Logo BeritaSatu

Pendidikan Masih Jadi Persoalan Besar di Banten

Sabtu, 16 Juli 2016 | 15:54 WIB
Oleh : Laurens Dami / YUD

Serang - Sektor pendidikan masih menjadi persoalan besar di Provinsi Banten, khususnya di wilayah Banten Selatan. Ketidakmerataan infrastruktur dan ketersediaan tenaga pengajar menjadi pokok utama persoalannya.

"Kita masih menyimpan banyak pekerjaan rumah untuk diselesaikan. Dimensi kemiskinan tidak hanya semata-mata soal terbatasnya jumlah uang, tapi juga minimnya akses terhadap pendidikan," kata Gubernur Banten, Rano Karno, di Kota Serang, Jumat (15/7).

Menurut Rano Karno hak mendapatkan pendidikan harusnya bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, baik di perkotaan hingga pedesaan. Karena kualitas pendidikan yang akan menopang pembangunan suatu daerah. Untuk memperbaiki sektor pendidikan di Banten harus ditopang oleh politik anggaran dari pihak eksekutif dan legislatif.

"Demokratisasi itu bukan hanya perkara politik, tapi juga soal demokratisasi pendidikan. Setiap warga memiliki hak yang sama atas layanan pendidikan. Pendidikan formal maupun nonformal masih menjadi prioritas utama agenda pembangunan di Banten, di samping kesehatan dan infrastruktur," terangnya.

Selain minimnya infrastruktur, persoalan lain di Banten adalah sebaran tenaga pendidik yang belum merata dan kesejahteraan bagi para guru. Mengingat masih banyaknya guru honorer di pelosok Banten.

Untuk meningkatkan kualitas tenaga pendidik dan infrastrukturnya, Rano mengaku telah memerintahkan Dinas Pendidikan (Dindik) untuk membuat rencana besar pembangunan pendidikan di wilayahnya.

"Sekalipun saat ini Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Banten terus mengalami peningkatan, itu bukan alasan berpuas diri. Kita harus terus bekerja keras meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Dunia pendidikan adalah salah satu ujung tombaknya," tegasnya.

Berdasarkan data yang berhasil dihimpun, di tahun 2013 dari 602 ribu jiwa penduduk usia sekolah menangah, sekitar 312 ribu anak tidak sekolah, dan dari jumlah tersebut sebanyak 155 ribunya memilih masuk dunia kerja.

Lalu pada tahun 2015, berdasarkan data BPS Banten, angka partisipasi sekolah untuk usia 19 sampai 24 tahun hanya sebesar 17,73 persen.

Masih di tahun yang sama, IPM Banten masuk ke dalam urutan kedelapan nasional dari 34 provinsi dengan nilai 69,89 persen, di bawah Daerah Istimewa Yogyakarta.

Anggaran pendidikan di tahun 2015 sebesar Rp 330 miliar dan di tahun 2016 mencapai Rp 350 miliar.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

Winarsih ditetapkan sebagai tersangka karena menghina dan mencemarkan nama baik pedangdut Dewi Perssik.

NEWS | 29 November 2022

Sidang Brigadir J hingga Impor Beras Terpopuler di Beritasatu.com

Sidang perkara pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J dan isu impor beras menjadi berita terpopuler di Beritasatu.com

NEWS | 29 November 2022

BNPB: Bencana Hidrometeorologi Diperkirakan Merata pada Desember

BNPB menyatakan, potensi terjadi bencana hidrometeorologi diperkirakan merata pada Desember 2022 mendatang.

NEWS | 29 November 2022

Tim Peneliti UGM Klaim Deteksi Gejala Sebelum Gempa Cianjur

Gejala gempa Cianjur itu tertangkap melalui sistem peringatan dini yang dikembangkan UGM dengan mengukur konsentrasi gas radon dan groundwater level 1-3.

NEWS | 29 November 2022

Ganjar Instruksikan Pemda ke Lapangan Antisipasi Inflasi

Ganjar Pranowo menginstruksikan 35 pemda untuk turun ke lapangan secara rutin hingga Januari 2023 guna mencegah terjadinya inflasi.

NEWS | 29 November 2022

Menlu Retno: Indonesia Akan Jadikan ASEAN sebagai Pusat Pertumbuhan Dunia

Menlu Retno Marsudi menegaskan, Indonesia akan menjadikan kawasan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan dunia selama menjabat sebagai Ketua ASEAN. 

NEWS | 29 November 2022

Hujan Deras Guyur DKI, Beberapa Ruas Jalan Terendam Banjir

Hujan deras yang mengguyur Jakarta pada Senin (28/11/2022) petang, mengakibatkan beberapa ruas jalan teredam banjir.

NEWS | 28 November 2022

DPR Bakal Sahkan Kasal Yudo Margono Jadi Panglima TNI Sebelum 15 Desember

Ketua DPR Puan Maharani meyakini, pihaknya dapat mengesahkan Kasal Laksamana Yudo Margono sebagai Panglima TNI sebelum masa reses 15 Desember mendatang.

NEWS | 28 November 2022

Ada 9 Panggung di Resepsi Pernikahan Kaesang dan Erina

Erick Thohir mengungkapkan ada sembilan panggung di acara resepsi pernikahan Kaesang dan Erina yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo.

NEWS | 28 November 2022

Presiden Pilihan Versi Adian Napitupulu, Yang Lanjutkan Program Jokowi

Politikus PDI Perjuangan (PDIP) Adian Napitupulu mengungkapkan kriteria sosok yang dia nilai pantas untuk dipilih menjadi presiden pilihan berikutnya.

NEWS | 28 November 2022


TAG POPULER

# Gempa Cianjur


# Piala Dunia 2022


# Vaksinasi Booster


# Pushbike


# Ferdy Sambo


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

Hina Pedangdut Dewi Perssik, Winarsih Jadi Tersangka

NEWS | 16 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE