Logo BeritaSatu

Festival Film Internasional Bertema Spiritual Digelar

Jumat, 22 November 2013 | 16:16 WIB
Oleh : Shesar Andriawan / MUT

Jakarta - Setelah dipastikan akan dimeriahkan kembali dengan kehadiran Festival Sinema Prancis bulan depan, Jakarta kembali disuguhi Festival Film International. Tema yang diusung kali ini adalah spirituality, religion, dan visionary.

Sejak April 2013, ratusan sineas dari seluruh dunia mengikutkan film-film mereka untuk diseleksi dalam International Film Festival for Spirituality, Religion, and Visionary (IFFSRV). Salah satu pertimbangan utama pemilihan film terbaik merujuk pada tujuan festival yang antara lain adalah membangun hubungan sehat dan harmonis dalam masyarakat.

"Termasuk komunikasi dengan Sang Khalik terlepas dari perbedaan jenis kelamin, agama, ras, dan status ekonomi," ucap Damien Dematra, pendiri IFFSRV, dalam konferensi pers di Pusat Kebudayaan Rusia, Jakarta Pusat, Jumat (22/11).

Festival yang baru pertama kali digelar ini mendapat dukungan dari sinema XXI, Pusat Kebudayaan Rusia, dan Universitas Mercu Buana sebagai mitra penyelenggara. Malam pembukaan akan digelar di Planet Hollywood XXI, penayangan film-film selama seminggu sejak 29 November 2013 di Pusat Kebudayaan Rusia tanpa dipungut biaya, dan Universitas Mercu Buana mengirimkan empat film karya mahasiswanya.

Film-film yang ditayangkan nantinya berasal dari sineas berbagai negara. Beberapa yang disebut Damien antara lain Kanada, Australia, Inggris, India, dan Prancis.

Uniknya, juri final IFFSRV sebagian besar bukan dari dunia film. Antara lain Ageng Kiwi (mantan pedangdut yang kini aktif di Gerakan Artis Indonesia Peduli), Tiara Savitri (Ketua Yayasan Lupus Indonesia), Lily Wahid (mantan anggota DPR RI), dan diketuai Damien Dematra (sutradara film Obama Anak Menteng). Penghargaan untuk pemenang akan dilakukan pada 28 November di Universitas Mercu Buana.

"Mereka dipilih karena punya pengalaman spiritualitas pribadi yang menarik. Misalnya near to death yang dialami Ibu Tiara. Kenapa tidak ambil juri dari dunia film karena sebelumnya sudah dinilai oleh juri dunia film," jelas Damien yang juga aktif menulis buku.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Tiga Miliarder Kripto Meninggal dalam Sebulan, Kebetulan atau Terencana?

Dalam kurun waktu sebulan, tiga miliarder kripto meninggal dunia. Ketiga kematian itu terjadi secara tidak terduga di tengah anjloknya aset-aset kripto.

NEWS | 10 Desember 2022

2 Menteri Jokowi Jadi Saksi Akad Nikah Kaesang dan Erina

Dua menteri Kabiner Jokowi, yakni Menteri PUPR Basuki Hadimuljono akan menjadi saksi nikah Kaesang Pangarep dan Mensesneg Pratikno menjadi saksi Erina Gudono.

NEWS | 10 Desember 2022

KPK Tegaskan Penahanan Hakim Agung Gazalba Saleh Sesuai Aturan

KPK menegaskan tidak melanggar aturan saat menahan Hakim Agung Gazalba Saleh terkait kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 10 Desember 2022

Pemprov DKI Gunakan AI Google untuk Urai Kemacetan

Dishub DKI akan menggunakan teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) Google untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota.

NEWS | 10 Desember 2022

Ini Alasan Kemendes PDTT Revitalisasi 619 Kawasan Transmigrasi

Revitalisasi dan modernisasi 619 kawasan transmigrasi bertujuan menyukseskan program ketahanan pangan nasional.

NEWS | 10 Desember 2022

Kaesang Orang Biasa Pertama yang Gelar Resepsi di Pura Mangkunegaran

Kaesang Pangarep dan Erina Gudono menjadi orang pertama dari luar keluarga kerajaan Mangkunegara yang menjalankan resepsi pernikahan di Pura Mangkunegaran.

NEWS | 10 Desember 2022

Midea Donasikan Bantuan untuk Warga Terdampak Gempa Cianjur

PT Midea Planet Indonesia (Midea) memberikan donasi berupa ratusan perangkat elektronik untuk memulihkan kehidupan warga terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat.

NEWS | 10 Desember 2022

Top News, Perempat Final Piala Dunia 2022 dan Pernikahan Kaesang

Berita perempat final Piala Dunia 2022 di Qatar antara Argentina vs Belanda dan Brasil vs Kroasia, serta pernikahan Kaesang menjadi berita terpopuler.

NEWS | 10 Desember 2022

Turunkan Angka Kemiskinan, Jateng Andalkan 3 Program Ini

Ganjar Pranowo mengatakan, program bantuan RTLH, permodalan, dan pelatihan yang dijalankan Pemprov Jateng adalah untuk menurunkan angka kemiskinan.

NEWS | 10 Desember 2022

Ganjar Pranowo: Pembangunan IKN Amanat Undang-undang

Ganjar Prawono mengatakan bahwa pembangunan IKN sesuai undang-undang tentu akan tetap dilaksanakan karena menjadi amanah undang-undang.

NEWS | 10 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui dalam Akad Nikah Kaesang dan Erina

Hal-hal Penting yang Perlu Diketahui dalam Akad Nikah Kaesang dan Erina

LIFESTYLE | 39 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE