Logo BeritaSatu

Kementerian PU Rancang Infrastruktur "Smart City"

Jumat, 27 Maret 2015 | 05:59 WIB
Oleh : B1

Denpasar - Kementerian Pekerjaan Umum bersama Pemerintah Kota Denpasar merancang sebuah pembangunan infrastruktur jalan dan trotoar untuk mewujudkan "smart city" yang berwawasan budaya dan kreatif.

Perwakilan Kementerian PU AAN Budi Arnaya saat bertatap muka dengan Wali Kota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra di Denpasar, mengatakan, perencanaan trotoarisasi itu sebenarnya sudah dimulai sejak 2012 dan akan dilanjutkan tahun 2015 dengan pelebaran trotoar minimal 1,5 meter.

Advertisement

"Nantinya penerapan proyek tersebut rencananya dimulai dari kawasan Renon, karena kawasan itu strategis, dimana banyak perkantoran yang berdekatan," ujarnya, Kamis (26/3).

Dia mengatakan, perencanaan pembuatan trotoar yang multi fungsi ini nantinya bisa digunakan sebagai tempat "jogging" dan bersepeda sesuai dengan konsep yang akan diterapkan yakni menghubungkan trotoar multi fungsi dari satu kantor ke kantor yang lainnya.

Dengan demikian, lanjutnya, para pegawai di kantor itu sangat dimudahkan untuk pergi ke kantor lainnya tanpa menggunakan kendaraan bermotor, melainkan dengan bersepeda dan berjalan kaki.

"Diharapkan ke depan Kota Denpasar bisa dijadikan percontohan dalam program Smart City yang berwawasan budaya," katanya.

Sementara itu, IB Rai Dharmawijaya Mantra sangat mendukung dan ingin sekali menerapkan program trotoar multi fungsi ini di Kota Denpasar, seperti halnya di Kota Barcelona.

"Saya melihat di sana seluruh trotoar di kota itu bisa digunakan sebagai tempat jogging dan bersepeda oleh masyarakatnya dan tersusun rapi, jadi orang tidak perlu pergi ke lapangan jika ingin berolahraga cukup ditrotoar itu, itu pun bisa dilakukan setiap hari," ujar Rai Mantra didampingi Asisten Administrasi Pembangunan Setda Kota Denpasar Nyoman Ngurah Jimmy Sidharta.

Ia mengatakan, pembangunan trotoar multi fungsi ini juga harus dipersiapkan secara matang agar mereka tahu fungsi dan manfaat dari trotoar multi fungsi itu.

Misalnya dengan mengisi jarak tempuh dari trotoar satu ke tempat berikutnya bisa membakar berapa kalori. Dan itu akan menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat yang ingin berolahraga.

"Ya mudah-mudahan pembangunan trotoar multi fungsi ini bisa cepat terealisasikan, karena efek ke depannya akan menjadi sangat baik untuk infrastuktur pembangunan Kota Denpasar yang lebih baik," katanya.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Antara

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Malang, Buaya Sepanjang 2,5 Meter Ditangkap karena Dianggap Meresahkan Warga

Seekor buaya malang ditangkap dan diikat karena warga Sumatera Barat merasa terancam dan resah dengan keberadaan buaya itu.

NEWS | 29 Januari 2023

Ratusan Warga Pinggiran Kota Sidoarjo Antre Vaksin Booster Kedua

Ratusan warga di pinggiran Kota Sidoarjo, Jawa Timur, mulai menyerbu gerai vaksin keliling untuk mendapatkan vaksin booster kedua.

NEWS | 29 Januari 2023

Sopir Audi Tersangka Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur Masih Diperiksa, Bakal Ditahan?

Polres Cianjur masih memeriksa Sugeng Guruh (SG), tersangka kasus tabrak lari mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini. 

NEWS | 29 Januari 2023

Penyandang Disabilitas Menjadi Pengrajin Kaki Palsu

Ahmad Syahroni, penyandang disabilitas warga Desa Pagadungan, Pandeglang, Banten ini sudah menjadi pengrajin kaki palsu sejak 2005.

NEWS | 29 Januari 2023

2 Truk TNI AL Terlibat Kecelakaan dengan Minibus di Puncak Bogor

Kecelakaan yang melibatkan dua truk TNI AL dan sebuah minibus terjadi di Jalan Raya Puncak Bogor, Jawa Barat Minggu (29/1/2023) pagi. 

NEWS | 29 Januari 2023

Minggu Sore, Jalur Puncak Bogor Berlaku Satu Arah Menuju Jakarta

Aparat Satlantas Polres Bogor memberlakukan kebijakan sistem satu arah atau one way dari kawasan Puncak menuju Jakarta Minggu (29/01/2023) sore ini. 

NEWS | 29 Januari 2023

Kaesang Ingin Terjun ke Politik, Jokowi: Saya Beri Kebebasan

Jokowi menyebutkan dirinya tidak ikut campur dan memberi kebebasan kepada anak-anaknya, termasuk Kaesang yang ingin terjun ke dunia politik. 

NEWS | 29 Januari 2023

Malaysia Cetak 1 Juta Al-Qur'an Respons Aksi Pembakaran di Swedia

Malaysia siap mencetak dan mengedarkan 1 juta Al-Qur'an ke seluruh dunia sebagai respons aksi pembakaran yang dilakukan di Swedia.

NEWS | 29 Januari 2023

Polisi Cabut Status DPO Sopir Audi Tersangka Kasus Tabrak Lari Mahasiswi Cianjur

Polisi mencabut status DPO Sugeng Guruh atau SG, sopir mobil Audi A6 yang menjadi tersangka dalam kasus tabrak lari mahasiswi Cianjur, Selvi Amalia Nuraini.

NEWS | 29 Januari 2023

PDUI Minta Masyarakat Bijak Pilih Kemasan Pangan

PDUI meminta masyarakat agar lebih bijak memilih kemasan pangan yang aman untuk menghindari bahaya keracunan EG dan DEG.

NEWS | 29 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Tamara Bleszynski Tegaskan Ryszard Bleszynski Bukan Saudara Kandungnya

Tamara Bleszynski Tegaskan Ryszard Bleszynski Bukan Saudara Kandungnya

LIFESTYLE | 8 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE