Logo BeritaSatu

Wisata ke Raja Ampat, Kunjungi 4 Lokasi Ini

Jumat, 22 Desember 2017 | 11:28 WIB
Oleh : Asni Ovier / AO

Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan 10 destinasi wisata unggulan Indonesia, salah satunya Raja Ampat di Papua. Penetapan itu disertai dengan percepatan pembangunan infrastruktur yang merata di seluruh daerah, termasuk di Papua Barat.

Infrastruktur yang memadai tentu akan ikut menunjang program pembangunan dan pengembangan pariwisata di Papua Barat. Wisatawan akan lebih mudah untuk menuju lokasi wisata di Raja Ampat bila infrastruktur sudah terbangun.

Advertisement

Untuk bisa menikmati keindahan alam Raja Ampat, wisatawan harus mengambil penerbangan ke Sorong. Sebagai hub utama ke Raja Ampat, Bandara Domine Eduard Osok di Sorong melayani penerbangan ke sejumlah kota besar di Papua dan Indonesia, termasuk Manokwari, Jayapura, Ambon, Makassar, Manado, dan Jakarta.

Dari Sorong ada pesawat kecil yang akan membawa wisatawan ke Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. Sebagai alternatif, pengunjung juga bisa naik feri dari pelabuhan Sorong ke Waisai dan sebaliknya. Perjalanan ini membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga 3 jam.

Seperti dikutip dari tabloid West Papua, di Raja Ampat, ada 4 destinasi wisata yang wajib dikunjungi, yakni:

Pulau Waigeo
Pulau Waigeo adalah pulau terbesar di antara empat pulau utama di Raja Ampat. Tiga pulau terbesar lainnya adalah Salawati, Batanta, dan Misool. Waigeo juga dikenal sebagai Amberi atau Waigiu. Di sebelah barat pulau ini terletak Kota Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat.

Pulau Waigeo merupakan pulau termudah yang bisa dijangkau oleh transportasi umum, meskipun untuk menjelajahi pulau yang penuh dengan keragaman ini masih menjadi tantangan tersendiri. Pulau Waigeo menawarkan panorama berupa pulau-pulau karang, teluk yang indah yang dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi, kawasan hutan dengan aneka jenis burung, dan pilihan akomodasi termurah. Pulau Waigeo adalah tempat yang tepat untuk mengawali eksplorasi keindahan dan keajaiban alam Raja Ampat.

Wisata ke Raja Ampat, Kunjungi 4 Lokasi Ini

Pulau Waigeo memiliki kawasan hutan liar yang cukup luas, yang sebagian besar masih belum dieksplorasi dan tidak dapat diakses. Di pulau ini, wisatawan akan menemukan berbagai macam spesies hewan yang menakjubkan, seperti burung Cendrawasih, oposum, ular, kura-kura, kadal raksasa, dan bangau berbulu.

Salah satu kegiatan wisata yang paling populer di Raja Ampat adalah menyelam dan snorkeling, karena Raja Ampat memiliki jumlah dan keragaman biota laut yang menakjubkan. Wisatawan dapat menyelam dan berenang di antara sekelompok ikan berwarna-warni di sepanjang terumbu karang.

Sementara, pada kedalaman sekitar 30 meter, wisatawan bisa mendapat kesempatan melihat hiu karang putih serta hiu karang hitam, yang biasanya terlihat sedang tertidur atau berpatroli di perairan Raja Ampat.

Pulau Kofiau
Pulau Kofiau adalah pulau paling kecil dan paling jarang dikunjungi di antara pulau-pulau besar di Raja Ampat, sebuah tempat keragaman karang paling indah di dunia. Pulau ini terdiri dari batu kapur, terumbu karang, dan beberapa bukit vulkanik yang tertutup oleh hutan hujan yang sangat lebat. Semuanya menawarkan kekayaan alam dan pemandangan yang sangat indah.

Di sini, wisatawan bisa berenang dan berjemur di pantai, snorkeling, menyelam, dan fotografi bawah air di terumbu karang yang kaya akan sumber daya kelautan. Berhati-hatilah untuk tidak merusak terumbu karang di manapun di area ini dan sebaiknya tidak menggunakan area ini untuk eksplorasi yang buruk, pendakian, atau beach combing.

Wisata ke Raja Ampat, Kunjungi 4 Lokasi Ini

Pengunjung disaranka berpetualang ke danau pedalaman di seberang Deer Village. Jika beruntung, dalam perjalanan wisatawan bisa menyaksikan tarian Burung Merah yang memesona atau melihat ular piton pohon Kofiau yang licin, serta menangkap keriuhan burung Enggang yang lewat. Wisatawan juga bisa mendengarkan jeritan Kakatua Jambul.

Di sisi barat daya Kofiau Proper terdapat sekelompok pulau berpasir datar, termasuk Walo. Di tempat ini ada beberapa lokasi menyelam yang terkenal dan menunggu untuk dieksplorasi.

Pulau Misool
Pulau Misool adalah tempat peristirahatan tropis yang terpencil dan merupakan satu dari empat pulau terbesar di kepulauan Raja Ampat. Pulau ini terletak di lepas pantai barat Pulau Papua dan berbatasan langsung dengan Laut Seram, sebuah wilayah perairan yang merupakan jalur lalu lintas bagi sejumlah biota laut berukuran raksasa, termasuk paus.

Lautan biru kehijauan yang jernih memungkinkan pemandangan panorama Misool yang spektakuler penuh dengan warna-warni. Pemandangan itu tetap bisa dinikmati dari atas kapal. Taman laut Raja Ampat menyimpan 75% spesies karang dan ikan hias yang dikenal di dunia dan merupakan tempat keanekaragaman hayati laut paling tinggi dan membanggakan di Bumi.

Di daratan, wilayah hutan liar Misool merupakan bagian dari wilayah paru-paru dunia yang sangat menawan di Raja Ampat. Pulau ini dipenuhi hutan yang sangat lebat. Ketika pertama kali memandang, pulau ini tidak menunjukkan apa-apa selain hamparan hijau tebal hutan lebat dan rawa bakau. Di sebelah timur dan barat pulau Misool, sebuah labirin puncak batu kapur menonjol tajam dari laut biru, diukir oleh kikisan ombak dan hamparan karpet mewah vegetasi.

Selain memiliki panorama alam yang memesona dan kekayaan biota laut yang melimpah, Pulau Misool juga merupakan rumah bagi situs budaya kuno. Sejumlah petroglif dapat ditemukan di dinding gua di seluruh pulau, yang berusia sekitar 5.000 tahun.
Untuk sampai ke Pulau Misool, wisatawan harus terbang ke Bandara Sorong lalu menyewa perahu cepat untuk menuju kawasan ke resort di pulau itu.

Jadwal keberangkatan perahu cepat telah ditentukan oleh resort, biasanya pada hari Minggu pukul 07.30 WIT secara bergantian. Perjalanan menuju resort memakan waktu sekitar 5 jam. Namun, perjalanan tidak akan terasa lama, karena wisatawan akan melewati beberapa lokasi dengan pemandangan paling memikat yang pernah dilihat.

Desa Wisata Sauwandarek
Desa wisata ini terletak di bagian barat Waisai, Ibu Kota Kabupaten Raja Ampat. Desa ini merupakan bagian dari Distrik Meos Mansar. Rumah-rumah di desa wisata ini dengan 46 keluarga atau sekitar 179 penduduk memiliki atap daun asli. Di desa ini, para perempuan, terutama kaum ibu, membuat topi dan tas dari daun pandan laut. Desa ini terkenal dengan karang yang indah. Selain itu, ada danau asin yang disebut Telaga Yenauwyau dan terletak di belakang desa.

Untuk menuju Desa Wisata Sauwandarek, wisatawan harus menggunakan transportasi udara dan darat. Lebih mudahnya adalah dengan melakukan penerbangan ke Sorong terlebih dulu. Ada beberapa penerbangan menuju Sorong. Untuk transportasi laut, kapal-kapal yang melakukan transit di Pelabuhan Sorong adalah kapal Dorolonda, Labobar, Gunung Dempo, Sinabung, dan Tatamailau.

Wisata ke Raja Ampat, Kunjungi 4 Lokasi Ini

Dari Sorong, perjalanan bisa dilanjutkan dengan menggunakan sepeda motor dari Pelabuhan Perikanan Sorong ke Waisai. Lalu, perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan longboat sewaan menuju ke Sauwandarek, yang memakan waktu sekitar 2 jam.
Desa ini terkenal dengan burung Cenderawasih, ikon bagi Papua. Ada empat spesies Cenderawasih yang dipelihara di desa ini, yaitu Burung Merah Bahagia, Burung Cendrawasih Bukit, Burung Cendrawasih, dan Burung Besar Surga. Di desa ini tidak tersedia restoran dan warung makan, karena itu disarankan untuk menyiapkan bekal makanan yang bisa di beli di Waisai atau Sorong.

Burung-burung biasanya melakukan atraksi tarian di pagi atau sore hari. Wisatawan disarankan untuk tidak berkunjung antara Desember dan Februari, karena pada periode tersebut burung-burung sedang bertelur.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: BeritaSatu.com

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Pesta Rakyat Cap Go Meh di Bogor Digelar hingga 2 Februari 2023

Bazar Pesta Rakyat, salah satu kegiatan dari rangkaian acara Cap Go Meh (CGM)-Bogor Street Fest (BSF) 2023 digelar sejak 26 Januari hingga 2 Februari 2023.

NEWS | 30 Januari 2023

2 Pelajar di Sukabumi Jadi Korban Pembacokan

Dua pelajar di Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat menjadi korban pembacokan di dua lokasi berbeda, yakni Kecamatan Cicurug dan Palabuhanratu.

NEWS | 30 Januari 2023

Soal Perayaan Imlek, Ini Kata DPP PITI

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PITI Denny Sanusi menyatakan, Imlek bukan suatu perayaan agama tertentu.

NEWS | 30 Januari 2023

Permabudhi: Imlek Momentum Perayaan Sukacita Kebangsaan

Ketua Umum Permabudhi Philip Kuntjoro Widjaja mengatakan, Tahun Baru Imlek merupakan momentum perayaan sukacita kebangsaan.

NEWS | 30 Januari 2023

Besok, PM Malaysia Anwar Ibrahim Gelar Kunjungan Resmi ke Singapura

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim akan menggelar kunjungan resmi ke Singapura pada Senin (30/1/2023) besok.

NEWS | 29 Januari 2023

Soal Isu Reshuffle Kabinet, PKB: Belum Pasti Terjadi

Ketua DPP PKB Daniel Johan menyebutkan bahwa reshuffle kabinet yang dikabarkan dilakukan pada Rabu Pon 1 Februari 2023, belum pasti terjadi.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Kabinet: PPP Sebut Mardiono Sudah Dipanggil Jokowi

Ketua DPP PPP Achmad Baidowi menyatakan bahwa Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono sudah dipanggil Presiden Joko Widodo terkait isu reshuffle kabinet.

NEWS | 30 Januari 2023

Reshuffle Dipandang Tak Terlalu Berpengaruh Terhadap Konstelasi Politik

Langkah reshuffle atau perombakan kabinet tidak akan terlalu mempengaruhi konstelasi perpolitikan di Tanah Air.

NEWS | 30 Januari 2023

Pria Tukang Parkir Bantah Sekap Istri dan 5 Anak di Dalam Rumah

Seorang pria yang berprofesi sebagai tukang parkir membantah telah menyekap istri dan 5 anaknya di dalam sebuah rumah di Lampung.

NEWS | 29 Januari 2023

Heru Budi: Imlek 2023 Jadi Momentum Kebangkitan Ibu Kota

Heru Budi menyebut Tahun baru Imlek 2023 menjadi momentum bagi DKI Jakarta untuk kembali bangkit dari keterpurukan setelah diterpa badai pandemi Covid-19.

NEWS | 30 Januari 2023


TAG POPULER

# Serial Killer


# Mahasiswa UI Ditabrak


# Tukang Becak Bobol BCA


# Biaya Haji 2023


# Pembunuhan di Depok


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
Juara Australia Open, Djokovic Masih Lapar Gelar Grand Slam

Juara Australia Open, Djokovic Masih Lapar Gelar Grand Slam

SPORT | 10 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE