Logo BeritaSatu

Dua Nama Calon Komisioner KY Sudah di Meja Presiden

Kamis, 12 November 2015 | 08:22 WIB
Oleh : Erwin C Sihombing / MUT

Jakarta - Anggota Pansel Calon Komisioner Komisi Yudisial (KY) Maruarar Siahaan mengatakan, pihaknya telah menyerahkan dua nama calon Komisioner KY dengan latar belakang akademisi kepada Presiden Jokowi untuk menggantikan Harjono dan Wiwiek Awiati yang tidak disetujui DPR.

"Dalam rapat, Rabu (11/11) sore pansel mengajukan kepada Presiden dua nama dari calon yang telah lulus untuk menggantikan dua orang yang telah ditolak DPR, kata Maruarar, kepada SP, di Jakarta, Kamis (12/11).

Maruarar, yang enggan membeberkan dua nama baru tersebut mengatakan, pihaknya tidak menggelar penjaringan dari awal lagi dengan pertimbangan waktu dan biaya. Untuk kepastian kapan dua nama itu bakal diserahkan kepada DPR bergantung pada presiden.

"Mengenai kapan diserahkan ke DPR itu sudah menjadi urusan Presiden. Kami tidak menjaring lagi dari awal karena pertimbangan waktu dan biaya. Lagipula, yang sudah disaring itu telah memenuhi syarat sesuai jalur masing-masing hanya dibawah nomor urut dari mereka yang telah diusulkan ke DPR," jelasnya.

DPR hanya menerima lima dari tujuh nama calon Komisioner KY dari Presiden yaitu, Maradaman Harahap dan Joko Sasmito mewakili unsur mantan hakim, Farid Wajdi dan Sumartoyo mewakili unsur praktisi hukum, serta Sukma Violetta yang mewakili unsur anggota masyarakat.

Kelima nama tersebut telah dikukuhkan dalam rapat paripurna tanggal 20 Oktober 2015. Koalisi Pemantau Peradilan (KPP) berharap, pemerintah dan DPR tak berlama-lama memutus dua nama baru calon Komisioner KY itu agar memenuhi kuota tujuh komisioner. Pasalnya, Desember 2015, tujuh Komisioner KY yang menjabat sekarang ini telah berakhir masa baktinya.

Namun demikian, bagian yang paling penting adalah DPR harus serius dalam menyeleksi. Sebab, dalam proses seleksi yang menyisihkan Harjono dan Wiwiek, KPP memberi catatan negatif terhadap kinerja DPR. Selain mutu pertanyaan kepada calon yang dangkal dan tidak relevan dengan tupoksi KY, kehadiran anggota Komisi III DPR sangat kecil.

"Berdasarkan pantauan KPP, kurang dari 10 orang anggota yang hadir di dalam setiap sesi wawancara terbuka," kata anggota KPP yang juga peneliti PSHK, Miko Susanto Ginting.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Jatim Gatot Soebroto menjelaskan ribuan pengungsi  erupsi Semeru tersebut saat ini ditampung di 12 tempat.

NEWS | 5 Desember 2022

7 Jenazah Korban Bus Jatuh ke Jurang di Magetan Dipulangkan ke Semarang

Tujuh jenazah korban bus jatuh ke jurang di Magetan, Jawa Timur dipulangkan ke Semarang, Minggu (4/12/2022) malam.

NEWS | 5 Desember 2022

Kaesang-Erina Menikah, Jokowi Minta Maaf ke Warga Yogya dan Solo

Jokowi memohon maaf jika pernikahan putranya, Kaesang dengan Erina Gundono nantinya menganggu aktivitas warga Yogyakarta dan Sol.

NEWS | 5 Desember 2022

Bahlil Lahadalia: Stabilitas Politik Jadi Kunci Keberhasilan Investasi 2023

Bahlil Lahadalia menekankan langkah pemerintah untuk mencapai target investasi hanya bisa terjadi bila terjadi stabilitas politik dan ekonomi.

NEWS | 4 Desember 2022

2 Orang Terluka Dampak Gempa Garut Sudah Ditangani Tim Medis

Dua orang yang terluka tertimpa material bangunan akibat gempa Garut sudah mendapatkan penanganan medis dengan kondisi mulai membaik

NEWS | 4 Desember 2022

Polda Metro Tetapkan 2 Tersangka Pinjol Ilegal di Manado

Polda Metro Jaya menetapkan dua orang sebagai tersangka dalam kasus pinjaman daring atau pinjaman online/pinjol ilegal di Manado, Sulawesi Utara.

NEWS | 4 Desember 2022

Kasal Baru Harus Memiliki Kemampuan Diplomasi Tingkat Tinggi

Calon Kasal pengganti Laksamana Yudo Margono harus sosok memiliki kemampuan diploasi tingkat tinggi dan paham tentang geopolitik maritim Indonesia.

NEWS | 4 Desember 2022

Hingga 4 Desember, Cianjur Diguncang 384 Kali Gempa Susulan

BMKG mencatat total gempa susulan di Cianjur hingga 4 Desember 2022 pukul 15.00 WIB mencapai 384 kali.

NEWS | 4 Desember 2022

Rem Blong Diduga Penyebab Bus Masuk Jurang di Magetan

Bus masuk jurang yang menewaskan tujuh orang di Magetan, Jawa Timur, diduga karena rem blong, Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022

Pemkab: Rumah Rusak Berat Akibat Gempa Cianjur Jadi 8.151 Unit

Jumlah rumah yang rusak berat akibat gempa Cianjur bermagnitudo 5,6 bertambah menjadi 8.151 rumah hingga Minggu (4/12/2022).

NEWS | 4 Desember 2022


TAG POPULER

# Penumpang Air Asia Diseret


# Tenda Sakinah


# Piala Dunia 2022


# Paspampres Perkosa Kostrad


# Sidang Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

BPBD Jatim Fasilitasi 2.219 Warga Semeru di Pengungsian

NEWS | 35 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE