Logo BeritaSatu

Penelitian Bidang MIPA di Indonesia Masih Kurang Dukungan

Selasa, 1 November 2016 | 20:58 WIB
Oleh : Yudo Dahono / YUD

Jakarta - Gairah penelitian di bidang matematika dan ilmu pengetahuan alam mulai menunjukkan peningkatan di Indonesia. Sayangnya masih ada beberapa kendala yang menghambat perkembangan di bidang ini. Dukungan dan penghargaan yang selayaknya, tidak diberikan bagi penelitian dan pengembangan matematika dan ilmu pengetahuan alam. Hal seperti ini memang lazim terjadi di negara berkembang seperti Indonesia.

"Kami melihat meningkatnya beberapa kelompok penelitian yang sukses memberikan kontribusi bagi negara ini," jelas Wakil Dekan 1 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas (FMIPA) Indonesia (UI), Prof Ridla Bakri melalui keterangan tertulis kepada Beritasatu.com, Selasa (1/11). Hal tersebut, lanjut Bakri, menunjukkan adanya kesadaran bahwa kita bertanggung jawab untuk mengembangkan pengetahuan terkait matematika dan ilmu pengetahuan alam.

Kelompok penelitian ini mengalami beberapa kendala. Kendala tersebut di antaranya terkait dana penelitian dan juga minimnya alat penelitian. Padahal sudah jelas terbukti bahwa matematika dan ilmu pengetahuan alam secara susbtansial memberikan kontribusi pada kehidupan sehari-hari, selain itu mendukung pengembangan teknologi terbaru.

Pada sisi lain, masih ada keterbatasan pengalaman, keahlian dan juga komunikasi di antara para peneliti. Menurut Bakri, hal yang terakhir sesungguhnya sangat penting. "Karena seperti yang telah diketahui, perkembangan matematika dan ilmu pengetahuan alam diuntungkan dari pertukaran ide yang terjadi selama simposium, konferensi, dan forum formal lainnya,’’ lanjut ahli toksikologi tersebut.

Hal inilah yang mendasari FMIPA dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) untuk menyelenggarakan International Symposium on Current Progress in Mathematics and Sciences(ISCPMS) 2016. Simposium yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini mengambil tema “Expanding the possibilities for innovation and interdisciplinary collaboration among researchers in sciences and mathematics”.

Hadir untuk membuka simposium ini Dirjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kemenristek Dikti Dr. Muhammad Dimyati di Hotel Margo Depok, Selasa 1 November 2016.

Menurut Bakri, simposium internasional harus bisa menyediakan forum yang nyaman dan ramah bagi para peneliti. Dengan demikian bisa memotivasi mereka untuk meningkatkan kemampuan dan produktivitas mereka dalam aktivitas penelitian.

Mengingat sifat universal dari matematika dan ilmu pengetahuan alam, simposium ini mengundang tidak hanya peneliti dari negara berkembang, melainkan juga dari negara maju. Simposium akan menghadirkan beberapa ilmuwan terkemuka dari Eropa, Asia dan Australia sebagai keynote speaker.

Salah pembicara diantaranya adalah Prof. Dr. Geert de Snoo dari Universitas Leiden, Belanda. Geert sangat peduli pada keanekaragaman hayati dan kesinambungan di kawasan pedesaan, khususnya terkait pengaruh kimia pada keanekaragaman hayati. Pembicara lainnya adalah Prof. Dr. Hubertus Irth juga dari Universitas Leiden.

Selain itu masih ada Prof. Katja Loos dan Prof. Thomas Palstra dari Universitas Groningen, Belanda. Palstra adalah pemilik dari kelompok peneliti utama dalam bidang konduksi elektrik, magnetisme, superkonduktivitas dan ferroelektrik. Ia merupakan anggota the Dutch Royal Academy of Sciences. Dalam simposium ini, UI juga mengundang Prof. Phil Pollett dari Universitas Queensland Australia dan Prof. Mohd Hasmadi Ismail dari Universiti Putra Malaysia.

Simposium akan mengekspos kemajuan terkini dari matematika dan ilmu pengetahuan alam. Hal ini sangat penting bagi semua peneliti yang tertarik untuk menciptakan masa depan yang lebih baik, Khususnya terkait pengembangan di bidang mereka terutama untuk mendukung teknologi baru.

Simposium juga membahas isu-isu di bidang matematika dan aplikasinya, fisika murni dan terapan, ilmu kimia, ilmu biologi, geosains. Semua makalah yang masuk, setelah proses review, akan dipublikasikan dalam jurnal internasional.



Saksikan live streaming program-program BeritaSatu TV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Anies Menguat Jadi Capres, Koalisi Nasdem, Demokrat, dan PKS Cari Cawapres

Anies Baswedan makin menguat untuk menjadi calon presiden (capres) yang bakal diusung Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

NEWS | 28 September 2022

BNPT Bersinergi dengan Guru SMA se-DIY Perkuat Moderasi Beragama

BNPT terus menjalin sinergi dengan pemangku kepentingan terkait, yakni guru SMA/SMK se-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

NEWS | 28 September 2022

Masyarakat Papua Diimbau Tak Terprovokasi Bela Lukas Enembe

Benhur Yaboisembut mengajak masyarakat adat Sentani untuk tidak terprovokasi atau terlibat untuk membela para pejabat korup, termasuk Lukas Enembe.

NEWS | 28 September 2022

Ini Penjelasan Ahli Soal Pergerakan Tanah di Bojong Koneng

Pergerakan tanah di Bojong Koneng, Kabupaten Bogor, menurut Agus Budiaanto,merupakan longsoran tipe rayapan.

NEWS | 28 September 2022

Kesembuhan Covid-19 di 10 Provinsi pada 28 September 2022

Infografik tentang data jumlah kesembuhan Covid-19 di 10 provinsi di Indonesia pada tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Kasus Positif dan Kematian Covid-19 sampai 28 September 2022

Infografik tentang data kasus positif dan jumlah kematian Covid-19 di Indonesia sampai tanggal 28 September 2022.

NEWS | 28 September 2022

Empat Kriteria Pj Gubernur DKI Jakarta Menurut Pakar Otda

Pj Gubernur DKI Jakarta harus paham manajemen, menguasai perkara teknis sektoral, paham situasi kultural Jakarta, dan mempunyai kepekaan politik.

NEWS | 28 September 2022

Akrabnya Puan Bersama Warga Transplantasi Terumbu Karang di Pantai Pandawa

Kehadiran Ketua DPR Puan Maharani di Bali mendapat sambutan hangat dari warga. Ia menemui warga transplantasi terumbu karang di Pantai Pandawa, Badung.

NEWS | 28 September 2022

Pemkab Bekasi Jatuhkan Sanksi terhadap Pabrik Keramik karena Cemari Lingkungan

PT Sarana Griya Lestari Keramik terbukti melakukan pencemaran lingkungan di Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.

NEWS | 28 September 2022

Respons Gerindra soal Sekber Prabowo Gugat UU Pemilu agar Jokowi Bisa Cawapres

Partai Gerindra angkat bicara soal relawan Sekber Prabowo-Jokowi menggugat UU Pemilu ke MK.

NEWS | 28 September 2022


TAG POPULER

# Kevin Sanjaya


# Es Teh Indonesia


# Anies Baswedan


# Pertalite Boros


# Ketiak Basah


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
BNPT Bersinergi dengan Guru SMA se-DIY Perkuat Moderasi Beragama

BNPT Bersinergi dengan Guru SMA se-DIY Perkuat Moderasi Beragama

NEWS | 6 menit yang lalu










CONTACT US Berita Satu Plaza, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
BeritaSatu Media Holdings