Logo BeritaSatu

IAEA Nilai Baik Kesiapsiagaan dan Kedaruratan Nuklir Indonesia

Rabu, 28 September 2016 | 15:26 WIB
Oleh : Ari Supriyanti Rikin / FER

Jakarta - Badan Tenaga Atom Internasional atau International Atomic Energy Agency (IAEA) menilai baik kinerja pengawasan kesiapsiagaan dan kedaruratan nuklir yang dimonitor oleh Badan Pengawas Tenaga Nuklir (Bapeten).

IAEA diundang Bapeten ke Indonesia untuk melakukan misi Emergency Preparedness Review (EPREV) terkait kesiapsiagaan dan kedaruratan nuklir dengan mengunjungi sejumlah tempat sejak 19-28 September 2016.

Kunjungan tersebut dilakukan ke sejumlah instansi seperti Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Detasemen Kimia Biologi Radiasi Satuan I Gegana Brimob Mabes Polri, fasilitas nuklir Serpong, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangerang Selatan, Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, rumah sakit (RS) Siloam, RS Kanker Dharmais, RS Fatmawati dan PT Relion Cikarang.

Ketua Tim EPREV Mission IAEA, Toshimitsu Homma, mengatakan, tim misi sudah meninjau 10 lokasi. IAEA melihat perihal persyaratan keselamatan dan paduannya. Dalam kategori kaji diri, IAEA menilai komplit, komprehensif dan objektif.

"Selama misi berlangsung, kami juga melihat transparansi dan praktik baik kesiapsiagaan dan kedaruratan nuklir," katanya di kantor Bapeten, Rabu (28/9).

Selanjutnya, IAEA memandang bahwa Indonesia masih perlu memberi prioritas sistem manajemen kedaruratan nuklir dan radiologi di level nasional dan terintegrasi. Menurutnya, peran BNPB perlu dioptimalkan karena memiliki BPBD agar kesiapsiagaan dan kedaruratan nuklir meluas secara nasional.

Direktur Keteknikan dan Kesiapsiagaan Bapeten, Dedik Eko Sumargo, mengatakan, misi EPREV IAEA ini merupakan misi ketiga setelah sebelumnya pernah dilakukan tahun 1999 dan 2004.

Dedik mengungkapkan, setiap teknologi tentu miliki risiko. Oleh karena itu Bapeten mengawal kesiapsiagaan nuklir secara nasional, sehingga keselamatan masyarakat, lingkungan dan pekerja.

"Saat ini pemanfaatan zat radioaktif sudah banyak digunakan seperti untuk medis, penelitian dan industri," ucapnya.

Bagi Indonesia hasil EPREV mission sangat penting untuk mengukur dan menilai kesiapsiagaan dan kemampuan tanggap darurat nuklir sesuai dengan standar internasional.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Penembak Dog Walker Lady Gaga Divonis 21 Tahun Penjara

Seorang pria yang diketahui telah menembak dog walker Lady Gaga dijatuhi hukuman 21 tahun penjara di Pengadilan Los Angeles.

NEWS | 6 Desember 2022

Total Rumah Rusak Gempa Cianjur Jadi 47.769 Unit

Total rumah rusak akibat gempa Cianjur, Jawa Barat mencapai 47.769 unit, hal ini diungkapkan Asisten Daerah (Asda) II Kabupaten Cianjur Budi Rahayu Toyib.

NEWS | 6 Desember 2022

Basarnas Terus Cari 8 Korban Hilang Akibat Gempa Cianjur

Basarnas terus mencari delapan korban hilang akibat gempa Cianjur, Jawa Barat. Namun, mulai Rabu (7/12/2022), operasi pencarian dilakukan secara pasif.

NEWS | 6 Desember 2022

Gawat, Indonesia Masuk di 25 Negara Paling Mematikan untuk Wisatawan

The Swiftest baru saja mengeluarkan daftar 50 negara paling mematikan untuk wisatawan, di mana Indonesia termasuk dalam 25 negara teratas.

NEWS | 6 Desember 2022

MUI Jabar Buat Surat Edaran Tegaskan Bencana Bukan Azab

MUI Jabar membuat surat edaran yang berisi penegasan bahwa musibah atau bencana alam bukanlah azab dari Tuhan Yang Maha Esa.

NEWS | 6 Desember 2022

Menkumham: RKUHP yang Disahkan Efektif Berlaku Setelah 3 Tahun

Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna H. Laoly mengungkapkan, Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP)

NEWS | 6 Desember 2022

Ismail Bolong Jalani Pemeriksaan Kasus Tambang Ilegal Kaltim

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Tertentu (Dittipidter) Bareskrim Polri tengah memeriksa Ismail Bolong terkait kasus tambang ilegal Kalimantan Timur (Kaltim)

NEWS | 6 Desember 2022

Dituduh Hancurkan Barang Bukti Tragedi Itaewon, 2 Mantan Polisi Ditangkap

Dua mantan polisi Korea Selatan ditangkap pada hari Senin (5/12/2022), dengan tuduhan menghancurkan barang bukti dari tragedi Itaewon.

NEWS | 6 Desember 2022

Hendra Sebut Kapolri Minta Kasus Brigadir J Ditangani secara Profesional

Hendra Kurniawan menyebutkan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta agar kasus Brigadir J ditangani secara profesional.

NEWS | 6 Desember 2022

Cerita Kaesang Pangarep Ajak Menikah Erina: Der Ketemu, Terus Jadian...

Kaesang Pangarep kini tengah menghitung hari untuk menikahi kekasihnya Erina Gudono yang akan digelar Sabtu (10/12/2022).

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Maroko vs Spanyol

Piala Dunia 2022: Susunan Pemain Maroko vs Spanyol

SEMESTA BOLA 2022 | 18 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE