Logo BeritaSatu

Permintaan Prajurit Perempuan Indonesia Meningkat

Kamis, 22 Maret 2012 | 01:55 WIB
Oleh : B1

PBB saat ini memiliki 120.000 personel yang bertugas di bawah 15 operasi perdamaian.

Permintaan akan perempuan pasukan penjaga perdamaian dari Indonesia untuk misi-misi perdamaian Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) di seluruh dunia terus meningkat.

Demikian disampaikan oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dalam acara Jakarta International Defense Dialogue, yang diadakan di Jakarta, Rabu (21/3).

"Pasukan perempuan itu akan dikerahkan untuk misi sosial atau kesehatan," kata Purnomo.

PBB saat ini memiliki 120.000 personel yang bertugas di bawah 15 operasi perdamaian. Brigadir Jenderal Imam Edy mulyono, Komandan Pusat Penjaga Perdamaian Indonesia (the Indonesian Peacekeeping Center) di Sentul, Jawa Barat, mengtakan pada hari Selasa (20/3) bahwa PBB telah meminta Indonesia untuk merekrut lebih banyak prajurit perempuan supaya jumlahnya bisa mencapai 20 persen dari jumlah kontingen pasukan perdamaian dari Indonesia. Pasukan yang direkrut adalah prajurit, perwira non komisi, dan perwira.

Dia mengatakan bahwa Indonesia telah mengirimkan prajurit-prajurit perempuan berpangkat sersan untuk misi United Nations Interim Force In Lebanon (UNIFIL) di Libanon untuk bertugas sebagai staff. Saat ini, Indonesia menempatkan sekitar 1974 prajurit perdamaian di tujuh misi PBB dimana UNIFIL adalah yang terbesar dengan 1.456 prajurit.

"Sejauh ini, jumlah prajurit perempuan dalam misi perdamaian Indonesia hanya 5 persen dari tim penjaga perdamaian kami," kata Imam. Dia juga megatakan bahwa sejak 2005, Indonesia sudah mengirimkan prajurit perempuan sebagai pengamat militer di misi PBB di Kongo.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon, dalam kuliahnya mengenai tantangan yang dihadapi pasukan perdamaian Indonesia, hari Selasa (20/3), mengatakan bahwa pasukan perempuan akan sangat cocok menangani perempuan korban penyiksaan di wilayah konflik.

"Mereka (pasukan perempuan) sangat berguna menangani laporan tentang pelecehan dan penyiksaan seksual pada perempuan karena mereka tidak nyaman menceritakan penderitaan mereka kepada laki-laki," ujarnya.

Ban mengatakan saat dia mulai menjabat sebagai Sekjen, tidak ada perempuan berpangkat komandan dalam pasukan perdamaian PBB, namun saat ini sudah ada tujuh perempuan yang memegang posisi sebagai komandan dalam misi-misi perdamaian PBB.

Ban menambahkan sejak dia menjabat sebagai sekjen di tahun 2007, jumlah perempuan yang memimpin misi perdamaian terus meningkat.

"Saya merekrut lebih banyak perempuan dari segala pangkat. Saya inging meningkatkan jumlah polisi wanita PBB sebesar 20 persen. Saat ini, perempuan merepresentasikan sekitar 30 persen dari jumlah staf sipil PBB dalam misi-misi perdamaian, sedangkan jumlah polwan PBB saat ini hanya 9 persen dari keseluruhan polisi PBB dan hanya 4 persen dari angkatan militer PBB," kata Ban.

"Kami harus meningkatkan jumlah itu. Bukan atas kepentingan kuota atau sebagai panutan dalam kesetaraan gender, melainkan karena seringkali, perempuan adalah yang terbaik untuk menyelesaikan suatu pekerjaan," ujar Ban.

Di kesempatan yang sama, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan Indonesia akan menjadi 10 besar negara penyumbang pasukan perdamaian dengan jumlah personel sebanyak 4.000 orang.

Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Lukas Enembe Mengaku Memiliki Tambang Emas di Papua

Gubernur Papua Lukas Enembe mengaku memiliki tambang emas di Papua berlokasi di Distrik Mamit, Kabupaten Tolikara.

NEWS | 26 September 2022

Buktikan Sumber Uang, Pihak Lukas Enembe ajak KPK ke Papua

Kuasa hukum Lukas Enembe, Stefanus Roy Rening menyatakan mengajak pihak KPK ke Papua guna membuktikan kepemilikan tambang emas milik Lukas Enembe.

NEWS | 26 September 2022

Dimutasi Imbas Kasus Brigadir J, Kombes Leonardo Digantikan I Putu Yuni

Kapolri memutasi 24 perwira yang diduga melakukan pelanggaran kode etik dalam mengusut kasus tewasnya Brigadir J, salah satunya Kombes Leonardo.

NEWS | 26 September 2022

Ledakan di Asrama Polisi Sukoharjo, Pengirim Paket Diperiksa

Ledakan di sekitar Asrama Polisi (Aspol) Arumbara di Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Minggu (25/9/2022), pengirim paket diperiksa polisi.

NEWS | 26 September 2022

Lukas Enembe Sakit Tak Bisa Penuhi Panggilan KPK Hari Ini

Gubernur Papua Lukas Enembe tak bisa memenuhi panggilan pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta hari ini, Senin (26/9/2022).

NEWS | 26 September 2022

Mutasi di Tubuh Polri, 3 Wakapolda Diganti dan Ini Namanya

Terjadi mutasi jabatan di tubuh Polri, dan ada tiga wakil kepala kepolisian daerah (wakapolda) yang diganti oleh Kapolri.

NEWS | 26 September 2022

Ke Museum Nias, Ganjar Diberi Alat Musik Tutuhao dan Buku

Gubernur Jateng menerima alat musik tradisional khas Nias Tutuhao dan sebuah buku saat berkunjung ke Museum Nias.

NEWS | 26 September 2022

Interpol Buru Pendiri Mata Uang Kripto Terra/Luna

Interpol telah mengeluarkan surat pemberitahuan merah (red notice) untuk Do Kwon pendiri mata uang kripto Terra/Luna asal Korea Selatan.

NEWS | 26 September 2022

Soal Shadow Team Kemendikbudristek, Nadiem Akui Salah Sebut

Nadiem Makarim mengakui bahwa penyebutan shadow team Kemendikbudristek adalah sebuah kesalahan. Pasalnya, tim dimaksud adalah vendor di bawah PT Telkom.

NEWS | 26 September 2022

Prabowo Ingatkan Cak Imin Soal Kesepakatan jika Ingin Jadi Cawapres Puan

Prabowo Subianto menanggapi keinginan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang ingin menjadi cawapres Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

NEWS | 26 September 2022


TAG POPULER

# Iran


# Kudeta Tiongkok


# Guru Besar UGM Tergulung Ombak


# Xi Jinping


# Lukas Enembe


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Pebasket Indonesia Marques Bolden Gabung Milwaukee Bucks

Pebasket Indonesia Marques Bolden Gabung Milwaukee Bucks

SPORT | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings