Logo BeritaSatu

Cerita Filosofi 7 Lembar Batik di Upacara Mitoni

Jumat, 2 Oktober 2015 | 09:40 WIB
Oleh : Kharina Triananda / MUT

Jakarta - Dalam tradisi Jawa, saat calon ibu menginjak usia kehamilan tujuh bulan, maka akan digelar acara tujuh bulanan. Salah satu hal yang dilakukan dalam upacara yang diebut Mitoni itu, calon ibu harus mencoba tujuh kebaya dan tujuh kain batik.

Batik yang digunakan juga bukan sembarang batik. Tiap kain batik memiliki nilai filosofi tinggi yang juga sebagai untaian dan dan pengharapan pada Maha Kuasa, agar menjadikan bayi yang dilahirkan memiliki kepribadian yang baik.

Proses penggantian batik sebanyak 7 kali ini cukup seru, karena melibatkan seluruh tamu yang datang. Pada pergantian kebaya dan batik pertama hingga keenam, para keluarga dan kerabat yang hadir harus mengatakan tidak cocok. Hingga akhirnya saat mencoba kebaya dan kain batik ketujuh, semua orang bilang cocok.

"Pada percobaan pertama ia akan mengenakan kain batik bermotif Wahyu Tumurun, ini memiliki tujuan agar si jabang bayi nantinya memiliki kedudukan yang baik," ujar pendiri Griya Peni dan penggagas komunitas Mbatik Yuuuk, Indra Tjahjani, kepada Beritasatu.com di Jakarta.

Kemudian, pada percobaan kedua sang calon ibu akan mengenakan kain batik motif Cakar yang bertujuan agar sang anak nantinya pintar dalam hal mencari uang. Ketiga, sang ibu akan mengenakan motif Udan Liris yang berarti tangguh.

"Untuk kain yang keempat adalah motif Ksatrian yang bertujuan agar anak memiliki sifat ksatria. Kelima adalah motif Sidomukti agar anak diharapkan hidupnya terhormat dan semuanya serba baik. Keenam adalah motif Babon Angrem yang melambangkan seekor ayam betina (babon) sedang mengerami (angrem) telurnya, hal itu melambangkan kasih sayang ibu kepada anaknya," kata Indra.

Lalu yang terakhir si calon ibu akan mengenakan kain batik Lurik Lasem yang motifnya paling sederhana. Hal ini memiliki filosofi bahwa manusia hidup harus sederhana. Ada juga filosofi lain yaitu terdapat dua garis di dalam batik Lurik Lasem, yakni garis vertikal menandakan hubungan kita dengan Tuhan dan garis horizontal menandakan hubungan kita dengan sesama manusia.

Batik bagi masyarakat Jawa memang bukan hanya sekedar sandang. Tapi juga menjadi pengingat akan Tuhan dan kehidupan. Bayi sejak lahir dibalut kain batik. Bahkan hingga meninggal dunia, kain batik juga tetap digunakan untuk menutup jasad.

---

Apa definisi #CintaBatik menurut Anda? Kirim foto/artikel/video Anda di Saksimata Beritasatu.com

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Bocoran Pertanyaan di Fit and Proper Test Calon Panglima TNI Yudo Margono

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono mengatakan akan menggali sejumlah persoalan kepada Laksamana Yudo Margono saat fit and proper test calon panglima TNI. 

NEWS | 2 Desember 2022

Transformasi Pembelajaran melalui Sekolah Responsif Gender

Program kolaboratif, kemitraan antara Pemerintah Indonesia dan Australia di bidang pendidikan bersama dengan UMSIDA (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). 

NEWS | 2 Desember 2022

Disiplin Prajurit Jadi Materi Fit and Proper Test Calon Panglima TNI

Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan akan mendalami soal disiplin prajurit TNI saat fit and proper test calon panglima TNI Laksamana Yudo Margono.

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Segera Tetapkan Tersangka Kasus Mafia Tanah di Surabaya

Bareskrim Polri tengah mengusut kasus mafia tanah di Surabaya. Terkini, Bareskrim segera menetapkan tersangka kasus mafia tanah tersebut.

NEWS | 2 Desember 2022

Rumah Roboh Akibat Gempa Cianjur Mulai Diratakan

Rumah rumah roboh akibat gempa Cianjur, Jawa Barat, mulai diratakan dengan menggunakan alat berat.

NEWS | 2 Desember 2022

BNPT: Istilah Jihad Sering Disalahartikan untuk Memecah Bangsa

BNPT menegaskan, saat ini istilah jihad sering disalahartikan oleh oknum yang sengaja ingin memecah persatuan bangsa.

NEWS | 2 Desember 2022

Komisi I DPR Verifikasi Administrasi Calon Panglima TNI Yudo Margono

Komisi I DPR memverifikasi administrasi berkas Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai calon panglima TNI sebelum menjalani fit and proper test.

NEWS | 2 Desember 2022

Ini 5 Pesan Penting Jokowi untuk KPU Jelang Pemilu 2024

Presiden Jokowi menyampaikan lima pesan penting kepada KPU menjelang Pemilu 2024. Mulai dari hal teknis, kesiapan SDM, hingga soal pendidikan politik. 

NEWS | 2 Desember 2022

Bareskrim Polri Gelar Perkara Kasus Tambang Ilegal Kaltim Hari Ini

Bareskrim Polri akan melakukan gelar perkara kasus tambang ilegal di Kalimantan Timur (Kaltim) pada hari ini, Jumat (2/12/2022).

NEWS | 2 Desember 2022

KPK Pastikan Segera Panggil Hakim Agung Gazalba Saleh

KPK memastikan segera memanggil Hakim Agung Gazalba Saleh yang sudah menjadi tersangka kasus dugaan suap penanganan perkara di MA.

NEWS | 2 Desember 2022


TAG POPULER

# Sidang Ferdy Sambo


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


# Pertumbuhan Ekonomi 2023


# One Championship


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kenaikan UMP Tak Sesuai, Buruh Gelar Demo di Balai Kota

Kenaikan UMP Tak Sesuai, Buruh Gelar Demo di Balai Kota

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE