Logo BeritaSatu

Octagon Studio Garap Teknologi "Augmented Reality" untuk Dunia Pendidikan

Sabtu, 21 November 2015 | 17:30 WIB
Oleh : Herman / FER

Jakarta - Teknologi augmented reality tengah banyak dikembangkan oleh pelaku industri besar seperti properti dan infrastruktur. Teknologi tersebut mampu membuat segala hal yang abstrak atau virtual menjadi kelihatan lebih nyata atau real.‬

Di Indonesia, teknologi ini sedang dikembangkan oleh studio multimedia asal Bandung, Octagon Studio. Bahkan Octagon juga mengaplikasikan augmented reality untuk dunia pendidikan.

Advertisement

"Kalau sebelumnya augmented reality hanya dimanfaatkan oleh industri besar, ternyata teknologi ini juga bisa dikembangkan untuk bidang pendidikan. Bentuk sederhananya seperti memperkenalkan nama-nama hewan melalui aplikasi Animal 4D+," ujar Queentania, desainer grafis Octagon Studio, di pameran Asia Education Technology Expo yang diselenggarakan di JCC Senayan, Sabtu (21/11).‬

‪Melalui aplikasi ini, terang Queentania, gambar binatang yang didekatkan dengan smartphone akan tersaji lebih hidup di layar ponsel atau tablet, bahkan bisa mengeluarkan suara dan pronunciation nama binatang tersebut dalam bahasa Inggris.

Selain Animal 4D+, Octagon Studio juga mengembangkan aplikasi Humaniod 4D+ untuk mempelajari anatomi tubuh manusia, Octaland 4D+ untuk mempelajari bermacam-macam profesi, serta Space 4D+ yang menampilkan lebih banyak kategori.

"Kami juga mengembangkan aplikasi untuk mempelajari sejarah yang kita sajikan dalam bentuk timeline dari waktu ke waktu," tambah Queentania. Aplikasi-aplikasi ini dapat diunduh secara gratis di Google Play untuk perangkat Android atau Appstore untuk perangkat Apple.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Top News, Jokowi Semadi hingga Serial Killer Wowon

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersemadi, kasus serial killer Wowon Cs, dan kasus mahasiswi ditabrak mobil diduga rombongan polisi menjadi berita terpopuler.

NEWS | 27 Januari 2023

BMKG Ingatkan Pemda Waspada Karhutla

BMKG mengingatkan pemerintah daerah (pemda) untuk waspada dan siap-siaga menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

NEWS | 27 Januari 2023

Menag Minta Dana Pengembangan Madrasah Dikelola Profesional

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas meminta dana pengembangan madrasah dikelola profesional dan hati-hati.

NEWS | 27 Januari 2023

Hakim Dinilai Layak Kurangi Hukuman Richard Eliezer

Hakim layak memberikan keringanan hukum kepada terdakwa Bharada Richard Eliezer atau Bharada E dalam kasus tewasnya Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023

Sidang Obstruction of Justice Hari Ini, Hendra Kurniawan Cs Hadapi Tuntutan

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) akan menggelar sidang tuntutan terhadap para terdakwa Obstruction of Justice (ooj).

NEWS | 27 Januari 2023

Jadwal Perempat Final Indonesia Masters Hari Ini, Ada Jojo dan Bagas/Fikri di Awal

Aksi Jonatan Christie alias Jojo dan ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri bakal mengawali babak perempat final turnamen Indonesia Masters 2023.

NEWS | 27 Januari 2023

Pakar: Richard Eliezer Diperalat Ferdy Sambo

Richard Eliezer atau Bharada E, terdakwa kasus pembunuhan Brigadir J, menyatakan dirinya diperalat mantan atasannya Ferdy Sambo.

NEWS | 27 Januari 2023

Kecelakaan Beruntun di Lintas Padang Panjang-Bukittinggi, 3 Tewas

Tiga orang tewas dalam kecelakaan beruntun yang melibatkan sembilan kendaraan di Jalan Lintas Padang Panjang-Bukittinggi.

NEWS | 27 Januari 2023

PBB Ungkap Budidaya Opium di Myanmar Meningkat sejak Junta Berkuasa

PBB mengungkap adanya peningkatan signifikan dalam budidaya opium di Myanmar, setelah junta militer mengambil alih kekuasaan.

NEWS | 27 Januari 2023

LPSK: Ada Potensi Ancaman Tinggi ke Bharada E Saat Bongkar Kasus Brigadir J

LPSK menilai ada potensi ancaman tingkat tinggi yang akan dihadapi Bharada E saat hendak membongkar kasus tewasnya Brigadir J.

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Pleidoi Ferdy Sambo


# Serial Killer


# RUU Kesehatan


# Insiden Lion Air


# Biaya Haji 2023


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Terkait Barang yang Hilang Dicuri, Ashanty: Tolong Dikembalikan!

Terkait Barang yang Hilang Dicuri, Ashanty: Tolong Dikembalikan!

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE