Logo BeritaSatu

Mobile Commerce Indonesia Peringkat 1 di Asia-Pasifik

Selasa, 20 Desember 2016 | 09:00 WIB
Oleh : Emanuel Kure / MUS

Jakarta - Indonesia muncul sebagai pemimpin dalam transaksi perdagangan elektronik melalui perangkat bergerak (mobile commerce) di kawasan Asia-Pasifik pada kuartal III-2016. Transaksi melalui perangkat bergerak smartphone, tablet, dan laptop di Tanah Air disebutkan telah mencapai 68% dari total transaksi e-commerce, dan mampu mengalahkan Taiwan yang sebesar 60%. Sedangkan transaksi e-commerce sisanya dilakukan melalui komputer (desktop).

Hal itu merupakan kesimpulan dari riset Criteo, perusahaan teknologi kinerja pemasaran, yang dikemas dalam tema Q3 2016 State of Mobile Commerce Report. Survei yang menyoroti tentang kebiasaan konsumen dalam berbelanja di kawasan Asia-Pasifik itu disampaikan oleh Executive Managing Director Criteo Asia-Pasifik Yvone Chang, Selasa (20/12).

Advertisement

Chang mengatakan, Indonesia muncul sebagai pemimpin regional, dengan transaksi melalui perangkat mobile mencapai 68% dari seluruh transaksi e-commerce untuk para peritel teratas. Sementara itu, aktivitas e-commerce di Tanah Air melalui perangkat mobile didominasi oleh perangkat smartphone yang telah mencapai 88% dibandingkan dengan tablet, atau pun perangkat lainnya.

Hal itu menjadikan Indonesia sebagai negara dengan adopsi tercepat dan juga tertinggi perangkat mobile di kawasan Asia Tenggara. “Untuk pertama kalinya, aplikasi mobile menikmati nilai pemesanan yang lebih tinggi daripada desktop dan mobile web, dengan rata-rata US$ 127 dibelanjakan melalui aplikasi mobile dibandingkan US$ 100 melalui desktop, dan US$ 91 melalui mobile web,” ungkapnya.

Ketika lebih diklasifikasikan, transaksi melalui ponsel pintar (smartphone) lebih mendominasi dibandingkan dengan perangkat tablet maupun phablet. Pembelian melalui perangkat ponsel pintar kian populer sebagai perangkat pilihan untuk berbelanja secara online, terutama karena ketersediaan fitur seperti pemindai sidik jari yang memudahkan proses transaksi.

Bahkan, untuk pertama kalinya, pembelian melalui smartphone mencetak angka tertinggi pada sebagian besar transaksi mobile di setiap pasar utama di dunia, dengan kawasan Asia Pasifik, terutama di Indonesia, Jepang, Korea Selatan, dan Taiwan berada di garis terdepan. Smartphone terus mendominasi pangsa transaksi ritel melalui perangkat mobile di Asia-Pasifik.

Menurut dia, kawasan Asia-Pasifik telah menjadi pusat kekuatan mobile commerce selama beberapa tahun terakhir. Hal itu didorong oleh meningkatnya kepemilikan perangkat mobile oleh konsumen secara perorangan di negara-negara maju, antara lain Hong Kong, Jepang, Singapura, dan Taiwan.

“Ini kemudian diikuti oleh negara-negara mobile-first, atau mobile-only yang berkembang pesat antara lain India, Indonesia, Malaysia, dan Vietnam,” ujar Chang.

Dia menjelaskan, peningkatan kemakmuran dan infrastruktur teknologi telah memungkinkan lebih banyak orang untuk memiliki telepon seluler (ponsel) pintar, atau pun terhubung secara online. Karena itu, hanya masalah waktu, wilayah Asia-Pasifik akan mengukuhkan dirinya sebagai pemimpin global dalam transaksi mobile commerce.

Tak hanya itu, pada semester I-2016, peritel teratas di Asia Tenggara menikmati pertumbuhan penjualan online sebesar 37%, dan sekarang, menguasai 54% dari seluruh transaksi e-commerce. Bahkan, pada semua peritel di kawasan Asia Tenggara, pangsa transaksi e-commerce melalui perangkat mobile meningkat 19% secara tahunan.

Peran Platform
Chang melanjutkan, mobile commerce telah mencapai titik krusialnya dan melebihi pembelian melalui desktop ketika peritel regional di kawasan Asia-Pasifik terus berinvestasi di platform mobile shopping. Namun, para peritel juga harus selangkah lebih maju, serta menciptakan pengalaman mobile dan pengalaman lintas-perangkat yang tanpa kendala, sehingga penggunanya merasa nyaman selama proses pembelian melalui jalur digital.

Brand yang menguasai tren mobile akan mengungguli para pesaingnya, serta meraih momentum untuk menjadi yang terdepan dalam musim belanja selanjutnya,” tambahnya.

Penelitian Criteo juga menunjukkan bahwa brand tidak bisa lagi mengabaikan platform mobile sebagai kebutuhan utama untuk mendorong penjualan e-commerce. Meskipun, kemajuan teknologi telah memudahkan aktivitas belanja melalui perangkat mobile, pemasar juga dihadapkan pada tantangan untuk menyasar konsumen di setiap kesempatan saat konsumen melakukan proses pembeliannya.

“Untuk meningkatkan pendapatan, peritel harus menggabungkan kekuatan mobile web dan ketersediaan aplikasi dengan strategi penyasaran mobile yang lebih personal untuk berinteraksi dengan pembeli di mana pun dan kapan pun mencari informasi secara online dan melalukan proses pembelian,” jelas Chang.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Investor Daily

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Menteri BUMN Erick Thohir dan Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko dan menghadiri Festival Cap Go Meh di Kota Singkawang, Kalimantan Barat.

NEWS | 5 Februari 2023

Cap Go Meh, Arus Wisata ke Surya Kencana Bogor Macet

Menjelang pelaksanaan puncak Cap Go Meh Bogor Street Festival kendaraan menuju kawasan Pecinan Surya Kencana, Kota Bogor padat.

NEWS | 5 Februari 2023

Konser Sheila on 7 di Pontianak Ternyata Palsu, Emak-emak Rugi Ratusan Juta

Puluhan emak-emak menggeruduk Polda Kalbar untuk melaporkan penipuan oleh event organizer (EO) konser Sheila on 7 di Pontianak yang ternyata palsu.  

NEWS | 5 Februari 2023

Gadis 16 Tahun Tewas Diserang Hiu di Pantai Australia

Seorang gadis 16 tahun tewas diserang hiu di pantai Australia di wilayah Perth, pada hari Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Diduga Selisih Paham soal Proyek, Wartawan di Bandar Lampung Dibacok Teman

Seorang wartawan media online di Bandar Lampung Wandi Irawan (32) dibacok oleh temannya sendiri lantaran diduga berselisih paham. 

NEWS | 5 Februari 2023

KKP Kawal Perbatasan dari Hama dan Penyakit Ikan

KKP mengingatkan pentingnya menjaga SDI di perbatasan dan untuk mencegah masuknya ikan-ikan invasif serta hama dan penyakit ikan karantina.

NEWS | 4 Februari 2023

Kasus Polisi Peras Polisi, Bripka Madih Mundur dari Polri

Anggota Provos Polsek Jatinegara, Jakarta Timur Bripka Madih sudah mengundurkan diri dari Polri sejak 3 bulan lalu.

NEWS | 5 Februari 2023

Balon Mata-mata Tiongkok Akhirnya Ditembak Jatuh Jet Tempur AS

Pesawat jet tempur AS akhirnya menembak jatuh balon mata-mata Tiongkok saat melayang di lepas pantai Carolina Selatan pada Sabtu (4/2/2023).

NEWS | 5 Februari 2023

Rois Syuriah PBNU: 1 Abad NU, Momen Warga Nahdliyin Berlomba Raih Prestasi

Menurut Rois Syuriah PBNU, Prof M Nuh, warga Nahdliyin bisa mengetahui manfaat yang paling besar bagi masyarakat jika mengetahui apa yang dibutuhkan masyarakat.

NEWS | 5 Februari 2023

Berkumpul dan Pergelaran Seni Meriahkan Cap Go Meh di Palu

Perayaan Cap Go Meh kali ini bertemakan merajut kebersamaan dan tingkatkan keharmonisan, adalah wujud suka cita dengan membaur bersama.

NEWS | 5 Februari 2023


TAG POPULER

# Transmart


# Perayaan dan Sejarah Cap Go Meh


# Mutasi Perwira


# Kawasan Halal di Jakarta


# Eliezer


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

Erick Thohir dan Moeldoko Hadiri Festival Cap Go Meh di Singkawang

NEWS | 2 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE