Logo BeritaSatu

Komentar Anti-gay Isinbayeva Dikecam Keras oleh Sejawat Atlet

Jumat, 16 Agustus 2013 | 16:37 WIB
Oleh : Arsito Hidayatullah / B1

Moskow - Pelompat galah putri kenamaan asal Rusia, Yelena Isinbayeva, mengundang kontroversi lewat pernyataannya yang nyata-nyata menunjukkan anti-gay. Kecaman terutama segera datang dari rekan sesama atlet, antara lain yaitu peraih medali emas Commonwealth Games asal Inggris, Louise Hazel.

Tidak tanggung-tanggung, Hazel bahkan menyerukan agar posisi Isinbayeva sebagai salah satu duta IOC (Komite Olimpiade Internasional) segera dicabut saja.

"Mereka (IOC) benar-benar harus merevisi posisinya (Isinbayeva) saat ini juga," unghkap Hazel, Kamis (15/8) waktu setempat, kepada media massa. "Itu (posisi duta) terlihat tak masuk akal lagi bagiku," tambahnya.

"Saya rasa masalah itu (pencabutan status) harus menjadi hal pertama yang mereka (IOC) lakukan seusai Kejuaraan Dunia ini," sambung atlet yang menekuni heptathlon tersebut.

Menurut Hazel pula, komentar Isinbayeva itu telah membuatnya merasa "sangat syok" serta "kecewa". "Pada intinya, dia telah benar-benar menunjukkan (sikap) homofobia," tuturnya.

"Ini adalah abad ke-21, dan Rusia jelas-jekas mengutarakan secara lantang menjelang Kejuaraan Dunia ini, soal pandangan mereka terhadap homoseksualitas," lanjut Hazel.

Isinbayeva sendiri, yang menjabat sebagai duta bagi Olimpiade Anak Muda (Youth Olympics), melontarkan komentar kontroversialnya itu saat merespons sejumlah atlet yang mengecat warna-warni kuku mereka demi mendukung hak-hak kaum gay. Pernyataan itu disampaikannya tak lama setelah memastikan gelar juara dunia ketiganya di Kejuaraan Dunia di Moskow.

Menurut pelompat galah berusia 31 tahun itu, masyarakat Rusia tidak ingin melihat homoseksualitas berkembang sedemikian rupa di negerinya. "Kami hanya hidup dengan (pasangan) lelaki dan perempuan, dan wanita dengan pria," tuturnya.

"Kami tak pernah punya masalah ini (homoseksualitas) di Rusia, dan kami tak ingin merasakannya di masa depan," ujarnya lagi. "Itu (memang) hidup mereka, itu pilihan mereka, itu perasaan mereka (kaum gay), tapi kami menentang publisitas mengenainya di negeri kami dan saya mendukung hal itu," sambnungnya.

Salah seorang atlet lain yang juga lantas mengecam keras komentar Isinbayeva, adalah pelari jarak menengah asal Amerika Serikat (AS), Nick Symmonds. "Mengejutkan bagi saya, bahwa seorang perempuan muda yang terdidik sepertinya (Isinbayeva), begitu ketinggalan zaman," tukasnya.

"Coba pikir Yelena, (bahwa sebenarnya) ada sejumlah besar dari warga negaramu yang merupakan (kalangan) homoseksual standar dan (hidup) normal," serunya lagi, sambil menyatakan bahwa Rusia dalam hal ini telah "berada di sisi sejarah yang salah".

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Scoresway

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE