Logo BeritaSatu

Butterfly Square, Hunian yang Menyerupai Sayap Kupu–kupu

Selasa, 23 September 2014 | 16:51 WIB
Oleh : Pamudji / FER

Weatherhead Arsitektur meresmikan rancangan desain proyek Butterfly Square, di pantai barat Swedia. Pembangunan fisik proyek direncanakan akan di mulai pada 2016.

Lokasi proyek terletak 4 km dari Bastad, dengan model desain menyerupai sayap kupu-kupu terbuka. Desain tersebut menciptakan dua bentuk bangunan berbentuk L, yang terhubung dengan pedestrian bagi pejalan kaki. Sebuah jalan taman dibuat secara diagonal, yang menghubungkan area proyek ke taman terdekat dan terhubung ke stasiun Bastad.

Sebagai pusat kota baru, di lokasi proyek akan berdiri hunian yang terintegrasi dengan ritel dan bangunan komersial lain.

Seperti dikutip dari worldarchitecturenews.com, desain yang digarap oleh Weatherhead Arsitektur ini akan menyediakan berbagai unit perumahan, dengan teras pribadi, unit ritel, dan fasilitas sipil seperti ruang untuk pertunjukan. Ruang parkir juga disediakan, namun akses melalui Butterfly Square hanya diperuntukkan bagi pejalan kaki.

Salah satu sudut taman memberikan beragam bentuk tempat duduk. Sedangkan di pusat lokasi akan menjadi daerah cekung, yag dipakai bertindak sebagai panggung.

Bahan material dari kaca, batu dan kayu digunakan sebagai palet bahan inti untuk memaksimalkan suasana siang hari dan mengoptimalkan koneksi proyek dengan alam. Sementara itu, atap berbentuk L dibangun taman untuk mendorong kedatangan serangga dan burung.

Weatherhead Arsitektur menargetkan penanaman bunga harginsten karena telahsemakin langka di wilayah tersebut. Saat bunga tersebut mekar akan menarik kupu-kupu ginst yang terancam punah. Pembangunan taman diharapkan dapat meningkatkan jumlah bunga dan kupu-kupu. Tim desain percaya bahwa bangunan harus hanya ramah lingkungan

"Mengetahui bahwa kupu-kupu memperoleh energi mereka dari sinar matahari melalui sayap, kami memutuskan untuk meniru dengan memasukkan panel surya di seluruh atap yang ditanami," ujar tim desain.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

2 Jenderal Polri Dimutasi Jadi Widyaiswara, Apa Itu?

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memutasi dua jenderal Polri, yakni Brigjen Pol Rudi Pranoto dan Brigjen Pol Darmawan. Ini pengertian Widyaiswara.

NEWS | 26 September 2022

KPK Sayangkan Kuasa Hukum Ungkap Tambang Emas Lukas Enembe ke Publik

KPK menyayangkan langkah kuasa hukum Gubernur Papua, Lukas Enembe yang hanya mengungkapkan kepemilikan tambang emas kliennya ke publik.  

NEWS | 26 September 2022

Legislator Minta Kemendikbudristek Perbaiki RUU Sisdiknas

Anggota Komisi X DPR, Fahmi Alaydroes meminta Kemendikbudristek memperbaiki RUU Sisdiknas dengan melibatkan semua stakeholder.

NEWS | 26 September 2022

Jenderal Dudung Beri Hormat kepada Jenderal Andika Usai Rapat di Komisi I DPR

Usai rapat dengan Komisi I DPR, Kasad Jenderal Dudung Abdurachman memberikan salam hormat kepada Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

NEWS | 26 September 2022

Penembakan di Sekolah Rusia, 13 Orang Tewas

Pelaku kemudian tewas bunuh diri dan dia diidentifikasi sebagai alumni sekolah tersebut.

NEWS | 26 September 2022

Pelonggaran Mobilitas, Satgas Covid-19: Tetap Wajib Masker

Satgas Covid-19 menyebut penerapan protokol kesehatan seperti memakai masker  atau aturan wajib masker harus tetap diterapkan atau diberlakukan.

NEWS | 26 September 2022

BRIN Merancang Sepeda Motor Listrik Ramah Disabilitas

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) merancang ulang sepeda motor listrik roda tiga agar dapat digunakan kaum disabilitas untuk berjualan keliling.

NEWS | 26 September 2022

Update Covid-19: Kasus Positif Hari Ini Bertambah 1.344

Update Covid-19 pada hari ini, Senin (26/9/2022), kasus positif mengalami kenaikan sebanyak 1.344.  Total kasus konfirmasi positif 6.423.873.

NEWS | 26 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi, Pengirim Paket Berstatus Saksi

Pria di Kabupaten Indramayu pengirim paket yang menjadi sumber ledakan di Asrama Polisi (Aspol), Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, berstatus sebagai saksi.

NEWS | 26 September 2022

Polres Subang Selidiki Terkait Temuan Tengkorak Manusia

Polres Subang masih menyelidiki terkait dengan temuan kerangka dan tengkorak manusia utuh di perkebunan tebu, Desa Gembor, Kecamatan Pagaden.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Sayangkan Kuasa Hukum Ungkap Tambang Emas Lukas Enembe ke Publik

KPK Sayangkan Kuasa Hukum Ungkap Tambang Emas Lukas Enembe ke Publik

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings