Logo BeritaSatu

Cagub Kalteng Sugianto Janji Tak ke MK

Sabtu, 30 Januari 2016 | 04:54 WIB
Oleh : Barthel B Usin / HA

Palangka Raya – Calon gubernur Kalimantang Tengah Sugianto Sabran berjanji tidak akan menggugat hasil pemilihan gubernur (pilgub) yang digelar 27 Januari lalu, sedangkan kalau terpilih dia mengimbau lawannya untuk mengambil sikap yang sama.

"Kami tidak mengharapkan proses hukumnya sampai ke meja hijau di Mahkamah Konstitusi (MK)," kata Sugianto didampingi calon Wakil Gubernur Habib H Said Ismail, yang dikenal dengan pasangan "Sohib", di Palangka Raya, Jumat (19/1).

Dalam pilgub ini, mereka berdua bertarung melawan pasangan Willy M Yoseph-Wahyudi K Anwar.

“Memang ada aturan jika secara hukum selisih dukungan kurang dari dua persen masih terbuka peluang melakukan gugatan hasil Pilkada. Tapi jika Sohib berada dalam pihak yang kalah dukungan, maka sudah menjadi komitmen, meskipun selisihnya hanya 00,03 persen tidak akan melakukan gugatan ke MK,” tandas Sugianto.

Jika menang, kata Sugianto, dia akan merangkul semua rival politiknya demi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat provinsi ini.

“Kemenangan saya nanti merupakan kemenangan bagi suku Dayak. Saya dan Willy saudara Dayak, hanya bedanya Willy Dayak Siang dan saya Sugianto Dayak Ot Danum,” ujarnya, sembari memuji pelaksanaan pilgub yang lancar dan tanpa insiden.

"Kita harapkan suasana aman, damai dan kondusif ini akan terus bisa dipertahankan untuk kelangsungan pembangunan provinsi yang masih perlu kerja keras menyejajarkan diri dengan banyak provinsi lain di Indonesia," ujarnya.

Menurut Ketua Tim Pemenangan "Sohib", Ir. Abdul Razak, kubunya memenangi pilgub berdasarkan rekapitulasi internal formulir C1 hingga, Jumat siang (29/1) yaitu 4.93.788 suara atau 53,06 persen.

Dari 13 kabupaten dan satu kota di Kalteng, kata Abdul, 'Sohib" menang di sembilan daerah, yakni Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Seruyan, Kabupaten Kobar, Kabupaten Lamandau, Kabupaten Sukamara, Kabupaten Barito Utara, Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kapuas, danKabupaten Pulang Pisau.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

KPK membuka peluang untuk menelusuri dugaan pencucian uang oleh Gubernur Papua Lukas Enembe yang terkait dengan perjudian.

NEWS | 26 September 2022

PM Malaysia Ismail Sabri Minta Sekjen PBB Hilangkan Hak Veto

PM Malaysia Ismail Sabri bertemu dengan Sekjen PBB António Guterres kembali meminta pimpinan organisasi dunia itu menghilangkan hak veto.

NEWS | 26 September 2022

BUMN Startup Day, Jokowi: Tangkap Peluang dengan Teknologi

Pada BUMN Startup Day, Presiden Jokowi mengatakan krisis pangan adalah suatu masalah besar yang bisa dipecahkan dengan teknologi.

NEWS | 26 September 2022

Jokowi Optimistis Teknologi Digital Jadi Solusi Krisis Pangan

Presiden Jokowi optimistis teknologi digital akan menjadi solusi untuk menyelesaikan krisis pangan di berbagai negara di dunia

NEWS | 26 September 2022

Sultan Ground Bisa Dimanfaatkan Bukan untuk Tambang

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan Sultan Ground bisa dimanfaatkan tetapi bukan untuk pertambangan

NEWS | 26 September 2022

Mutasi Polri, Kapolres Jaksel Dijabat Kombes Ade Ary

Salah satu jabatan di Polri yang dirotasi yaitu Kapolres Metro Jakarta Selatan dan saat ini dijabat oleh Kombes Ade Ary Syam Indradi.

NEWS | 26 September 2022

Sesuai Agenda, KPK Jadwalkan Periksa Lukas Enembe Hari Ini

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan untuk memeriksa Gubernur Papua, Lukas Enembe hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Pasien Covid-19 Dirawat di RSDC Wisma Atlet Tersisa 33

Pasien Covid-19 yang dirawat di RSDC Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, hingga hari ini Minggu (25/9/2022) tersisa 33 orang

NEWS | 26 September 2022

Sidang Etik Ipda Arsyad Daiva Dilanjutkan Hari Ini

Polri akan melanjutkan sidang etik mantan Kasubnit I Unit I Satreskrim Polres Jaksel, Ipda Arsyad Daiva Gunawan pada hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Relawan Tegaskan Komitmen Usung Anies dengan Cara Etis

Forum Komunikasi Antar Simpul Relawan Anies Baswedan menegaskan akan mengusung Anies pada Pilpres 2024 dengan cara-cara yang etis.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

NEWS | 9 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings