Logo BeritaSatu

Bangun Transmigrasi Berbasis Kawasan, Marwan Jafar Tandatangani MoU dengan 25 Pemda

Selasa, 22 September 2015 | 15:38 WIB
Oleh : Lenny Tristia Tambun / ED

Jakarta - Untuk mengurangi kesenjangan antarwilayah dan mempercepat pemerataan pembangunan di seluruh daerah Indonesia, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) dan Transmigrasi membangun program Transmigrasi Berbasis Kawasan.

Dalam upaya mewujudkan program tersebut, Menteri Desa, Marwan Jafar melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepakatan sebanyak 69 naskah antara 10 Pemerintah Provinsi (Pemprov) daerah asal dan 15 Pemprov daerah tujuan.

Sepuluh pemprov daerah asal yang dimaksud adalah Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Sementara, 15 Pemprov daerah tujuan adalah DI Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Maluku, dan Maluku Utara.

Penandatanganan 60 MoU tersebut dilakukan di kantor Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi di Jalan TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (22/9). Dalam acara tersebut Pemprov DKI Jakarta diwakili Wakil Gubernur Djarot Saiful Hidayat.

Marwan mengatakan, pembangunan transmigrasi merupakan salah satu mata rantai kegiatan multisektor dan multidaerah yang berada di ruang yang sama, yaitu kawasan transmigrasi. Sehingga memerlukan satu titik temu, antara pengelolaan sumber daya modal, sumber daya manusia, dan sumber daya alam dalam ruang yang sama.

“Proses pengintegrasian ini yang menjadikan program transmigrasi unit dan menarik. Karena itu, penyelenggaraan transmigrasi perlu didukung oleh seluruh Pemprov atau kabupaten dan kota,” kata Marwan di Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (22/9).

Kawasan Pemukiman Transmigrasi yang dibangun terdiri atas beberapa Satuan Kawasan Permukiman (SKP) dijadikan sebagai sistem produksi pertanian khususnya dan sumber daya alam umumnya. Keduanya memiliki keterkaitan fungsional dan hierarki keruangan satu sama lain untuk mewujudkan Pusat Pertumbuhan Baru dalam suatu kesatuan sistem pengembangan ekonomi wilayah.

“Pertumbuhan ini akan mengakselerasi pengembangan ekonomi lokal dan daerah dalam pembentukan pusat pertumbuhan baru. Pada gilirannya Pusat Pertumbuhan Baru yang merupakan Kawasan Perkotaan Baru (KPB) tersebut diharapkan mendukung pusat kegiatan strategis nasional,” imbuhnya.

Sementara itu, Dirjen Penyiapan Kawasan dan Pembangunan Pemukiman Transmigrasi (PKP2T) Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi, Ratna Dewi Andriyati, menegaskan dengan perjanjian kesepakatan kerjasama antar daerah (KASAD) diharapkan peran serta pemerintah daerah ke depan semakin meningkat mulai dari perencanaan, pelaksanaan program dan penganggaran yang didukung APBD.

“Draf Akhir dari Naskah Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerjasama Antar Daerah yang akan ditandatangani para Gubernur dan Bupati/Walikota telah disusun dan dibahas bersama oleh daerah asal dan daerah tujuan dengan difasilitasi Kementerian Desa, PDT dan Transmigrasi,” ungkapnya.

Selain 60 MoU yang ditandatangani, dalam acara itu juga dilaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Menteri Desa, Gubernur Kepulauan Riau, dan Bupati Natuna, dalam rangka membangun perbatasan Negara di Kabupaten Natuna.

Serta penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama Antar Pemerintah Kabupaten/Kota sebanyak tiga naskah. Disamping itu akan dilaksannakannya Penandatanganan Perjanjian Kerjasama sebanyak tiga naskah khusus mengenai sharing dana APBD oleh Pemprov Jawa Timur, Pemprov Jawa Tengah, dan Pemda DI Yogyakarta masing-masing dengan Pemda Kabupaten Bulungan, untuk membuat RTJK dan pengadaan Sarana Air Bersih (SAB).

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Ketua Umum GM FKPPI Shandy Mandela Simanjuntak komitmennya membawa organisasi tersebut mewujudkan Indonesia Emas 2045.

NEWS | 27 September 2022

Cegah Korupsi di MA, Firli Bahuri Sarankan Rotasi Pegawai

Ketua KPK, Firli Bahuri menyarankan sejumlah hal untuk memperbaiki sistem di MA agar kasus korupsi yang menjerat Hakim Agung Sudrajad Dimyati tidak terulang.

NEWS | 27 September 2022

Seluruh Logistik Penunjang KTT G-20 Selesai Akhir Oktober

Pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah KTT G-20 memastikan segala kebutuhan sarana pendukung dan logistik keperluan konferensi akan terpenuhi.

NEWS | 27 September 2022

Demokrat Harap Koalisi dengan Nasdem dan PKS Segera Terwujud

Politikus Partai Demokrat Didik Mukrianto berharap koalisi dengan Nasdem dan PKS segera terwujud untuk menghadapi Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022

BPET MUI: Ciptakan Kesantunan Bermedsos dengan Penguatan Akhlak

BPET MUI Muhammad Syauqillah memandang perlunya menciptakan kesantunan bermedsos dengan penguatan akhlak dan nilai-nilai Pancasila.

NEWS | 27 September 2022

Otsuka Blue Planet Bantu Pemerintah Kurangi Sampah Plastik

PT Amerta Indah Otsuka meluncurkan program Otsuka Blue Planet sebagai komitmen perseroan dalam mendukung upaya pemerintah mengurangi sampah plastik.

NEWS | 27 September 2022

PLN Batalkan Program Kompor Listrik

PLN membatalkan program pengalihan kompor LPG 3 kg ke kompor listrik. Langkah ini untuk menjaga kenyamanan masyarakat dalam pemulihan ekonomi.

NEWS | 27 September 2022

Isu Jokowi Jadi Cawapres Subianto Prabowo, Ini Respons PDIP

Ketua DPP PDIP Said Abdullah menilai Presiden Jokowi bakal tidak mau maju lagi di Pilpres 2024 dengan menjadi cawapres Prabowo Subianto di Pilpres 2024.

NEWS | 27 September 2022

Tepis Rumor Tentang Dirinya, Xi Jinping Muncul di TV Pemerintah

Xi Jinping muncul kembali di televisi pemerintah pada Selasa (27/9/2022), setelah beberapa hari absen dari publik yang telah memicu rumor.

NEWS | 27 September 2022

PPP DKI Usulkan Anies Capres 2024, Achmad Baidowi Sebut Tidak Istimewa

Ketua DPP Achmad Baidowi atau Awiek menegaskan usulan PPP DKI Jakarta soal Anies Baswedan menjadi capres di Pilpres 2024 merupakan hal biasa.

NEWS | 27 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Surplus APBN


# Kompor Listrik


# AKBP Arif Rachman


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

Shandy Mandela Pastikan GM FKPPI Siap Wujudkan Indonesia Emas 2045

NEWS | 11 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings