Logo BeritaSatu

Pendidikan Berkualitas Jadi Komitmen Utama Pemerintah

Senin, 25 Mei 2015 | 05:31 WIB
Oleh : FER

London - Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendukung pendidikan berkualitas yang merata dan pembelajaran seumur hidup (ensure equitable quality education and lifelong learning), dalam penyusunan Agenda Pendidikan Global menyongsong tahun 2030.

Hal tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, Anies Baswedan, di hadapan Direktur Jenderal UNESCO Irina Bokova, kepada sekitar 1500 peserta World Education Forum 2015 (WEF 2015) di Incheon, Repubulik Korea.

Advertisement

Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap Indonesia untuk UNESCO, T. A. Fauzi Soelaiman menyebutkan, World Education Forum merupakan forum yang diselenggarakan UNESCO bekerja sama dengan badan PBB lainnya terkait dengan masalah pendidikan, antara lain yaitu UNICEF, UNDP, UN Women, UNFPA, UNHCR, dan Bank Dunia.

Dalam acara World Education Forum 2015 di Incheon, Korea, Mendikbud mengatakan semangat, arah dan fokus agenda pendidikan global dianggap sejalan dengan salah satu cita-cita Indonesia sebagaimana tercantum Pembukaan UUD 1945 yaitu "mencerdaskan kehidupan bangsa."

Forum bertujuan untuk mencari posisi bersama di antara negara-negara anggota PBB dalam rangka penyusunan Sustainable Development Goals (SDGs), yaitu Agenda Pembangunan Global menyongsong tahun 2030, yang salah satu targetnya termasuk bidang pendidikan. WEF 2015 dihadiri lebih dari 150 negara dengan lebih dari 130 pejabat tinggi setingkat Menteri.

Indonesia terpilih sebagai salah satu dari dua puluh satu negara yang dapat menyampaikan national statement terkait rencana Indonesia dalam menyusun agenda pendidikan nasional.

Secara khusus, pihak UNESCO mengundang Mendikbud menjadi panelis dalam diskusi paralel bertema "Operationalizing Lifelong Learning" untuk menjelaskan apa yang telah dan akan Indonesia lakukan dalam melaksanakan program pembelajaran seumur hidup.

Di sela-sela kegiatan World Education Forum, Mendikbud mengadakan pertemuan bilateral dengan pihak International Bureau of Education (IBE), World Bank, dan OECD, untuk membicarakan isu-isu pendidikan.

Dalam Forum ini delegasi Indonesia dipimpin Mendikbud, Anies Baswedan dengan anggota delegasi, antara lain, Kepala Biro PKLN Kemdikbud, Ananto Kusuma Seta; Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal Kemdikbud, Ella Yulaelawati.

Selain itu Kepala Pusat Penilaian Pendidikan Kemdikbud, Nizam; Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Arief Rachman; Duta Besar/Wakil Delegasi Tetap Indonesia untuk UNESCO, T. A. Fauzi Soelaiman.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Antara

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Kabinet: PPP Sebut Mardiono Sudah Dipanggil Jokowi

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan bahwa Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono sudah dipanggil Presiden Joko Widodo terkait isu reshuffle kabinet.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Dipandang Tak Terlalu Berpengaruh Terhadap Konstelasi Politik

Langkah reshuffle atau perombakan kabinet tidak akan terlalu mempengaruhi konstelasi perpolitikan di Tanah Air.

NEWS | 30 Januari 2023

Pria Tukang Parkir Bantah Sekap Istri dan 5 Anak di Dalam Rumah

Seorang pria yang berprofesi sebagai tukang parkir membantah telah menyekap istri dan 5 anaknya di dalam sebuah rumah di Lampung.

NEWS | 29 Januari 2023

Heru Budi: Imlek 2023 Jadi Momentum Kebangkitan Ibu Kota

Heru Budi menyebut Tahun baru Imlek 2023 menjadi momentum bagi DKI Jakarta untuk kembali bangkit dari keterpurukan setelah diterpa badai pandemi Covid-19.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juara Australia Open, Djokovic Masih Lapar Gelar Grand Slam

Juara Australia Open, Djokovic Masih Lapar Gelar Grand Slam

SPORT | 13 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE