Logo BeritaSatu
PlazaKamera

"Superstore" Khusus Kalangan Pecinta Fotografi

Jumat, 5 Desember 2014 | 09:31 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta - Tren belanja online yang tengah ramai dikalangan masyarakat, memunculkan pelaku usaha konten lokal yang siap bertarung untuk meraih pangsa pasar. Salah satu dari sekian banyak digital startup baru itu, adalah Plazakamera, sebuah situs e-commerce yang mengincar kalangan pecinta fotografi.

PlazaKamera, sejatinya merupakan e-commerce dengan segmentasi menjual beragam aksesoris fotografi, videografi, dan cinematografi, serta mengkhususkan diri melayani niche market penggemar, dan pekerja di bidang fotografi.

Founder PlazaKamera, Rico Satria Chandra mengatakan, pihaknya mengawali usaha ini pada tahun 2011, di salah satu forum online untuk kalangan penggemar fotografi. Dalam perjalanannya, usaha ini terus berkembang, dan memiliki tingkat pertumbuhan hingga 1100 persen dalam kurun waktu tiga tahun.

"Awalnya, hanya merupakan sebuah toko online untuk perlengkapan dan aksesoris fotografi dan video. Setelah respon konsumen cukup banyak, kami memutuskan untuk membuat layanan e-commerce, yang saat ini sudah ditayangkan dalam versi beta di laman PlazaKamera.co.id," ujar Rico dalam siaran persnya, Jumat (5/12).

Menilik perkembangan usahanya, PlazaKamera bisa dibilang merupakan salah satu penggerak e-commerce di bidang fotografi. Bahkan, toko online khusus bidang fotografi ini, memiliki perkembangan bisnis yang tergolong paling cepat dalam mengakuisisi pangsa pasar (market share), dengan rata-rata transaksi bulanan PlazaKamera mencapai 2500 pengiriman barang.

"Kami percaya, selama memberikan layanan yang handal dan terpercaya, pelanggan pasti akan setia. Terlebih, kalangan penggemar photografi, videografi, dan cinematografi sendiri, terus bertumbuh subur dari waktu ke waktu. Hal ini menjadi peluang yang cukup besar bagi usaha kami," kata Rico, yang didukung oleh Bagus Prakoso, developer muda asal Surabaya sebagai Head IT, dan Rosari Soendjoto sebagai CMO, dalam menjalankan PlazaKamera.

PlazaKamera sendiri, lanjut dia, tidak hanya menjual kamera dan beragam aksesorisnya saja. Sejauh ini, kata Rico, pihaknya telah menjual setidaknya 800.000 item beragam aksesoris dan hanya menghabiskan dana marketing sebesar Rp 70 juta saja selama tiga tahun.

"Rata-rata pertumbuhan bisnis PlazaKamera sendiri mencapai 125 persen. Target kami kedepan adalah menjadi Photo+Video Superstore terbesar di Indonesia," tambahnya.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bercanda Soal KDRT Lesti Kejora, Deddy Corbuzier Dikritik Netizen

Pada konten Somasi, Deddy Corbuzier bersama komedian Uus mengangkat kasus KDRT yang dialami penyanyi Lesti Kejora dengan bercanda.

NEWS | 4 Oktober 2022

Bharada E Siap Dipertemukan dengan Ferdy Sambo di Persidangan

Bharada E siap dipertemukan langsung dengan mantan Kadiv Propam Polri, Ferdy Sambo di persidangan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Puan Maharani Harapkan Hak-hak Perempuan Kian Terjamin

Ketua DPR Puan Maharani berharap semua anggota Komnas HAM periode 2022-2027 dapat melindungi hak-hak rakyat secara maksimal, khususnya hak-hak perempuan.

NEWS | 4 Oktober 2022

Tingkatkan Pasokan Listrik, PLN Gandeng Kejari Kota Bekasi

PLN siap mendukung pertumbuhan industri dan bisnis di Jabodetabek melalui pembangunan SUTET 500 kV Bekasi – Muara Tawar.

NEWS | 4 Oktober 2022

Kasus Garuda, Eks Anggota DPR Chandra Tirta Wijaya Dicegah ke Luar Negeri

Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) mencegah eks anggota DPR Chandra Tirta Wijaya untuk berpergian ke luar negeri.

NEWS | 4 Oktober 2022

KPK Tegaskan Tak Terpengaruh Rumor Politisasi Kasus Formula E

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak terpengaruh soal mencuatnya rumor politisasi dalam mengusut kasus Formula E.

NEWS | 4 Oktober 2022

Dede Yusuf Pertanyakan Aksi Represif Aparat dalam Tragedi Kanjuruhan

Wakil Ketua Komisi X DPR, Dede Yusuf mempertanyakan aksi represif aparat keamanan dalam tragedi Kanjuruhan.

NEWS | 4 Oktober 2022

DPR Setujui 9 Komisioner Komnas HAM Periode 2022-2027

DPR menyetujui sembilan nama komisioner Komnas HAM periode 2022-2027 dalam sidang paripurna yang digelar di gedung DPR, kompleks Parlemen, Jakarta.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pangkogabwilhan II Novyan Samyoga Meninggal Dunia, Ini Sosoknya

Kadispenau Marsekal Pertama Indan Gilang Buldansyah mengatakan, Marsdya Novyan Samyoga meninggal dunia di RSPAD Gatot Subroto Jakarta karena sakit.

NEWS | 4 Oktober 2022

Presiden PKS: Anies Baswedan Mampu Menjadi Simbol Perubahan

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mampu menjadi perubahan untuk Indonesia. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menyambut positif langkah Partai Nasdem.

NEWS | 4 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
PSSI Gelar Jumpa Pers Terkait Tragedi Kanjuruhan

PSSI Gelar Jumpa Pers Terkait Tragedi Kanjuruhan

BOLA | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings