Logo BeritaSatu

Pengelola Apartemen Kalibata City Sebut Kenaikan Iuran Tidak Bisa Dihindari

Senin, 2 Februari 2015 | 21:20 WIB
Oleh : Siprianus Edi Hardum / B1

Jakarta - Pihak Badan Pengelola Sementara (BPS) Apartemen Kalibata City (AKC) Residences dan Regency menyatakan, kenaikan Iuran Pengelolaan Lingkungan (IPL) tidak bisa dihindari untuk mengatasi biaya operasional yang makin meningkat. Saat ini hampir seluruh pengelola apartemen yang ada di Indonesia melakukan penyesuaian tarif akibat alasan tersebut di atas.

“Tidak terkecuali dengan pengelola Apartemen Kalibata City,” kata General Manager Apartemen Kalibata City (AKC) Evans Wallad kepada wartawan di Jakarta, Senin (2/2).

Ia mengatakan, pihak Badan Pengelola Sementara (BPS) AKC Residences dan Regency melakukan penyesuaian besaran IPL rata-rata Rp 2.000 per meter persegi (m2) per bulan. Kenaikan IPL tersebut didasarkan atas berbagai pertimbangan seperti fluktuasi harga Bahan Bakar Minyak (BBM), naiknya Upah Minimum Provinsi (UMP) DKI Jakarta, kebijakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menaikkan lebih dari empat kali tarif asuransi gedung dari tarif sebelumnya, kesulitan air bersih yang mengharuskan pengelola membeli air dari pihak luar dengan harga yang cukup tinggi jauh di atas harga tarif PAM, dan keberadaan nilai sinking fund (dana cadangan) yang terus terpelihara, serta berbagai pertimbangan lainnya.

Menurut Evans, AKC Residences dan Regency memberlakukan penyesuaian IPL dari tarif lama Rp 6.885/m2/bulan dengan tarif baru menjadi Rp 8.885/m2/bulan. Sedangkan untuk sinking fund tarifnya tetap dipertahankan Rp 500 per m2 per bulan.

Dengan penyesuaian tarif baru tersebut maka total pembayaran IPL untuk Residences dan Regency AKC senilai Rp 9.385/m2/bulan. Sementara AKC Green Palace IPL tarif lama Rp 9.000 dengan tarif baru Rp 11.000, sinking fund Rp 1.000 tetap Rp 1000 total Rp 12.000.

Menurut Evans, hingga tanggal 2 Februari 2015 dari 13.519 pemilik sudah 9.846 yang telah melakukan pembayaran IPL tarif baru. Dengan demikian dia berkeyakinan langkah penyesuaian yang dilakukan pihak pengelola dengan berbagai alasannya bisa diterima para pemilik unit apartemen.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi menyatakan, kasus polio di Aceh menjadi pelajaran semua pihak bahwa vaksinasi merupaya upaya pencegahan penyakit menular.

NEWS | 3 Desember 2022

Siapkan SDM Unggul, Jokowi Minta Guru Perhatikan 3 Hal Ini

Dalam sambutan di HUT ke-77 PGRI dan Hari Guru Nasional (HGN) 2022, Presiden Jokowi meminta para guru memperhatikan tiga hal dalam menyiapkan SDM unggul. 

NEWS | 3 Desember 2022

Lukisan Karya Anak Disabilitas di Bus Transjakarta Buat Orang Tua Bangga

Guru dan para orang tua bangga karena anak-anak disabilitas sudah tuntas melukis di badan bus Transjakarta pada Hari Disabilitas Internasional.

NEWS | 3 Desember 2022

Polda Sulsel Klarifikasi Video Viral Polisi Bongkar Kebobrokan Polri

Polda Sulawesi Selatan (Sulsel) mengklarifikasi video viral soal pengakuan seorang polisi Tana Toraja, Aipda Aksan yang membongkar kebobrokan institusi Polri.

NEWS | 3 Desember 2022

Jumlah Pengungsi Gempa Cianjur Terus Berkurang

Dua pekan setelah gempa Cianjur pada 21 November lalu jumlah pengungsi yang tinggal di tenda-tenda pengungsian terus berkurang.

NEWS | 3 Desember 2022

IDI: Kasus Polio di Aceh Jadi Pelajaran Pentingnya Vaksinasi

Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi mengatakan kasus polio di Aceh menjadi pelajaran penting bagi pemerintah dan masyarakat akan pentingnya vaksinasi.

NEWS | 3 Desember 2022

Bantu Korban Gempa Cianjur, Pemprov NTB Kirim 2 Truk Makanan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah melepas pengiriman dua truk bantuan berupa makan siap saji untuk para korban gempa Cianjur. 

NEWS | 3 Desember 2022

KPU Pastikan Anggaran Pemilu Akan Dilaporkan Tiap Triwulan

Komisi Pemilihan Umum (KPU) memastikan anggaran Pemilu 2022 akan dipertanggungjawabkan secara transparan dalam laporan keuangan triwulan.

NEWS | 3 Desember 2022

Subang Akan Menjadi Kawasan Industri

Pulo Gadung dinilai sudah tidak layak untuk lahan industri dan Subang dengan Bandara Kertajati serta dilalui Kereta Cepat Bandung bisa menjadi alternatif. 

EKONOMI | 2 Desember 2022

IDI: Dunia Akui Pemulihan Kesehatan Pasca-Covid-19 di Indonesia

Ketua Umum PB IDI, Adib Khumaidi menyebut dunia mengakui langkah-langkah pemulihan kesehatan yang dilakukan Indonesia pascapandemi Covid-19.

NEWS | 3 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

Ketua Umum IDI: Vaksinasi Upaya Pencegahan Penyakit Menular

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE