Logo BeritaSatu

MPR Sosialisasi 4 Pilar Melalui Bahasa Daerah

Sabtu, 12 November 2011 | 10:30 WIB
Oleh : B1

Indonesia memiliki lebih dari 600 bahasa daerah.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) berencana mensosialisasikan empat pilar berbangsa yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika melalui bahasa daerah. Pasalnya, tak semua warga Indonesia paham dengan bahasa nasional tersebut.

"MPR bisa sosialisasikan nilai empat pilar itu dengan misalnya bahasa Batak, bahasa Dayak dan lainnya," kata anggota MPR, Yusyus Kuswandana dalam diskusi soal Badan Pelaksana Sosialisasi Empat Pilar di hotel Bahamas, Belitung, hari ini.

Yusyus mengatakan, langkah tersebut sangat memungkinkan mengingat Indonesia memiliki lebih dari 600 bahasa daerah. Untuk mengakomodir kendala bahasa itu, pihaknya akan melakukan berbagai pendekatan sehingga pesan tujuan berbangsa sampai di seluruh pelosok Indonesia. "Salah satunya ya bahasa daerah," katanya.

Dilanjutkan Yusyus, pihaknya mulai melakukan sosialisasi ke daerah-daerah untuk menyadarkan kembali masyarakat akan warisan nilai-nilai luhur.

Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Syaifuddin menyampaikan, selama ini MPR mendapat aspirasi dari berbagai kalangan dan tokoh untuk mensosialisasikan kembali Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Intinya kami punya keprihatinan sama setelah sekian lama bangsa ini tak lagi terbiasa diskusikan empat pilar itu. Jadi perlu dilakukan secara lebih terstruktur dan masif," kata Lukman hari ini.

Dia mencontohkan tawuran mahasiswa hingga memakan korban. Hal tersebut dinilai dampak kurangnya pemahaman terhadap empat pilar tersebut.

"Keragaman kita hampir pada semua sektor kehidupan apalagi era globalisasi, karenanya harus kembali pada nilai-nilai yang sudah diwarisi pendahulu kita," kata politikus PPP itu.

Sosialisasi empat pilar ini merupakan amanat Undang-Undang tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD. Di dalam satu pasalnya diterakan bahwa MPR memiliki tugas mensosialisasikan konstitusi.


Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hadiri Harlah ke-50 PPP, Erick Thohir Disambut Meriah

Kedatangan Erick Thohir di peringatan harlah ke-50 Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Cilegon, Banten, Sabtu (28/1/2023) disambut hangat.

NEWS | 29 Januari 2023

KebakaranSwalayan di Bekasi, 11 Unit Pemadam Dikerahkan

Sebuah bangunan swalayan di Jalan Sumber Jaya, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, ludes dilahap api, Sabtu malam (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Top 5 News: Penipuan Undangan Digital hingga Mahasiswa UI Ditabrak

Penipuan undangan pernikahan digital di Whatsapp bisa menguras rekening korban menjadi berita terpopuler atau top news di Beritasatu.com, Sabtu (28/1/2023).

NEWS | 29 Januari 2023

Liga Premier Singapura Gunakan Teknologi VAR untuk Pertama Kalinya

Wasit di Liga Premier Singapura (SPL) akan mendapat bantuan ekstra di musim mendatang, dengan teknologi Video Assistant Referee (VAR).

NEWS | 29 Januari 2023

Surat Kewarganeragaan Tidak Sah, Wakil PM Nepal Dicopot dari Jabatan

Hakim di pengadilan tinggi Nepal memutuskan mencopot jabatan wakil PM Nepal Rabi Lamichhana karena memiliki surat kewarganegaraan yang tidak sah.

NEWS | 29 Januari 2023

Gempa Magnitudo 5,1 Guncang Maluku, Tak Berpotensi Tsunami

Gempa bumi dengan magnitudo 5,1 melanda Maluku, Sabtu (28/1/2023) malam pukul 22.47 WIB, menurut BMKG, gempa itu tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

NEWS | 28 Januari 2023

Legislator Minta BPKH Susun Peta Jalan Pola Pembiayaan Haji

Legislator meminta Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk menyusun peta jalan atau roadmap pola pembiayaan haji.

NEWS | 28 Januari 2023

Soal Kemungkinan Biaya Haji Turun, Ini Respons Komnas

Komnas Haji mengatakan bahwa masih ada kemungkinan biaya haji tahun ini turun dari angka yang diusulkan oleh Kementerian Agama.

NEWS | 28 Januari 2023

Panel DPR AS Bakal Pemungutan Suara untuk Blokir Aplikasi TikTok

Sebuah panel DPR AS Komite Urusan Luar Negeri berencana untuk mengadakan pemungutan suara bulan depan yang bertujuan memblokir penggunaan TikTok

NEWS | 29 Januari 2023

Pernikahan Dini Penyumbang Angka Stunting di NTB

Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB)  melakukan pencegahan stunting pada aspek pernikahan dini atau muda.

NEWS | 28 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Akan ke Timur Tengah, Keberangkatan 87 Calon Pekerja Migran Digagalkan

Akan ke Timur Tengah, Keberangkatan 87 Calon Pekerja Migran Digagalkan

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE