Logo BeritaSatu
PlazaKamera

"Superstore" Khusus Kalangan Pecinta Fotografi

Jumat, 5 Desember 2014 | 09:31 WIB
Oleh : Feriawan Hidayat / FER

Jakarta - Tren belanja online yang tengah ramai dikalangan masyarakat, memunculkan pelaku usaha konten lokal yang siap bertarung untuk meraih pangsa pasar. Salah satu dari sekian banyak digital startup baru itu, adalah Plazakamera, sebuah situs e-commerce yang mengincar kalangan pecinta fotografi.

PlazaKamera, sejatinya merupakan e-commerce dengan segmentasi menjual beragam aksesoris fotografi, videografi, dan cinematografi, serta mengkhususkan diri melayani niche market penggemar, dan pekerja di bidang fotografi.

Founder PlazaKamera, Rico Satria Chandra mengatakan, pihaknya mengawali usaha ini pada tahun 2011, di salah satu forum online untuk kalangan penggemar fotografi. Dalam perjalanannya, usaha ini terus berkembang, dan memiliki tingkat pertumbuhan hingga 1100 persen dalam kurun waktu tiga tahun.

"Awalnya, hanya merupakan sebuah toko online untuk perlengkapan dan aksesoris fotografi dan video. Setelah respon konsumen cukup banyak, kami memutuskan untuk membuat layanan e-commerce, yang saat ini sudah ditayangkan dalam versi beta di laman PlazaKamera.co.id," ujar Rico dalam siaran persnya, Jumat (5/12).

Menilik perkembangan usahanya, PlazaKamera bisa dibilang merupakan salah satu penggerak e-commerce di bidang fotografi. Bahkan, toko online khusus bidang fotografi ini, memiliki perkembangan bisnis yang tergolong paling cepat dalam mengakuisisi pangsa pasar (market share), dengan rata-rata transaksi bulanan PlazaKamera mencapai 2500 pengiriman barang.

"Kami percaya, selama memberikan layanan yang handal dan terpercaya, pelanggan pasti akan setia. Terlebih, kalangan penggemar photografi, videografi, dan cinematografi sendiri, terus bertumbuh subur dari waktu ke waktu. Hal ini menjadi peluang yang cukup besar bagi usaha kami," kata Rico, yang didukung oleh Bagus Prakoso, developer muda asal Surabaya sebagai Head IT, dan Rosari Soendjoto sebagai CMO, dalam menjalankan PlazaKamera.

PlazaKamera sendiri, lanjut dia, tidak hanya menjual kamera dan beragam aksesorisnya saja. Sejauh ini, kata Rico, pihaknya telah menjual setidaknya 800.000 item beragam aksesoris dan hanya menghabiskan dana marketing sebesar Rp 70 juta saja selama tiga tahun.

"Rata-rata pertumbuhan bisnis PlazaKamera sendiri mencapai 125 persen. Target kami kedepan adalah menjadi Photo+Video Superstore terbesar di Indonesia," tambahnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bom Bunuh Diri, IPW: Waspadai Aksi Lone Wolf Jelang Pernikahan Kaesang

Polri diimbau mewaspadai aksi lone wolf usai bom bunuh diri Bandung menjelang tanggal 10 Desember 2022 yaitu hari pernikahan Kaesang Pangarep.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemendikbudristek: Guru Harus Perhatikan Kemampuan Siswa Dibanding Kurikulum

Guru di sejumlah daerah dinilai masih fokus dalam merampungkan target kurikulum dibanding memperhatikan kemampuan siswa.

NEWS | 7 Desember 2022

Pertokoan Sekitar Astana Anyar Bandung Tutup Pasca-Bom Bunuh Diri

Pertokoan di sekitar Jalan Astana Anyar dan Kantor Polsek Astana Anyar Kota Bandung, Jawa Barat, memutuskan untuk menutup toko mereka pasca-bom bunuh diri.

NEWS | 7 Desember 2022

Benny Ali Sebut Ferdy Sambo Sadar Buat Anggota Polisi Menderita

Benny Ali menyebut Ferdy Sambo telah menyadari ulahnya membuat banyak personel kepolisian menderita.

NEWS | 7 Desember 2022

Wajah Richard, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf Tampak Stres Saat Dicecar Benny Ali

Bharada Richard Eliezer Pudihang Lumiu atau Bharada E, Ricky Rizal, dan Kuat Ma'ruf tampak stres saat dicecar oleh Benny Ali.

NEWS | 7 Desember 2022

Densus 88 Antiteror Selidiki Pelaku Bom Bunuh Diri Bandung

Densus 88 menyelidiki pelaku peristiwa ledakan diduga bom bunuh diri di Mapolsek Astana Anyar, Bandung, Jawa Barat, apakah berasal dari jaringan teroris.

NEWS | 7 Desember 2022

Kemenkumham Tepis Kekhawatiran Dubes AS soal Dampak Negatif KUHP Baru

Plt Dirjen PP Kemenkumham, Dhahana Putra menepis kekhawatiran Duta Besar AS untuk Indonesia, Sung Kim soal dampak negatif dalam KUHP baru.

NEWS | 7 Desember 2022

Pembunuhan Brigadir J, Benny Ali: Ferdy Sambo Akui Nge-Prank

Benny Ali menyatakan kalau Ferdy Sambo mengakui bahwa dia telah nge-prank atau mengerjai anak buahnya sendiri pada kasus pembunuhan Brigadir J.

NEWS | 7 Desember 2022

Temui Langsung Ferdy Sambo, Benny Ali: Komandan Tega

Brigjen Benny Ali mengatakan langsung ke Ferdy Sambo bahwa komandannya itu tega mengorbankan para anak buahnya.

NEWS | 7 Desember 2022

Polsek Jatinegara Tingkatkan Pengamanan Usai Ledakan Bom Bandung

Polsek Jatinegara, Jakarta Timur, meningkatkan pengamanan usai ledakan bom Bandung.

NEWS | 7 Desember 2022


TAG POPULER

# Bom Bandung


# Ferdy Sambo


# Gempa Cianjur


# Pernikahan Kaesang


# KKB Tembak Mati


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Bom Bunuh Diri, IPW: Waspadai Aksi Lone Wolf Jelang Pernikahan Kaesang

Bom Bunuh Diri, IPW: Waspadai Aksi Lone Wolf Jelang Pernikahan Kaesang

NEWS | 7 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE