Logo BeritaSatu

Gara-Gara Jelangkung, 25 Murid SD Kesurupan Masal

Kamis, 4 September 2014 | 18:46 WIB
Oleh : Fana Suparman / FER

Jakarta - Datang Tak Diundang, Pulang Tak Diantar. Bagi anda yang lahir di era 90-an mungkin tak asing dengan sepenggal kalimat tersebut. 'Mantra' ritual memanggil arwah yang diawali permainan jelangkung ini, sempat dikenal luas setelah Sutradara Jose Poernomo dan Rizal Mantovani mengangkatnya ke layar lebar dengan film 'Jelangkung' pada 2001.

Setelah belasan tahun berlalu, permainan jelangkung ternyata masih dilakukan oleh anak-anak SD di Jakarta Timur. Sebanyak 25 murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) 02 Susukan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur kerasukan masal setelah bermain jelangkung.

Salah satu orangtua murid, Lastri mengaku terkejut dengan kesurupan masal yang dialami puluhan murid di sekolah itu. Lastri yang datang ke sekolah untuk menjemput anaknya melihat sejumlah murid bertingkah aneh dengan berlari, menangis meraung-meraung, berteriak, hingga berguling-guling di tangga.

"Saya datang ke sekolah untuk jemput ada ramai-ramai dikira ada apa. Ternyata pada kesurupan. Ada yang lari-larian, nangis-nangis. Kaget juga," kata Lastri saat ditemui di area sekolah, Kamis (4/8).

Kasirin, Kepala SDN 02 Susukan menuturkan, peristiwa itu bermula saat jam istirahat sekitar pukul 10.00 WIB. Untuk mengisi waktu istirahat, sebagian murid laki-laki dari 37 murid kelas VI bermain jelangkung dengan menggunakan kertas dan uang di dalam ruang kelas.

"Satu kelas ada 37 orang yang kerasukan 25 orang. Murid laki-laki kelas VI main jailangkung sekitar pukul 10.00 WIB," kata Kasirin saat ditemui di kantornya, Kamis (4/9).

Setelah memanggil arwah dan memainkannya, bocah-bocah berusia sekitar 12 tahun ini tak menuntaskan dengan mengembalikan arwah tersebut ke alamnya. Tak lama kemudian salah seorang murid mulai bertingkah aneh yang diikuti oleh murid-murid lainnya. Secara total terdapat 25 murid yang mengalami kesurupan. "Kesurupannya berlangsung sampai sekitar 40 menit," tutur Kasirin.

Mengetahui ada kesurupan masal di dalam area sekolah, para guru segera memanggil seorang pemuka agama setempat. Setelah dibacakan doa, murid-murid yang semula kesurupan dan bertingkah aneh mulai tenang. "Disuruh pergi arwahnya. Setelah dibacakan doa sembuh," katanya.

Khawatir peristiwa serupa akan terulang kembali pihak sekolah pun memulangkan seluruh murid.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022

Pertukaran Tahanan, Bintang Bola Basket Wanita AS Dibebaskan Rusia

Bintang bola basket wanita AS Brittney Griner dibebaskan dari penjara Rusia, dalam sebuah pertukaran tahanan.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

Pilarmas: IHSG di Bawah Tekanan, Saham-saham Ini Bisa Jadi Pilihan

EKONOMI | 1 jam yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE