berjumlah sebesar US$ 14,40 juta. Kedua Menlu juga menyambut baik kesepakatan dan implementasi kerja sama di bidang pengembangan industri perikanan melalui pengaturan food safety and quality assurance produk perikanan kedua negara dan kerja sama di bidang pengembangan teknologi bawah tanah (tunneling and underground technology) oleh kementerian terkait kedua negara.

Dalam upaya meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia dengan negara-negara yang tergabung dalam Europeran Free Trade Association (EFTA), Kedua Menlu sepakat untuk mendorong penyelesaian negosiasi Indonesia-European Free Trade Association Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA) yang telah mengalami 8 (delapan) kali perundingan (terakhir di Solo). Norwegia sebagai salah satu negara anggota EFTA akan menjadi tuan rumah untuk perundingan IE-CEPA berikut pada bulan Oktober 2013 mendatang.

Hubungan bilateral yang dimulai sejak Januari 1950 berlangsung dengan baik dan intensif. Menteri Luar Negeri Espen Barth Eide terakhir berkunjung ke Indonesia dalam rangka menghadiri pertemuan Bali Democracy Forum ke-V pada bulan November 2012.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: PR

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Kamis Malam, Anies Kunjungi Korban Tembok Roboh MTsN 19

Anies mengatakan sebelumnya Wali Kota Jakarta sudah mendatangi lokasi dan bertemu dengan keluarga korban MTsN 19. 

NEWS | 7 Oktober 2022

Verifikasi Terakhir Stadion Kanjuruhan oleh LIB Tahun 2020

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut PT LIB,  tidak melakukan verifikasi ulang di Stadion Kanjuruhan. Verifikasi terakhir dilakukan 2020.

NEWS | 7 Oktober 2022

Kapolri: Tersangka Tragedi Kanjuruhan Bisa Bertambah

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menyatakan bahwa jumlah tersangka tragedi Kanjuruhan masih dimungkinkan untuk bertambah.

NEWS | 7 Oktober 2022

Jaksa Agung Harap STIH Adhyaksa Jadi Tonggak Perubahan Hukum di Indonesia

STIH Adhyaksa merupakan sekolah tinggi hukum yang diselenggarakan oleh Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa sejak 26 Januari 2022 lalu.

NEWS | 7 Oktober 2022

Lesti Kejora Diisukan Akan Umrah untuk Tenangkan Diri

 Lesti Kejora dikabarkan akan umrah. Hal itu diungkapkan sahabat Lesti, Tiara Marleen dalam unggahan di media sosialnya, @Tiara_marleen1.

NEWS | 6 Oktober 2022

Akademisi PTIQ: Teladani Rasulullah dalam Praktik Bernegara

Abdul Muid Nawawi mengatakan, meneladani Rasulullah dalam hal berbangsa dan bernegara adalah akhlaknya.

NEWS | 6 Oktober 2022

Syngenta Perkenalkan Ekosistem Pertanian Centrigo di Indonesia

Centrigo menawarkan solusi menyeluruh dan terintegrasi dalam mengatasi hambatan untuk mencapai produktivitas dan keuntungan yang lebih tinggi.

NEWS | 6 Oktober 2022

Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 6 Oktober 2022

Berikut ini Data Penerima Vaksin Covid-19 sampai 6 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 6 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus & Kematian Covid-19 di Jakarta, 6 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 6 Oktober 2022

Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 6 Oktober 2022

Berikut ini Data Kasus Aktif Covid-19 Nasional sampai 6 Oktober 2022 sesuai dengan data dari Kementerian Kesehatan.

NEWS | 6 Oktober 2022


TAG POPULER

# Mamat Alkatiri


# Daftar Korban Meninggal Kanjuruhan


# Jilat Kue HUT TNI


# Lesti Kejora


# Timnas U-17


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kamis Malam, Anies Kunjungi Korban Tembok Roboh MTsN 19

Kamis Malam, Anies Kunjungi Korban Tembok Roboh MTsN 19

NEWS | 14 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings