Logo BeritaSatu

Cloudmatika Sasar Pasar UKM di RI

Selasa, 24 November 2015 | 18:55 WIB
Oleh : Imam Suhartadi / FMB

Jakarta – PT Awan Solusi Informatika meluncurkan secara resmi Cloudmatika, sebuah layanan berbasis cloud computing paling canggih dan aman bagi pelanggan di Indonesia.

Melalui peluncurannya hari ini, Cloudmatika memperkenalkan beberapa produk pertamanya yang merupakan layanan inti yang dibutuhkan oleh setiap perusahaan, terutama bagi usaha kecil dan menengah (UKM).

Layanan cloud computing yang disediakan oleh Cloudmatika merupakan kerja sama teknologi dengan Tsukaeru Group dari Jepang.

Filosofi Cloudmatika adalah untuk menyatukan solusi terbaik cloud computing dari seluruh dunia sementara sepenuhnya mengelola dan menyimpan data di Indonesia, untuk pasar Indonesia.

Direktur Utama PT Awan Solusi Informatika dan Ketua Iska Group, Iskandar Zulkarnain, menyatakan sangat gembira dapat meluncurkan Cloudmatika untuk memasuki pasar Indonesia.

“Setelah mendapatkan manfaat dari pengaplikasian cloud computing di grup perusahaan kami, langkah berikutnya yaitu mengubahnya menjadi layanan publik,” kata Iskandar di Jakarta, Selasa (24/11).

Cloudmatika juga menjadi penyedia layanan cloud pertama di Indonesia yang menawarkan infrastruktur yang sepenuhnya fleksibel, elastis, dan otomatis.

Pelanggan hanya perlu membayar sesuai dengan apa yang mereka gunakan dan bukan membayar biaya tetap yang tinggi setiap bulan. Hal ini berkat layanan infrastruktur cloud-nya yang juga dikenal sebagai IaaS atau VPS (Virtual Private Server).

Cloudmatika merupakan penyedia IaaS pertama di Indonesia yang menawarkan 100 persen SLA, dan menyediakan empat (4) salinan bagi setiap data pelanggan di beberapa Pusat Data lokal (Local Data Center).

Pelanggan dapat mengakses dan merasakan layanan uji coba infrastruktur Cloudmatika selama 14 hari secara gratis sebelum memutuskan untuk membeli layanan tersebut. Layanan infrastruktur Cloudmatika ini diluncurkan menggunakan merek "CloudServer Indonesia" yang dapat diakses melalui situs www.cloudserver.co.id.

Selain layanan infrastruktur, Cloudmatika menawarkan Cloudmatika Backup sebagai solusi lengkap yang sederhana dan terjangkau untuk membantu pelanggan dalam menyimpan data mereka di penyimpanan lokal seperti pada PC dan server.

Pelanggan dapat menyimpan data mereka secara aman dari kesalahan manusia dan bencana seperti kebakaran atau banjir atau bencana alam dengan biaya bulanan yang sangat terjangkau.

Semua data yang disimpan di Cloudmatika diamankan menggunakan enkripsi sekelas “sistem keamanan militer” setelah data dikirim oleh pelanggan, dan Cloudmatika memastikan bahwa tidak ada seorang pun, bahkan tidak pula pihak Cloudmatika, dapat mengakses data tersebut.

Hanya pelanggan sendiri dengan kunci pribadinya yang dapat mengakses data yang telah di-backup. Cloudmatika Backup menggunakan BackUp Software dari perusahaan terkemuka dunia Acronis.

Salah satu teknologi utama yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan saat ini adalah Kolaborasi; melalui email, kalender, file sharing dan (video) conferencing. Cloudmatika dapat memenuhi kebutuhan tersebut dengan CCS - Cloudmatika Collaboration Suite.

CCS menyediakan semua alat kolaborasi yang dibutuhkan oleh perusahaan dan dapat diakses melalui semua perangkat mobile terbaru seperti smartphone dan tablet. CCS mengadaptasi teknologi kolaborasi Open Xchange dari Jerman, yang saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Penyimpanan Data

Untuk melindungi pelanggan dari akses ilegal ke data mereka, misalnya oleh hacker asing, kompetitor atau institusi dari negara lain, lanjut dia, Cloudmatika menyediakan layanan penyimpanan data eksklusif di Indonesia, di Tier 3 Data Centers yang paling aman.

Dengan menggunakan penyedia Cloud Computing asing, pelanggan berisiko melakukan pelanggaran hukum. Berdasarkan UU Perlindungan Data Indonesia, mentransfer data pribadi dari setiap warga negara Indonesia ke luar negeri tanpa persetujuan mereka merupakan hal yang ilegal.

Sebagai contoh jika sebuah perusahaan menggunakan email atau penyedia cloud computing asing, yang menyimpan data di luar negeri, dan mereka menerima email dari pelanggan Indonesia yang di sana terdapat nama pengirim ataupun data pribadi lainnya, maka mereka sudah melanggar hukum.

Berdasarkan UU No. 11/2008 dan PP No. 82/2012 meliputi klausul perlindungan data dinyatakan sebagai berikut setiap layanan awan publik yang ditawarkan di Indonesia harus disimpan di Indonesia.

Selain itu, dilarang mentransfer data dari warga negara Indonesia di luar negeri tanpa persetujuan mereka dan dilarang membagi data warga negara Indonesia dengan pihak ke-3 tanpa persetujuan mereka.

Menggunakan penyedia asing untuk menyimpan data pribadi orang Indonesia bisa menjadi pelanggaran serius dari beberapa hukum dan pasal. “Dengan menggunakan Cloudmatika, konsumen Indonesia dapat merasa tenang karena tidak memiliki resiko untuk melanggar hukum dan terbebas dari resiko tuntutan dari siapapun,” tegasnya.

Selain aspek hukum, perusahaan yang menggunakan Cloudmatika juga memiliki keuntungan komersial yang berbeda karena mereka dapat menjamin data pelanggan mereka disimpan dan ditangani dengan aman dan legal.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

BBM Naik Bukan Hambatan Wisatawan, Jalur Puncak Tetap Macet

Pascakenaikan harga BBM naik, arus kendaraan di kawasan Jalur Puncak terpantau macet di beberapa titik.

NEWS | 25 September 2022

Bangkitkan Wisata, Perusahaan Ini Donasikan Cat untuk Pecinan Kembang Jepun

Wisata Pecinan Kembang Jepun merupakan representasi kembalinya budaya Arek yang lekat dengan nilai-nilai toleransi dan gotong royong yang kuat.

NEWS | 25 September 2022

Momen "Kalibata Fashion Week" ala Puan Maharani dan Cak Imin

Puan Maharani bersama Muhaimin Iskandar atau Cak Imin sempat berjalan di zebra cross ala catwalk fashion week.

NEWS | 25 September 2022

Zelensky Klaim Ukraina Kehilangan 50 Tentara Per Hari

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan pasukan Ukraina kehilangan 50 tentara per hari.

NEWS | 25 September 2022

Tawa Puan Ketika Johan Budi Sebut Dewan Kolonel Saat Ziarah

Puan Maharani tertawa terhadap celetukan Johan Budi soal Dewan Kolonel ketika ziarah bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

NEWS | 25 September 2022

Swedia Catat Tahun Kekerasan Senjata Paling Mematikan

Swedia mencatat tahun kekerasan senjata paling mematikan. Sejumlah 48 orang sejauh ini telah ditembak mati di Swedia pada tahun 2022.

NEWS | 25 September 2022

Iran Ancam Respons Balasan untuk Ukraina setelah Dubes Diusir

Iran menjanjikan respons balasan yang tepat untuk Ukraina atas tindakan pengusiran duta besarnya.

NEWS | 25 September 2022

Wapres Ma'ruf Amin Akan Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berangkat ke Tokyo, Jepang, untuk menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe.

NEWS | 25 September 2022

Uni Eropa Yakin Putin Tak Menggertak Soal Senjata Nuklir

Uni Eropa (UE) meyakini Presiden Rusia Vladimir Putin tidak menggertak soal senjata nuklir.

NEWS | 25 September 2022

PSI: Anies Baswedan Belum Selesaikan PR Banjir dan Macet

Partai Solidaritas Indonesia meminta Anies segera selesaikan permasalahan DKI Jakarta seperti banjir dan macet.

NEWS | 25 September 2022


TAG POPULER

# OTT Hakim Agung


# Penipuan Jam Tangan


# Pertalite


# Curacao


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BBM Naik Bukan Hambatan Wisatawan, Jalur Puncak Tetap Macet

BBM Naik Bukan Hambatan Wisatawan, Jalur Puncak Tetap Macet

NEWS | 3 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings