Logo BeritaSatu

Fosil Binatang Purba Kembali Ditemukan di Ngawi

Selasa, 3 April 2018 | 07:30 WIB
Oleh : Aries Sudiono / JAS

Ngawi - Tim arkeolog dari Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, Sragen, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) ikut turun tangan dalam meneliti fosil-fosil gajah purba dan banteng purba yang ditemukan di dua titik yang ada di area tegalan masuk wilayah Badan Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Desa Rejuno, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, Provinsi Jawa Timur (Jatim), Senin (2/4).

Dari hasil penggalian lanjutan, petani Sarno (45) kembali menemukan 297 serpihan fosil lagi dalam berbagai ukuran. Yang terbesar diduga bagian kaki gajah purba (Stegodon) dengan panjang mencapai 90 sentimeter (cm) dan diameter 20 cm.

Sisanya berupa serpihan tulang yang rusak akibat terkena benda tajam saat penggalian. Fosil-fosil tulang ini rata-rata berukuran panjang antara 3 cm sampai 15 cm dengan diameter 3 sampai 5 cm. Selain fosil gajah purba, tim peneliti juga membenarkan, di antara fosil gajah purba itu juga terdapat fosil tanduk banteng purba (Bibos paleosondaicus) dengan panjang 43 cm dan diameter 27 cm.

“Kami berempat, arkeolog BPSMP Sangiran, Sragen, dalam rangka membantu melakukan penelitian terkait temuan fosil kaki gajah purba dan banteng purba di Desa Rejuno, Ngawi,” ujar arkeolog Niko Albertus kepada wartawan di kantor BKPH Desa Rejuno Kecamatan Karangjati, Senin (2/4/2018).

Dengan didampingi perwakilan dari Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Ngawi serta Kepala Administratur Perum Perhutani KPH Saradan, Djohan Surjo Putro, Niko lebih lanjut menjelaskan, bahwa timnya melibatkan arkeolog biologi dan geologi sebagai pakar fosil. Untuk bahan penelitian, selanjutnya tim membawa satu fragmen fosil serta tanah yang ada di lokasi temuan.

Pada bagian lain Niko mengungkapkan, hasil penelitian terkait fosil yang berusia jutaan tahun itu diperkirakan baru bisa diungkap paling cepat dua hari ke depan. Setelah dilakukan penelitian, pihaknya akan berkoordinasi dengan pihak Perhutani Pusat guna keperluan membawa fosil-fosil tersebut ke Museum Trinil.

"Jika sebelumnya hanya ditemukan 94 serpihan fosil, kini bertambah menjadi 297 fosil. Demi keamanan fosil-fosil yang diduga masih berserakan di lokasi temuan, kini dipasangi police line (garis polisi)," ujar Kepala BKPH Rejuno, Budi Sulaksana menambahkan.

Jika fosil pertama ditemukan petani Sarno (45), Rabu (28/3) lalu maka pada temuan berikutnya dibantu rekannya, Sudarmaji (50) sama-sama berasal dari Dusun Grudo, Desa Rejuno, Kecamatan Karangjati, Kabupaten Ngawi, berhasil mengumpulkan 297 serpihan fosil dari dua titik yang berdekatan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada temuan pertama langsung diteliti tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto Wilayah Kerja Provinsi Jatim dan memperkirakan fosil-fosil tersebut berumur sekitar 1,5 juta tahun.



Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Sumber: Suara Pembaruan

BAGIKAN

BERITA LAINNYA

Prabowo Hanya Tertawa Saat Ditanya Elektabilitasnya Stagnan

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto hanya tertawa saat ditanya mengenai elektabilitasnya di beberapa lembaga survei stagnan. 

NEWS | 6 Desember 2022

Fenomena Langka, Jutaan Klaper Membuat Puluhan Pengendara Kecelakaan

Musim hujan dan cuaca yang lembab membuat jutaan hewan mirip laron yang lazim disebut klaper berkumpul di atas Jembatan Ngrame.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Landa Jember, Dirasakan di Bali dan Yogyakarta

Gempa berkekuatan Magnitudo (M) 6,2 melanda Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (6/12/2022). Gempa itu juga dirasakan di Bali dan Yogyakarta.

NEWS | 6 Desember 2022

Gempa M 6,2 Guncang Jember

BMKG melaporkan telah terjadi gempa magnitudo 6,2 berlokasi di 284 km Barat Daya Jember, Jawa Timur pada Selasa (6/12/2022) pukul 13.07 WIB.

NEWS | 6 Desember 2022

Buruh Tewas Tergiling di Pabrik Gula di Lampung

Sobari (40), warga Dusun IV Desa Sukadana Udik, Kecamatan Bunga Mayang, Kabupaten Lampung Utara tewas tergiling mesin penggilingan tebu PTPBN VII.

NEWS | 6 Desember 2022

8 TKI Asal Pontianak Jadi Korban Trafficking dan Penyiksaan di Laos

Sedikitnya delapan TKI asal Pontianak Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban trafficking dan penyiksaan di Laos sejak Oktober 2022 lalu. 

NEWS | 6 Desember 2022

Polresta Lampung Uji Balistik Peluru Nyasar yang Mengenai Balita

Sat Reskrim Polresta Bandar Lampung, Lampung melakukan uji balistik peluru nyasar yang melukai pergelangan kaki seorang balita Ibrahim El Rahman (1,5).

NEWS | 6 Desember 2022

KKB Bunuh 2 Tukang Ojek di Pegubin, Papua Pegunungan

Kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua dilaporkan membunuh dua tukang ojek yang mangkal di pangkalan Kali Digoel, Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

NEWS | 6 Desember 2022

RUU KUHP Disahkan, Menkumham Yasonna: Momen Bersejarah

Menkumham Yasonna H Laoly menyatakan, pengesahan RUU KUHP menjadi UU merupakan momen bersejarah bagi bangsa Indonesia. 

NEWS | 6 Desember 2022

4 RT di Daerah Pesisir Terendam Banjir Pasang Air Laut

Saat ini, Selasa (06/12/2022) terjadi pasang air laut yang berpotensi menyebabkan banjir pesisir (ROB) di beberapa titik di wilayah DKI Jakarta.

NEWS | 6 Desember 2022


TAG POPULER

# Ricky Rizal


# Kecelakaan Beruntun di Jaktim


# Pernikahan Kaesang


# Piala Dunia 2022


# Gempa Cianjur


 

NEWSLETTER

Dapatkan informasi terbaru dari kami
Email yang Anda masukkan tidak valid.

TERKINI
OJK: Industri Keuangan Non Bank Masih Tumbuh, Profil Risiko Terjaga

OJK: Industri Keuangan Non Bank Masih Tumbuh, Profil Risiko Terjaga

EKONOMI | 30 menit yang lalu










CONTACT US Commodity Square, Lantai 11 Kav. 35-36,
Jl. Jend. Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jakarta 12950
Telp: +62 21 2995 7500
Fax: +62 21 5277975
B UNIVERSE