Logo BeritaSatu

Keselamatan Siswa Jadi Perhatian Serius Mendikbud

Jumat, 13 Maret 2015 | 13:40 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / FAB

Jakarta - Keselamatan saat siswa berangkat ke sekolah adalah faktor penting untuk diperhatikan. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (mendikbud), Anies Baswedan mengatakan akan memperhatikan secara secara serius dan melibatkan peran negara untuk hadir dan turut menghilangkan risiko keselamatan anak-anak.

Anies mengatakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kempupera) mengundang masyarakat untuk melaporkan lintasan yang berisiko terhadap keselamatan siswa dan lintasan yang sudah membuat siswa kecelakaan melalui website ( laman) secara detail.

“Kita akan membuat website tanggap lintasan berisiko bagi siswa,” katanya saat konferensi pers, di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (13/3).

Anies menyebutkan, melalui laman yang beralamat di sahabat.kemdikbud.go.id ini masyarakat dapat melaporkan lokasi lintasan yang berisiko bagi siswa, disertai foto dan deskripsi. Pihaknya bersama dengan Kempupera akan melakukan verifikasi dan menyiapkan proses pembangunan.

“Nawacita pertama Jokowi - JK adalah negara hadir dan negara melindungi setiap warga negara, termasuk melindungi para siswa,” ujarnya.

Mendikbud mengatakan, lintasan yang berisiko bagi siswa terdapat di seluruh pelosok Indonesia dan mayoritas dilintasi siswa sekolah dasar.

Anies menyarankan agar orang tua turut menjaga keselamatan anak-anaknya ke sekolah. "Jika keselamatannya terganggu, maka masa depan cerah itu tinggal mimpi, karena kecelakaan," ujarnya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ferdy Sambo Bantah Keterangan Eliezer soal Perempuan Menangis

Ferdy Sambo membantah keterangan Richard Eliezer atau Bharada E soal sosok perempuan menangis saat Sambo bertengkar dengan Putri Candrawathi. 

NEWS | 6 Desember 2022

DPR Minta Masyarakat Gugat UU KUHP ke MK jika Tak Setuju

Ketua Komisi III DPR, Bambang Wuryanto mempersilakan masyarakat menggugat UU KUHP ke MK jika tidak setuju dengan UU yang baru disahkan tersebut.

NEWS | 6 Desember 2022

KLHK: Not for Sale, Lelang Pulau Widi Sudah Dibatalkan!

Wamen LHK Alue Dohong mengatakan rencana pelelangan Kepulauan Widi di Provinsi Maluku Utara telah dibatalkan oleh pemerintah

NEWS | 6 Desember 2022

Prabowo Hanya Tertawa Saat Ditanya Elektabilitasnya Stagnan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya tertawa saat ditanya mengenai elektabilitasnya di beberapa lembaga survei stagnan. 

NEWS | 6 Desember 2022

Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

Musim hujan dan cuaca yang lembab membuat jutaan hewan mirip laron yang lazim disebut klaper berkumpul di atas Jembatan Ngrame.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Landa Jember, Dirasakan di Bali dan Yogyakarta

Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). Gempa itu juga dirasakan di Bali dan Yogyakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Guncang Jember

BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

NEWS | 6 Desember 2022

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

Jelang Pernikahannya, Kaesang Ungkap Pesan Jokowi dan Iriana

LIFESTYLE | 3 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE