Logo BeritaSatu

2020, Jumlah Star-tup di Indonesia Capai 13.000

Jumat, 7 Oktober 2016 | 09:00 WIB
Oleh : Emanuel Kure / MUS

Jakarta - Jumlah bisnis rintisan berbasis teknologi (start-up) di Indonesia diproyeksikan oleh lembaga riset CHGR bertumbuh sampai dengan 6,5 kali lipat menjadi sekitar 13.000 pada 2020. Sementara itu, pada 2016, Indonesia tercatat sebagai negara yang memiliki jumlah start-up tertinggi di Asia Tenggara, yakni 2.000-an.

Perkembangan itu ditopang tren transformasi digital yang banyak diadopsi di berbagai sektor, sehingga telah mengubah lanskap bisnis, tidak hanya di negara maju, namun juga di negara berkembang, termasuk Indonesia.

Lembaga riset International Data Corporation (IDC) pun melihat, adanya peningkatan penerapan transformasi digital, terutama dalam hal belanja teknologi informasi (TI) yang meningkat 8,3% menjadi Rp 214,4 triliun pada 2016 dari Rp 199 triliun pada 2015. Dari jumlah belanja tersebut, sektor Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berkontribusi sekitar 13%.

Presiden Direktur Telkomtelstra Erik Meijer mengatakan, berkembangnya digitalisasi perekonomian tersebut telah menjadikan Indonesia sebagai pasar yang dinamis, khususnya dengan pertumbuhan start-up, yang merupakan bisnis berbasis teknologi, dalam negeri yang terus berkembang dari sisi sektor bisnis maupun jumlahnya.

“Pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini merupakan pengaruh positif dari perkembangan teknologi. Ini membuka peluang yang sangat baik bagi para investor dan pelaku industri internasional untuk berinvestasi di Indonesia,” kata Erik, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (6/10).

Pertumbuhan pasar start-up yang sangat pesat di dalam negeri itu mengindikasikan ekonomi Indonesia yang kian menguat, serta membuktikan ketersediaan teknologi yang terus berkembang untuk mendukung pertumbuhan industri dan ekonomi digital.

Menurut Erik, saat ini, para investor global mulai melirik Indonesia sebagai negara dengan potensi ekonomi digital yang tinggi. Berdasarkan laporan investasi per kuartal yang dirangkum oleh Tech in Asia, pada kuartal II-2016 saja, terdapat investasi senilai Rp 2,09 triliun kepada 28 start-up di Indonesia. Nilai ini mengindikasikan peningkatan yang stabil lebih dari 100% pada setiap kuartalnya dalam setahun terakhir.

Di sisi lain, dari berbagai sektor bisnis yang digeluti oleh para pelaku bisnis start-up di Indonesia, e-commerce dan marketplace merupakan sektor start-up yang paling banyak diminati oleh investor global. Khusus untuk sektor e-commerce, menurut Indonesia Startup Report 2015, Indonesia kerap dianggap sebagai negara acuan di bidang e-commerce setelah Tiongkok dan India.

Kepercayaan bisnis yang membuncah tersebut juga sejalan dengan performa penjualan sektor e-commerce sepanjang tahun 2016 yang diprediksi tumbuh 22% di Tanah Air. Sebuah pertumbuhan yang fantastis, karena di India hanya tumbuh 0,24% dan 0,15% secara global.

“Transformasi teknologi digital di Indonesia turut mendorong pertumbuhan ekonomi. Sektor TIK menjadi penyumbang GDP terbesar kedua di Indonesia pada Semester I-2016. Hal ini juga disebabkan karena pesatnya perkembangan teknologi digital,” ujarnya.

Meski turun tipis 1,7% dari tahun 2015, sektor TIK masih memberikan peluang besar bagi para pelaku industri untuk menginvestasikan dana, atau mengembangkan bisnis teknologi informasi dan komunikasi. Sementara itu, sektor keuangan dan asuransi menempati posisi pertama dengan nilai kontribusi sebesar 11,4%.

Dukungan Pemerintah
Erik melanjutkan, pemerintah Indonesia juga menyadari potensi besar ekonomi yang dapat diperoleh melalui penggunaan teknologi, khususnya peranannya dalam mendorong pertumbuhan ekonomi bangsa. Presiden Joko Widodo di awal tahun ini pun telah mengungkapkan target untuk menciptakan 1.000 teknopreneur dan pengembang (developer) teknologi/aplikasi.

Hal itu sejalan dengan upaya untuk memaksimalkan potensi industri digital di Indonesia yang diperkirakan mencapai US$ 130 miliar tahun 2020. “Guna mendukung hal tersebut, pemerintah Indonesia menyadari pentingnya fokus pada persoalan deregulasi dan pembangunan infrastruktur, investasi, dan ekspansi bisnis,” tandasnya.

Sementara itu, pada acara Telstra Vantage 2016 yang berlangsung di Melbourne, Australia, Erik juga menyampaikan kehadiran Telkomtelstra di Indonesia sebagai penyedia layanan TIK yang berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, terutama dari sisi digital, dengan menyediakan produk dan layanan yang unggul.

Karena itu, Telkomtelstra selalu berusaha menjaga hubungan baik dengan para pemangku kepentingan di Tanah Air untuk terus mendorong transformasi teknologi digital. Disamping itu, pada acara Telstra Vantage 2016, Erik mengajak perusahaan internasional untuk ekspansi bisnis dan investasi ke Indonesia.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Jalani Prosesi Siraman, Kaesang Pangarep Pakai Air dari 7 Sumber

Kaesang Pangarep menjalani prosesi siraman di rumah pribadi Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Solo dengan menggunakan air dari 7 sumber mata air di Solo,

NEWS | 9 Desember 2022

Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

Presiden Jokowi mengaku bersyukur bahwa acara siraman dan sungkeman Kaesang berjalan lancar.

NEWS | 9 Desember 2022

Fokus Kejar Target Kurikulum, Guru Abai Kemampuan Siswa

Zulfikri Anas mengatakan guru di sejumlah daerah masih fokus dalam merampungkan target kurikulum, sehingga mengabaikan kemampuan siswa.

NEWS | 9 Desember 2022

Tiga Guncangan Gempa Menggoyang Gorontalo Pagi Ini

Tiga gempa dengan magnitudo mulai 3,7 hingga terbesar 4,9 terjadi di Gorontalo pada pagi hari ini.

NEWS | 9 Desember 2022

DPR: Pancasila Bukan untuk Dikotomi Nasionalis dan Radikal

Rieke Diah Pitaloka menegaskan Pancasila bukan instrumen untuk mendikotomikan antara kelompok nasionalis dan radikal.

NEWS | 9 Desember 2022

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Agenda Pembukaan Hakordia 2022

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menghadiri agenda pembukaan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022 di Bidakara, Jakarta, Jumat (9/12/2022).

NEWS | 9 Desember 2022

Kaesang Jalani Prosesi Siraman, Tak Ada Penutupan Jalan di Area Sekitar

Pernikahan Kaesang, tak ada penutupan arus lalu lintas di Jalan Letjen Suprapto tempat kediaman Presiden Jokowi jelang acara siraman Kaesang Pangarep.

NEWS | 9 Desember 2022

Perguruan Tinggi Dunia Apresiasi Kemendikbudristek Selenggarakan Program IISMA

IISMA adalah salah satu program paling kompetitif dari Kemendikbudristek yang diminati. Tahun ini jumlah pendaftar mencapai 7.500 mahasiswa dari 31 provinsi.

NEWS | 9 Desember 2022

Top News, Wakil Wali Kota Pagar Alam Meninggal dan Kebakaran Gedung Kemenkumham

Berita meninggalnya Wakil Wali Kota Pagaralam, Sumatera Selatan Muhammad Fadli dan kebakaran gedung Kemenkumham paling banyak dibaca.

NEWS | 9 Desember 2022

Soal Motif Bom Bunuh Diri Bandung, Pengamat Singgung ISIS dan KUHP

Pengamat terorisme, Stanislaus Riyanta menyinggung soal ISIS dan KUHP terkait motif Agus Sujatno melakukan bom bunuh diri di Polsek Astana Anyar Bandung.

NEWS | 9 Desember 2022


TAG POPULER

# Muhammad Fadli


# Pernikahan Kaesang


# Kuat Ma'ruf


# Bom Bandung


# Gempa Terkini


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

Kaesang Terharu Jalani Prosesi Siraman, Iriana Menangis

NEWS | 4 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE