Logo BeritaSatu

Korupsi Rp 1,8 M, Pegawai Pos Divonis 7 Tahun

Rabu, 24 Agustus 2016 | 20:16 WIB
Oleh : Radesman Saragih / YUD

Jambi - Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jambi menjatuhkan vonis atau hukuman penjara selama 7 tahun kepada pegawai Kantor Pos Bungo, Arseny Aji Caraka (27) dalam sidang kasus korupsi sekitar Rp 1,8 miliar Kantor Pos Bungo, di Pengadilan Tipikor Jambi, Rabu (24/8).

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jambi, I Wayan Sukradana dalam amar putusannya mengatakan, terdakwa Arseny yang menjabat kasir di Kantor Pos Cabang Bungo, terbukti melakukan penggelapan sekitar Rp 1,8 miliar uang negara di kantor pos tersebut.

“Perbuatan terdakwa telah melanggar Pasal 2 ayat 1 Undang Undang (UU) No 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Korupsi, sebagaimana diubah dengan UU No 20 tahun 2001. Atas pelanggaran tersebut, terdakwa dijatuhi hukuman pidana kurungan selama 7 tahun dan denda Rp 200 juta,”katanya.

Selain menjatuhkan hukuman penjara, Majelis Hakim Pengadilan Tipikor Jambi juga mewajibkan terdakwa mengganti kerugian negara sekitar Rp 616 juta. Apabila kerugian negara tersebut tidak diganti, terdakwa harus menjalani hukuman tambahan kurungan satu tahun lagi.

Sementara itu, Kepala Satuan (Kasat) Resere Kriminal (Reksrim) Polres Bungo, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Ardi Kurniawan mengatakan, terdakwa Arseny Aji Caraka tertangkap melakukan penggelapan uang negara di Kantor Pos Bungo tahun 2014. Bukti-bukti kasus penggelapan uang negara yang dilakukan terdakwa antara lain terbukti dari hasil penghitungan uang kantor pos oleh kasir, dan surat pernyataan penghitungan uang oleh kasir yang dilakukan kepala kantor Pos.

Selain itu, lanjut Ardi, terdakwa juga terbukti melakukan penggelapan uang negara di Kantor Pos Bungo berdasarkan rekaman kamera pemantau (CCTV) di ruang kasir Kantor Pos Bungo, 24 Maret 2014 hingga 21 April 2014. Bukti lain kasus korupsi di Kantor Pos Bungo yang melibatkan terdakwa, yaitu hasil pemeriksaan dugaan tindak pidana korupsi penggelapan uang di kantor Pos Muara Bungo, 1 Januari - 21 April 2014.

“Terdakwa juga dinyatakan terbukti melakukan korupsi di Kantor Pos Bungo berdasarkan hasil pemeriksan sekitar 15 orang saksi, saksi ahli dari Badan Pemeriksa Keuangan Provinsi (BPKP) Provinsi Jambi dan saksi ahli dari Standard Operational Procedure (SOP) Kantor Pos Pusat Jakarta,”katanya.





Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

ICW Desak KPK Beri Ultimatum Jemput Paksa ke Lukas Enembe

ICW mendesak KPK segera mengirimkan ultimatum penjemputan paksa ke Gubernur Papua Lukas Enembe

NEWS | 26 September 2022

Anies Hormati Kebijakan Partai Usung Calon Pilpres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menghormati kebijakan partai untuk mengusung calon yang akan maju pada Pilpres 2024

NEWS | 26 September 2022

5 Penyelamat Tewas Saat Topan Kuat Noru Melanda Filipina

Lima orang penyelamat tewas di Filipina setelah mereka dikirim ke wilayah yang terendam banjir selama topan kuat Noru melanda Filipina.

NEWS | 26 September 2022

Satgas PMK: 3 Juta Ekor Hewan Ternak Telah Divaksin

Satuan Tugas Penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (Satgas PMK) menyatakan 3.038.262 ekor hewan telah menjalani vaksinasi PMK.

NEWS | 26 September 2022

KPK Bakal Telusuri Dugaan Pencucian Uang Lukas Enembe Terkait Judi

KPK membuka peluang untuk menelusuri dugaan pencucian uang oleh Gubernur Papua Lukas Enembe yang terkait dengan perjudian.

NEWS | 26 September 2022

PM Malaysia Ismail Sabri Minta Sekjen PBB Hilangkan Hak Veto

PM Malaysia Ismail Sabri bertemu dengan Sekjen PBB António Guterres kembali meminta pimpinan organisasi dunia itu menghilangkan hak veto.

NEWS | 26 September 2022

BUMN Startup Day, Jokowi: Tangkap Peluang dengan Teknologi

Pada BUMN Startup Day, Presiden Jokowi mengatakan krisis pangan adalah suatu masalah besar yang bisa dipecahkan dengan teknologi.

NEWS | 26 September 2022

Jokowi Optimistis Teknologi Digital Jadi Solusi Krisis Pangan

Presiden Jokowi optimistis teknologi digital akan menjadi solusi untuk menyelesaikan krisis pangan di berbagai negara di dunia

NEWS | 26 September 2022

Sultan Ground Bisa Dimanfaatkan Bukan untuk Tambang

Gubernur DIY Sri Sultan HB X menyatakan Sultan Ground bisa dimanfaatkan tetapi bukan untuk pertambangan

NEWS | 26 September 2022

Mutasi Polri, Kapolres Jaksel Dijabat Kombes Ade Ary

Salah satu jabatan di Polri yang dirotasi yaitu Kapolres Metro Jakarta Selatan dan saat ini dijabat oleh Kombes Ade Ary Syam Indradi.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
We The Fest 2022 Pertemukan Pecinta Musik dengan <em>Kripto</em>

We The Fest 2022 Pertemukan Pecinta Musik dengan Kripto

LIFESTYLE | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings