Logo BeritaSatu

Kemdikbud Tegaskan Pelaksanaan UN Tidak Dipungut Biaya

Jumat, 8 Januari 2016 | 18:13 WIB
Oleh : Maria Fatima Bona / CAH

Jakarta - Kepala Pusat Penilaian Pendidikan (Kapuspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Prof Nizam mengatakan, pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang akan diselenggarakan pada 4 April untuk SMA dan 7 Mei untuk SMP tidak dipungut biaya oleh permerintah.

Nizam menjelaskan, UN merupakan agenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) sehingga segala pelaksanaannya sudah masuk dalam pos anggaran pengeluaran Kemdikbud.

“Pelaksanaan UN itu gratis, tidak ada pungut biaya namun jika ada itu merupakan wewenang sekolah,” kata Nizam setelah acara Diskusi Koalisi Masyarakat Sipil untuk Transformasi Pendidikan (KMSTP) di Gedung Kemdikbud, Jakarta, Jumat (8/1).

Alumnus Universitas Gadjah Mada (UGM) ini menjelaskan, terkadang ada sekolah yang masih mewajibkan siswa untuk mengumpulkan biaya. Namun biaya tersebut biasanya dijalankan karena ada kesepakatan bersama antara sekolah dan orang tua murid.

Para guru membebankan biaya biasanya untuk proses pelaksanaan try out dan acara pelepasan siswa, karena untuk pelaksanaan UN tidak ada biaya.

Pada kesempatan yang sama Nizam juga menegaskan kepada sekolah dan siswa untuk menjaga Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN). Sebab ke depannya hasil IIUN akan digunakan untuk masuk perguruan tinggi (PT).

Nizam mengaku, Kemdikbud akan melakukan MoU dengan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) untuk mengunakan hasil IIUN sebagai bahan pertimbangan masuk PT.

“Kami akan adakan MoU dalam waktu dekat agar tidak hanya nilai seja yang menjadi bahan pertimbangan tetapi indeks integritas juga. Percuma nilai 90 jika indeks integritasnya rendah,” kata Nizam.

Dia menambahkan, sekolah- sekolah yang memiliki indesk integritas terbaik akan diberi sertefikat dan penghargaan sebagai dorongan kepada sekolah- sekolah lainnya

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Polisi Belgia Baku Tembak dengan Kelompok Ekstrem Kanan, 1 Tewas

Satu orang tewas pada Rabu (28/9/2022) ketika polisi Belgia terlibat baku tembak saat melakukan penggerebekan dengan kelompok ekstrem kanan.

NEWS | 28 September 2022

Keputusan Anies Capres Nasdem Kewenangan Penuh Surya Paloh

Waketum Partai Nasdem Ahmad Ali menegaskan keputusan Anies Baswedan menjadi capres Nasdem jadi kewenangan penuh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.  

NEWS | 28 September 2022

Ancam Bawa Bom di Tas, Penumpang Singapore Airlines Ditangkap

Polisi menangkap seorang pria berusia 37 tahun dalam penerbangan Singapore Airlines setelah dia diduga menyerang awak kabin dan mengancam bawa bom di tas jinjingnya.

NEWS | 28 September 2022

Berkas Lengkap, Ferdy Sambo dan Tersangka Lain Segera Disidang

Kejaksaan Agung menyatakan berkas perkara Irjen Ferdy Sambo dan tersangka lainnya dalam kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J telah lengkap.

NEWS | 28 September 2022

Gelar Wisuda Kejar Paket A-C, PKBM JICT Luluskan 124 Peserta

Wisuda ini sebagai bentuk apresiasi JICT kepada 124 peserta didik yang akhirnya lulus dan dapat menerima ijazah.

NEWS | 28 September 2022

Seleksi PPPK Guru 2022 Dibuka September, Ini Syarat dan Ketentuannya

Penerimaan PPPK guru ini sangat ditunggu-tunggu oleh masyarakat terutama oleh para guru honorer.

NEWS | 28 September 2022

Wartawan Terima Upeti dari Tambang Emas, Ini Kata Ketua PWI Papua Barat

PWI Papua Barat akan mengambil sikap tegas bahkan akan mencabut keanggotaan wartawan yang menerima upeti dari tambang emas ilegal.

NEWS | 28 September 2022

4 Tahun Terakhir, Dinas Pertamanan DKI Bangun 100 Taman

Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Provinsi DKI Jakarta menyebutkan selama empat tahun terakhir telah membangun sebanyak 100 taman.

NEWS | 28 September 2022

Pelaku Pungli terhadap Soleh Solihun Sudah Dipecat

Samsat Jakarta Selatan menghentikan pelaku pungli yang dialami oleh komika Soleh Solihun saat melakukan cek fisik kendaraan.

NEWS | 28 September 2022

Komedian Soleh Solihun Ungkap Ada Pungli di Samsat Jaksel

Komedian Soleh Solihun mengungkap pungli (pungutan liar) di Samsat Polres Metro Jakarta Selatan ketika sedang mengurus perpanjangan STNK.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Arus Modal Keluar, Kurs Rupiah Babak Belur ke Rp 15.260

Arus Modal Keluar, Kurs Rupiah Babak Belur ke Rp 15.260

EKONOMI | 7 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings