Logo BeritaSatu

Tanpa Pengawasan, Infrastruktur Dasar Laut Bisa Jadi Ancaman Nasional

Rabu, 23 Agustus 2017 | 22:17 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Batam - Saat ini cukup banyak infrastruktur maritim dasar laut di perairan Indonesia yang luput dari perhatian aparat keamanan. Kondisi itu bisa menjadi ancaman keamanan negara, apalagi jika operator dari infrastruktur itu merupakan pihak asing.

Hal itu dikatakan Dekan Fakultas Manajemen Pertahanan (FMP) Universitas Pertahanan (Unhan) Laksamana Muda (Laksda) Amarulla Octavian pada focus group discussion (FGD) tentang infrastruktur maritim dasar laut yang digelar di Batam, Kepulauan Riau, Selasa (23/8).

Advertisement

FGD digelar atas kerja sama Pusat Studi Keamanan Maritim Unhan dan Purnomo Yusgiantoro Center (PYC) dan merupakan rangkaian dari penelitian dua lembaga itu terkait atas infrastruktur maritim dasar laut di Laut Natuna. Penelitian bersama tersebut bertema "Dampak Infrastruktur Maritim Dasar Laut di Wilayah Laut Natuna Indonesia bagi Keamanan Nasional".

"Banyak infrastruktur maritim dasar laut, seperti pipa migas, kabel bawah laut, buoy, platform jack up, dan peralatan sonar bawah laut yang instalasinya berada di perairan teritorial Indonesia serta keberadaannya justru relatif luput dari perhatian aparat keamanan. Jika operatornya dari pihak luar, terbuka sekali kemungkinan infrastruktur itu menjadi ancaman keamanan nasional Indonesia," ujar Octavian yang juga Koordinator Tim Peneliti.

Dikatakan, penelitian dilakukan untuk mengevaluasi apakah infrastruktur maritim dasar laut digunakan dengan benar dan tidak menyimpang dari izin yang diberikan oleh pemerintah.

"Sebagaimana prosedur internasional yang lazim berlaku di banyak negara, maka security clearance harus terus melekat sepanjang infrastruktur maritim dasar laut tersebut dipergunakan. Jadi, tidak hanya saat pengajuan izin prinsip dan izin operasional," ujarnya.

FGD didahului dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Unhan dan Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) yang diteken antara Rektor Unhan Letjen I Wayan Midhio dan Wakil Rektor (Warek) I UMRAH Rayandra Asyhar.

Hadir pada acara itu para pejabat dari daerah, seperti Pemprov Kepri, Lantamal IV, Polda Kepri, Pemkab Natuna dan Pemkab Anambas. Kementerian yang hadir dari Kemko Polhukam, Kemhan, dan Kemhub. Hadir pula para ahli dari SKK Migas, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI), perwakilan beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan para tokoh masyarakat.

Para peserta diskusi cukup intens membahas legalitas prosedur perizinan pada level kementerian teknis agar dapat disinergikan dengan kewenangan aparat keamanan. Hal itu penting untuk pengawasan saat instalasi awal dan pengawasan saat operasional dan pemeliharaan.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Satu Abad NU, Denny Malik Tertantang Buat Koreografi untuk 12.000 Anggota Banser

Denny Malik mengaku tertantang menjadi koreografer bagi 12.000 anggota Banser saat puncak peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul Ulama. 

NEWS | 28 Januari 2023

Tempat Penimbunan BBM di Cilegon Kebakaran, Terdengar Suara Ledakan

Kebakaran melanda tempat penimbunan BBM di Kota Cilegon, Jumat (27/1/2023) malam. Terdengar beberapa kali suara ledakan. Sebanyak 2 mobil dan 6 motor hangus.

NEWS | 28 Januari 2023

Angkot Terbalik dan Tabrak Motor di Mandailing Natal, 1 Orang Tewas

Kecelakaan lalu lintas terjadi di Mandailing Natal. Sebuah angkot menabrak motor yang menyebabkan satu orang meninggal dan tiga lainnya terluka. 

NEWS | 28 Januari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU Digelar 7 Februari 2023

Puncak Peringatan Harlah Satu Abad NU atau Nahdlatul bakal digelar meriah dan diramaikan sejumlah musisi ternama Tanah Air pada 7 Februari 2023. 

NEWS | 28 Januari 2023

29 Rumah di Lumajang Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Sebanyak 29 rumah warga di Dusun Krajan, Desa Barat, Kecamatan Padang, Kabupaten Lumajang rusak diterjang angin puting beliung, Jumat (27/1/2023). 

NEWS | 28 Januari 2023

KLHK Perkuat Penegakan Hukum Lingkungan yang Adil dan Nyata

KLHK memperkuat kerja sama dan kolaborasi antar pihak guna mendorong penegakan hukum lingkungan yang adil dan berdampak nyata.

NEWS | 28 Januari 2023

Ibu Mahasiswa UI: Anak Saya Ditabrak dan Dilindas, Mungkinkah Jadi Tersangka?

Ira Adi Saputra, ibu almarhum Hasya Atallah mahasiswa UI yang tewas ditabrak mengaku kecewa sang anak justru ditetapkan polisi sebagai tersangka.

NEWS | 27 Januari 2023

Jurusan Bisnis Masih Pilihan Favorit Calon Mahasiswa

Rektor IBI Kwik Kian Gie, Hisar Sirait mengatakan belajar di jurusan bisnis menjadi investasi masa depan karena membuka kesempatan di pasar kerja global.

NEWS | 28 Januari 2023

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi III Dorong Humas Perguruan Tinggi Kolaborasi

Dikti mendorong agar Humas perguruan tinggi dapat berkolaborasi antarperguruan tinggi maupun dengan media massa.

NEWS | 27 Januari 2023

Sopir Audi A8 Bantah Tabrak Mahasiswi Cianjur Selvi Amalia

Yudi Junadi, kuasa hukum keluarga Selvi Amalia Nuraini menyatakan, sopir mobil Audi A8 sudah membantah jadi pelaku tabrak lari mahasiswi Cianjur itu. 

NEWS | 27 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Cak Imin: Mutu dan Kualitas Pendamping Desa Harus Maju

Cak Imin: Mutu dan Kualitas Pendamping Desa Harus Maju

NEWS | 17 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE