Logo BeritaSatu

Ummi Aminah Bukan Wonder Woman

Jumat, 23 Desember 2011 | 15:33 WIB
Oleh : FMB

Sosok Ummi Aminah adalah potret perempuan Indonesia, dengan beragam persoalan rumah tangga dan kehidupan sosial.


Berangkat dari hal itulah, Adelin Adlan dan Aditya Gumay tergerak untuk menulis skenario film bertema drama reliji Islami ini. Kedua penulis itu, berusaha menggambarkan sejumlah masalah yang kerapkali dialami perempuan Indonesia dengan tutur yang cerdas dan menghibur.


Kalau bukan Nani Wijaya yang memerankan tokoh Ummi Aminah, mungkin film berjudul Ummi Aminah tidak akan menjadi film yang dapat menggetarkan hati. Dalam kehidupan nyata, Nani Wijaya pun kerap menghadapi persoalan kehidupan yang membuatnya menjadi lebih kuat dan tegar. Karena itu Nani benar-benar menjiwai perannya tersebut.


Ummi Aminah adalah seroang ustadzah berusia 68 tahun yang memiliki tujuh anak. Dari perkawinan pertamanya yang gagal, ia dikaruniai dua anak, Umar (Gatot Brajamusti dan Aisyah (Yessy Gusman). Dari suami keduanya, Abah (Rasyid Karim), Ummi memiliki lima orang anak, Zarika (Paramitha Rusady), Zainal (Ali Zainal), Zubaidah (Genta Windi), Zidan (Ruben Onsu) dan Ziah (Zee Zee Shahab).


Ketujuh anaknya itu memiliki persoalan kehidupan masing-masing, yang membuat Ummi terlampau berat menanggung beban. Ada yang dituduh sebagai perebut suami orang, ada yang memiliki tingkat perekonomian yang rendah, ada yang terlibat narkoba, ada pula yang memiliki sifat rakus terhadap kekayaan. Sebagai seorang penceramah yang memiliki banyak jamaah, tentu Ummi tidak lagi merasa nyaman memberikan ceramah dengan kondisi tersebut. Konflik internal keluarga, telah menguras pikiran Ummi. Apalagi kabar anak-anak Ummi yang berperilaku negatif telah tersebar ke jamaahnya, sehingga ia pun kerap kali dilarang berceramah.


Meski sering mengajarkan menjadi sosok yang kuat dan tegar kepada para jamaahnya, Ummi pun hanyalah manusia biasa yang memiliki kelemahan hati untuk menghadapi berbagai permasalahan kehidupan. Sosok Ummi yang tegar dan kuat dihadapan jamaahnya, menjadi sandiwara saat ia tengah sendiri.


Kekuatan film ini memang terletak dari skenario yang diterjemahkan baik oleh Nani Wijaya sebagai tokoh utama. Tak lupa, beberapa pemain muda seperti Zee Zee Shahab, Revalina dan Ali Zainal pun memberikan kontribusi yang baik, meskipun kebagian peran yang tak banyak. Sebagai sutradara dan penulis skenario Aditya Gumay merasa puas dengan totalitas akting yang ditunjukkan para pemainnya.


Sebagai sutradara, Aditya Gumay juga merasa optimis film ini dapat diterima masyarakat, ditengah maraknya film bergenre horor dan kisah cinta. "Saya ingin memberikan alternatif tontonan bagi masyarakat," ujar Aditya. Memang, banyak hikmah yang dapat diambil dari film Ummi Aminah tersebut, antara lain manusia tetaplah seorang manusia yang tidak bisa menjadi sosok khayalan seperti Wuperman atau wonder woman. Seorang ustadzah yang memiliki ilmu agama yang tinggi pun, memiliki kelemahan saat didera berbagai cobaan.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022

Patahan Cugenang, Pemicu Gempa Cianjur Belum Pernah Teridentifikasi

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan, selama ini patahan Cugenang, pemicu gempa Cianjur, Jawa Barat, belum teridentifikasi.

NEWS | 9 Desember 2022

Aksi Bom Bunuh Diri Bukan Bagian dari Amalan Jihad

Aksi bom bunuh diri seperti bom Bandung itu, menurut Sekum DDI KH Suaib Tahir, bukan bagian amalan jihad.

NEWS | 9 Desember 2022

Hendra Kurniawan Bantah Menemui Ferdy Sambo pada 13 Juli

Hendra Kurniawan membantah keterangan mantan staf pribadi Ferdy Sambo yang menyebutnya menemui Ferdy Sambo di ruang Kadiv Propam Polri pada 13 Juli 2022.

NEWS | 8 Desember 2022

Eks Napiter Tegaskan Ekonomi Bukan Motif Bom Bunuh Diri

Pujianto alias Raider Bakiyah, mantan narapidana terorisme (napiter) mengatakan ekonomi bukan motif teroris melakukan bom bunuh diri.

NEWS | 8 Desember 2022

Masyarakat Harus Dibekali Kemampuan Deteksi Dini Ancaman Terorisme

Masyarakat harus bersatu memerangi terorisme. Pemerintah harus mulai membekali masyarakat dengan kemampuan mendeteksi dan pencegahan dini.

NEWS | 8 Desember 2022

Pernikahan Kaesang, Erick Thohir: Jokowi Ingin Festival Budaya

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan Presiden Joko Widodo ingin konsep Festival Budaya sehingga dekat dengan rakyat saat menggelar pernikahan Kaesang Pangarep

NEWS | 8 Desember 2022

Ganjar Sebut 97 Perusahaan Relokasi Pabrik ke Jateng

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut, puluhan perusahaan melakukan relokasi pabrik ke berbagai daerah di Jateng.

NEWS | 8 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# UU KUHP


# Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Sukabumi


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tinggalkan Timnas Spanyol, Luis Enrique Ucapkan Terima Kasih dan Minta Maaf

Tinggalkan Timnas Spanyol, Luis Enrique Ucapkan Terima Kasih dan Minta Maaf

SEMESTA BOLA 2022 | kurang dari 1 detik yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE