Logo BeritaSatu

"Mommychi," Aplikasi Monitoring Kesehatan Ibu dan Anak

Rabu, 15 Januari 2014 | 19:45 WIB
Oleh : Kharina Triananda / B1

Jakarta - Masa kehamilan dan 1000 hari pertama kehidupan adalah fase yang sangat penting untuk perkembangan anak. Pemenuhan nutrisi, gizi dan lainnya harus benar-benar diperhatikan, khususnya bagi para ibu.

Berangkat dari kepentingan itu, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) meluncurkan inovasi baru dalam bentuk aplikasi mobile untuk monitoring kesehatan ibu dan anak.

"1000 hari pertama kehidupan, yang berjalan sejak di dalam kandungan hingga usia dua tahun, merupakan periode kritis yang menjadi masa awal yang menentukan tumbuh kembang otak anak," ujar Dr. dr. Ahmad Suryawan, Sp.A(K), ketua divisi Tumbuh Kembang Anak & Remaja Departemen Ilmu Kesehatan Anak RSU Dr. Soetomo/FK Unair Surabaya pada peluncuran Mommychi di Jakarta, Rabu (15/1).

Ditambahkannya, keunikan periode kritis ini terletak pada dua hal, yakni periode ini merupakan masa saat sirkuit jaringan otak terbentuk hingga 80 persen dan periode kritis ini terjadi sekali dalam seumur hidup.

"Selama periode tersebut si kecil harus benar-benar terpantau kemampuannya supaya tidak terjadi kegagalan pembentukan sirkuit otak yang berakibat permanen sepanjang usianya," lanjut Ahmad.

Dengan begitu, kata dia, sangat penting aplikasi seperti Mommychi ini agar orangtua memiliki dokumen sendiri mengenai tumbuh kembang anaknya yang tersimpan dengan baik.

Mommychi merupakan applikasi online (seperti Facebook), dimana data yang ada akan tersimpan aman di server dan bisa dibuka pada gadget dengan platform Android dan iOS di mana saja dan kapan saja selama ada koneksi internet.

"Saat ini sudah bisa diunduh di Google Store untuk platform Android dan kita usahakan minggu depan sudah bisa diunduh di Apple Store untuk iOS," kata Andreas Setiawan Santoso, Head of Business Unit and CRM Division Kalbe Farma.

Ia mengatakan bahwa melalui aplikasi Mommychi ini, Kalbe berharap bisa membantu mencari atau memecahkan solusi bagi masalah-masalah yang biasa dihadapi ibu hamil atau ibu yang memiliki anak usia balita.

"Aplikasi Mommychi ini gratis dan pengoperasiannya juga mudah. Untuk registrasi hanya perlu memasukkan alamat email dan passwordnya," terang Andreas.

Kemudian, pengguna bisa memilih antara 3 fitur unggulan, yakni fitur kehamilan (kontrol kjehamilan, jurnal kehamilan, ensiklopedia ibu dan namerator bayi), lalu yang kedua fitur monitoring kesehatan anak (imunisasi, jurnal kesehatan anak, deteksi tumbuh kembang anak, deteksi gejala penyakit, ensiklopedia anak) dan ketiga fitur umum (galeri, direktori, musik, games dan tanya dokter,).

"Yang berbeda Mommychi memiliki teknologi Namerator bayi, dimana orangtua bisa mencari nama-nama calon anak mereka yang unik dengan menggabungkan nama ayah dan ibunya," imbuh Andreas.

Selain itu, di fitur Tanya Dokter, pengguna bisa chatting secara langsung dengan dokter-dokter. Khusus untuk fitur ini, Kalbe bekerjasama dengan klikdokter.com.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Besok, Surya Paloh Umumkan Capres Nasdem di Pilpres 2024

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh akan mengumumkan capres yang akan diusung Partai Nasdem di Pilpres 2024 pada Senin (3/10/2022) besok.

NEWS | 2 Oktober 2022

Kang Emil Doakan Keluarga Korban Tragedi Kanjuruhan Diberikan Ketabahan

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil atau disapa Kang Emil mendoakan agar keluarga korban tragedi Kanjuruhan diberikan ketabahan.

NEWS | 2 Oktober 2022

Politikus PDIP Minta Tragedi Kanjuruhan Diselidiki secara Serius

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) Andreas Pareira meminta agar tragedi Kanjuruhan diselidiki secara serius.

NEWS | 2 Oktober 2022

Sempat Turun, Kepuasan Publik atas Kinerja Jokowi Kembali Naik

Kepuasan publik terhadap kinerja Presiden Jokowi kembali meningkat setelah sempat turun karena kebijakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

NEWS | 2 Oktober 2022

Calon Pemimpin Papua ke Depan Dinilai Perlu Skrining Ketat

Tokoh muda Papua, Ali Kabiay mendorong agar rekrutmen para pemimpin Papua ke depan perlu melalui skrining ketat.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ketum Muhammadiyah Nilai Tragedi Kanjuruhan Koyak Muruah Bangsa

Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir menilai tragedi Kanjuruhan, telah mengoyak muruah bangsa.

NEWS | 2 Oktober 2022

Respons Anies Disebut Bakal Diusung Nasdem sebagai Capres

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan masih bungkam soal wacana bakal diusung sebagai capres Partai Nasdem di Pilpres 2024 mendatang.

NEWS | 2 Oktober 2022

Mahfud MD: Jaksa Perkara Ferdy Sambo Dikarantina agar Tidak Diteror

Menko Polhukam Mahfud MD mengungkapkan para jaksa yang menangani perkara Ferdy Sambo dan kawan-kawan dalam kasus Brigadir J dikarantina agar tidak diteror.

NEWS | 2 Oktober 2022

Ini Pernyataan Lengkap Jokowi soal Tragedi Kanjuruhan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengeluarkan pernyataan resmi merespons tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur (Jatim).

NEWS | 2 Oktober 2022

Tokoh Pemuda Papua: Lukas Enembe Harus Dijemput Paksa jika Mangkir Lagi

Ketua Generasi Garuda Sakti Indonesia Provinsi Papua, Apbsalom Yarisetouw menegaskan Gubernur Papua Lukas Enembe harus dijemput paksa jika mangkir lagi.

NEWS | 2 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Besok, Surya Paloh Umumkan Capres Nasdem di Pilpres 2024

Besok, Surya Paloh Umumkan Capres Nasdem di Pilpres 2024

NEWS | 8 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings