Logo BeritaSatu

Jakarta Hasilkan 7.000 Ton Sampah Per Hari

Kamis, 7 Januari 2016 | 03:36 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / HA

Jakarta - Sampah merupakan masalah umum di semua kota di dunia dan DKI Jakarta merupakan salah satu kota besar yang sedang mengalami masalah peningkatan volume sampah.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta Isnawa Adji mengatakan DKI Jakarta merupakan kota dengan volume sampah sebesar 6.500 -7.000 ton per hari. Volume tersebut sangat tinggi jika dibandingkan dengan kota-kota besar di Eropa yang hanya menghasilkan sampah 1.500-2.000 ton per hari.

“Bayangkan sampah di DKI Jakarta dalam satu hari volumenya mencapai 7.000 ton dan jumlah itu bertambah setiap tahunnya,” kata Isnawa pada Diskusi Low Carbon Technology for Solid Waste Management, yang membahas permasalahan sampah di Indonesia serta penggunaan teknologi yang tepat dan bermanfaat bagi lingkungan di Art Hotel, Jakarta, Rabu (6/1).

Isnawa menambahkan, tingginya volume sampah tentu membutuhkan biaya yang besar untuk menanganinya, sehingga pihaknya berharap agar ada terobosan untuk solusi pengelolaan sampah seperti Intermediate Treatment Facilities (ITF) yang akan dibangun di empat tempat di Jakarta: Duri Kosambi,Cilincing, Sunter, dan Marunda.

Selain itu, dia mengatakan, penanganan sampah tidak hanya dilakukan melalui solusi ITF. Ke depannya dia mengharapkan, masyarakat DKI Jakarta harus ada kemandirian dalam penanganan karena tumpukan sampah yang dihasilkan dalam tiga hari butuh waktu seminggu untuk membersikan.

Menurutnya, saat ini pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk mengatasi sampah, namun sejauh ini baru dalam tahap mengurangi volume, sedangkan untuk mengolah sampah yang sudah menumpuk di tempat pembuangan akhir (TPA) belum ditemukan cara yang efektif.

Namun pemerintah tetap mencoba beberapa teknologi pengolahan sampah yang ada dengan bekerjasama dengan pihak swasta karena sampah menjadi salah satu masalah yang menghantui Jakarta dari tahun ke tahun.

Sementara itu, Widyaiswara Muda Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Budiman Richardo Saragih mengatakan pengolahan sampah yang dilakukan oleh ESDM dari hilir dan sesuai dengan kebijakan peraturan menteri (Permen) nomor 19/2013 yang mewajibkan PT PLN (Persero) mengambil langkah-langkah serta membuat kebijakan guna merangsang sektor energi terbaru dari sampah untuk pasokan listrik dari pembangkit listrik tenaga (PLT) sampah yang melibatkan investor.

Pemerintah telah melakukan evaluasi Permen semenjak diterbitkan dan kemudian ditetapkan dua tempat yaitu Bantar Gebang dan Surabaya untuk dijadikan PLT sampah dengan mnggunakan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

“Kami ingin memberi kemudahan investor yang ingin mengembangkan PLT sampah dengan mengunakan APBN,” kata dia.

Dia mengaku, masalah sampah merupakan kondisi yang mendesak akhir- akhir ini dan menjadi masalah krusial karena ada beberapa kesepakatan yang harus diselesaikan. Terlepas dari itu dia menyatakan keyakinannya pemerintah DKI Jakarta dapat mengelola sampah dengan baik sehingga permasalahan sampah bisa diselesaikan dengan baik pula.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Ukraina Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Bersama di Piala Dunia 2030

Ukraina akan bergabung dengan Spanyol dan Portugal dalam upaya mereka untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

NEWS | 4 Oktober 2022

Uji Rudal Korut ke Wilayah Jepang,Warga Sempat Diminta Berlindung

Korut menembakkan rudal balistik menuju ke wilayah Jepang pada Selasa (4/10/2022), memicu peringatan bagi penduduk untuk berlindung.

NEWS | 4 Oktober 2022

Pencuri Brankas Kafe Menyamar dengan Pakai Daster Tetangga

Seorang pencuri melakukan aksinya dengan menyamar sebagai perempuan dengan menggunakan daster milik tetangga.

NEWS | 4 Oktober 2022

Sepanjang 2022, 1.153 Orang Tewas Kecelakaan di Sumut

Polda Sumut mencatat, sebanyak 1.153 orang meninggal dunia dari 4.306 kasus kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Sumatera Utara.

NEWS | 4 Oktober 2022

Gara-Gara Tragedi Kanjuruhan, Pos Polisi di Makassar Nyaris Dibakar

Pos polisi di Makassar hendak dibakar dan diduga terkait dengan tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, yang menewaskan lebih seratus orang.

NEWS | 4 Oktober 2022

Riset Gen Manusia Purba, Svante Paabo Diganjar Hadiah Nobel Kedokteran 2022

Ilmuwan Svante Paabo memenangkan Hadiah Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran 2022 untuk riset gen manusia purba.

NEWS | 4 Oktober 2022

Buntut Konten Prank KDRT, Baim Wong Dilaporkan ke Polisi

Baim Wong dan Paula Verhoeven dilaporkan ke Polres Metro, Jakarta Selatan terkait konten prank KDRT yang dibuat keduanya.

NEWS | 3 Oktober 2022

Santri Dukung Ganjar Gelar Maulid Nabi di Jakarta

Santri Dukung Ganjar mengadakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan doa bersama untuk Ganjar Pranowo dan Indonesia di Jakarta Utara.

NEWS | 3 Oktober 2022

Tragis, Tragedi Kanjuruhan Buat Alfiansyah Jadi Yatim Piatu

Peristiwa tragedi Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) memaksa bocah 11 tahun M Alfiansyah menjadi anak yatim piatu.

NEWS | 3 Oktober 2022

Kasus KDRT Rizky Billar Naik ke Penyidikan

Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) Rizky Billar terhadap istrinya, Lesti Kejora, naik ke penyidikan dari penyelidikan.

NEWS | 3 Oktober 2022


TAG POPULER

# Tragedi Kanjuruhan


# Lesti Kejora


# Pembantaian di Papua Barat


# Arema FC


# Raja Charles III


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Harga Emas Naik karena Penurunan Dolar, Perak Melompat 7%

Harga Emas Naik karena Penurunan Dolar, Perak Melompat 7%

EKONOMI | 26 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings