Logo BeritaSatu

Kabupaten Seruyan Kekurangan Tenaga Dokter

Minggu, 22 Oktober 2017 | 14:03 WIB
Oleh : YUD

Kuala Pembuang - Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah masih kekurangan tenaga dokter untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kesehatan pasien di sejumlah pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas).

"Dari 12 Puskesmas yang tersebar di sepuluh kecamatan, enam di antaranya masih belum memiliki tenaga dokter," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Seruyan Mahdiniansyah di Kuala Pembuang, Minggu (22/10).

Advertisement

Ia menyebutkan, enam Puskesmas yang belum ada dokternya yaitu, Puskesmas Tumbang Langkai Kecamatan Suling Tambun, Puskesmas Tumbang Manjul Kecamatan Seruyan Hulu, Puskesmas Rantau Pulut II Kecamatan Seruyan Tengah, dan Puskesmas Asam Baru Kecamatan Danau Seluluk.

"Kemudian dua Puskesmas di Kecamatan Danau Sembuluh, yakni Puskesmas Danau Sembuluh dan Puskesmas Telaga Pulang," katanya.

Ia menjelaskan, kekurangan tenaga medis, khususnya dokter untuk ditempatkan pada sejumlah Puskesmas yang berada di daerah pelosok sebenarnya sudah lama terjadi, bahkan sejak Seruyan dimekarkan 15 tahun lalu dari Kabupaten Kotawaringin Timur.

Sulitnya memenuhi tenaga dokter di kabupaten berjuluk "Bumi Gawi Hatantiring" karena standar penggajian oleh pemerintah daerah yang dianggap masih kecil, serta minimnya tambahan penghasilan dokter jika dibandingkan dengan kabupaten lain di Kalteng.

Kemudian, gaji tenaga kesehatan di Seruyan juga masih jauh di bawah dibandingkan dengan program Nusantara Sehat dari Kementerian Kesehatan dengan gaji dokter Rp12 juta, Sarjana Kesehatan atau perawat Rp9 juta, Diploma III Keperawatan Rp7 juta.

"Sedangkan di tempat kita untuk tenaga kontrak sarjana hanya Rp2,7 juta," katanya.

Ia menambahkan, karena masalah minimnya penghasilan, formasi dokter pada penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Seruyan yang telah lalu menjadi kurang diminati. Bahkan pada penerimaan pegawai kontrak yang dilaksanakan September 2017 lalu, khusus formasi dokter juga tidak diminati pelamar.

"Jadi ke depan memang perlu ada kebijakan-kebijakan khusus agar tenaga kesehatan atau dokter menjadi tertarik untuk mengabdi ke Seruyan," katanya.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: ANTARA

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Saksikan Wawancara Eksklusif BTV Bersama Presiden Jokowi Malam Ini Pukul 18:00 WIB

Program Berita Satu Spesial bersama Presiden Jokowi akan tayang eksklusif di BTV malam ini, pukul 18:00 WIB.

NEWS | 31 Januari 2023

Kasus KSP Indosurya, Mahfud MD Pasang Badan untuk Kejagung

Menko Polhukam Mahfud MD menilai bahwa Kejaksaan Agung telah bersikap profesional dalam kasus KSP Indosurya, tetapi pengadilan menyatakan bebas.

NEWS | 31 Januari 2023

Cara Mendapatkan EFIN untuk Lapor SPT Pajak Online

Wajib pajak yang ingin lapor SPT pajak online harus memiliki EFIN, berikut cara mendapatkan EFIN wajib pajak orang pribadi.

NEWS | 31 Januari 2023

Viral, Plat RF Ribut dengan Sopir Angkot di Lenteng Agung

Media sosial kembali dihebohkan dengan adanya video perseteruan antara pengendara mobil berplat RFP dengan sopir angkutan umum di Jakarta Selatan

NEWS | 31 Januari 2023

2 Menteri Nasdem Kompak Tak Datang ke Istana, Sinyal Reshuffle Makin Kuat?

Mentan Syahrul Yasin Limpo dan Menteri LHK, Siti Nurbaya, menteri dari Partai Nasdem tidak menghadiri rapat yang dipimpin Jokowi. Isu reshuffle menguat.

NEWS | 31 Januari 2023

Pembakar Al-Quran Edwin Wagensveld Pernah Ditahan karena Menghina Nabi Muhammad

Edwin Wagensveld mendapat kecaman dunia terutama umat Islam setelah aksinya merobek-robek dan melakukan pembakaran Al-Quran pada 22 Januari di Den Haag.

NEWS | 31 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle di Rabu Pon, Mahfud: Itu Urusan Presiden

Menko Polhukam Mahfud MD menyatakan, reshuffle kabinet merupakan prerogatif Presiden Jokowi. Hal ini dikatakan Mahfud menanggapi isu reshuffle pada Rabu Pon.

NEWS | 31 Januari 2023

Sidang Vonis Ferdy Sambo Digelar 13 Februari 2023

Majelis hakim PN Jaksel menjadwalkan sidang vonis Ferdy Sambo akan digelar pada Selasa (13/02/2023). 

NEWS | 31 Januari 2023

Pembakaran Al-Quran, Kedubes: Tindakan Islamofobia Ditolak Pemerintah Swedia

Kedubes Swedia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa, tindakan Islamofobia yang dilakukan oleh ekstremis sayap kanan di Swedia sangat ditolak.

NEWS | 31 Januari 2023

Tidak Miliki Dasar Yuridis, Kubu Ferdy Sambo Minta Replik JPU Ditolak

Pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis meminta Majelis Hakim menolak replik Jaksa Penunut Umum (JPU), sebab uraian replik sama sekali tidak memiliki dasar yuridis.

NEWS | 31 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Saksikan Wawancara Eksklusif BTV Bersama Presiden Jokowi Malam Ini Pukul 18:00 WIB

Saksikan Wawancara Eksklusif BTV Bersama Presiden Jokowi Malam Ini Pukul 18:00 WIB

NEWS | 12 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE