Logo BeritaSatu

Atasi Kemiskinan, Kemdikbud Akan Perbanyak SMK

Rabu, 23 September 2015 | 23:59 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / PCN

Jakarta- Direktur Jenderal Pendidikan Dasar Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Dirjen Dikdasmen Kemdikbud) Hamid Muhammad mengatakan, pemerintah ke depannya akan memperbanyak, serta memprioritaskan dan meningkatkan sekolah menengah kejuruan (SMK) daripada Sekolah Menengah Atas (SMA). Tujuannya untuk dapat membantu mengurangi angka pengangguran. Sebab saat ini banyak penggangguran berasal dari lulusan SMA yang tidak memiliki kecakapan dan keahlian.

Hamid menerangkan, untuk mengurangi angka pengangguran yang rata-rata lulusan SMA, Pemerintah tidak sekadar meningkatkan jumlah SMK tetapi lebih pada mutu dan kualitas sehingga siswa lulusan SMK dapat berkerja sesuai keahlian dan dapat bersaing.

Advertisement

Hamid menyebutkan, rasio SMK dan SMA yang ditargetkan pemerintah adalah 60 : 40 persen. Namun, untuk pilihan melanjutkan pendidikan di SMK, Pemerintah sepenuhnya kembali menyerahkan kepada orangtua akan disekolahkan di mana putra- putrinya.

"Pemerintah akan tetap merencanakan jumlah SMK yang bermutu baik. Namun, keputusan untuk memilih melanjutkan pendidikan tergantung orangtuanya," kata Hamid, di Jakarta, Rabu (23/9).

Hamid menerangkan, tren membangun SMK lebih banyak dari SMA didorong oleh faktor ekonomi masyarakat pada umumnya. Maka bagi keluarga yang ekonominya kurang mampu, Pemerintah menyediakan SMK sehingga anaknya dapat didik dan dapat bekerja tanpa harus melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi.

Hamid menegaskan, orangtua harus tahu kemampuan finansial. Apakah anaknya akan meneruskan pendidikan ke jenjang perguruang tinggi atau hanya sebatas menengah atas. "Jika anak tidak meneruskan pendidikan ke PT maka orangtua harus mendorong anak untuk melanjutkan pendidikan di SMK," ujarnya.

Hamid mencontohkan, wilayah seperti Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), pemerintah menargetkan rasio SMK dan SMA,70: 30 persen. Hal ini dilatarbelakangi oleh minat kerja di NTT selepas lulus pendidikan menegah lebih tinggi jika dibandingkan dengan animo melanjutkan ke perguruan tinggi. Sementara, untuk wilayah Aceh, Pemerintah lebih banyak membangun SMA, karena didukung oleh animo untuk melanjutkan pada perguruan tinggi (PT) sangat tinggi.

Hamid menjelaskan, proporsi pendirian dan peningkatan SMK yang sedang dicanangkan Pemerintah di setiap wilayah akan berbeda. Pemerintah akan memfasilitasi sesuai dengan kebutuhan sehingga tidak semua wilayah menjalankan program rasio SMK lebih tinggi dari SMA. Semua kembali pada animo dan ekonomi masyarakat setempat.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polres Bandara Ngurah Rai Tahan Pramuantar yang Curi Uang Wisatawan

Polres Bandara Gusti Ngurah Rai menahan seorang pramuantar sebuah maskapai penerbangan karena mencuri uang dalam bagasi penumpang wisatawan.

NEWS | 5 Februari 2023

Perawat Gunting Jari Bayi di RS Palembang, Polisi Lakukan Penyelidikan

Kasus seorang perawat yang diduga menggunting jari kelingking bayi yang sedang dirawat di Rumah Sakit Muhammadiyah Palembang diselidiki kepolisian.

NEWS | 4 Februari 2023

Bupati Minta Kasus Penembakan Balon DPD RI Diungkap Tuntas

Bupati Kaur Lismidianto meminta aparat kepolisian mengungkap tuntas kasus penembakan terhadap adiknya Rahiman Dani.

NEWS | 4 Februari 2023

Jaga Lingkungan, Ganjar Adaptasi Go Green di Perencanaan Pembangunan 2023

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengadaptasi konsep go green dalam perencanaan pembangunan Jateng tahun 2023.

NEWS | 5 Februari 2023

Ganjar Pranowo Akan Kembali Naikkan Nominal Bantuan KJS

Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berencana menaikkan nominal bantuan KJS di provinsinya.

NEWS | 4 Februari 2023

Rusia-Ukraina Lakukan Pertukaran Puluhan Prajurit Tahanan

Puluhan tawanan perang Rusia dan Ukraina telah kembali ke Tanah Air mereka setelah pertukaran tahanan, kata pejabat di kedua belah pihak, Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Diabetes Anak Naik 70 Kali Lipat, IDAI: Faskes Masih Kurang

Menurut dr Faizi, ketidakseimbangan fasilitas kesehatan (faskes) untuk menangani masalah diabetes anak, perlu menjadi perhatian utama pemerintah.

NEWS | 4 Februari 2023

Doa dan Harapan Orang Tua Brigadir J Jelang Vonis Ferdy Sambo

Orang tua Brigadir J atau Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat pun melantunkan doa dan harapan menjelang vonis Ferdy Sambo.

NEWS | 4 Februari 2023

Erick Thohir Minta Singkawang Bangun 5 Destinasi Wisata

Erick Thohir memotivasi pemerintah daerah dan tokoh masyarakat setempat Singkawang guna membangun destinasi lainnya agar menjadi pusat wisata.

NEWS | 5 Februari 2023

Aktivitas Gunung Bromo Meningkat

Aktivitas Gunung Bromo, Jawa Timur, meningkat. Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut.

NEWS | 4 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

KKP Hentikan Dua Proyek Reklamasi di Kepri

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE